Wordpress 5.0 Telah Dirilis, Jangan Takut Dengan Guttenberg
Sumber gambar: Twitter
in

WordPress 5.0 Telah Dirilis, Jangan Takut Dengan Guttenberg

UGETUGET | Kira-kira seminggu yang lalu WordPress 5.0 telah dirilis secara global. Pada versi yang paling update ini, WordPress menggunakan editor yang sama sekali baru, namanya adalah guttenberg.

Sebelumnya ada banyak sekali perdebatan mengenai editor bawaan WordPress, karena wajar saja WordPress adalah software yang digunakan untuk menulis blog. Tentu saja urusan interface editor sangat diperhatikan.

Pengguna WordPress terdiri dari berbagai macam latar belakang, mulai dari para Developer atau programmer sampai dengan emak-emak yang tidak mengetahui sama sekali mengenai kode program.

Jika WordPress hanya didesain untuk orang yang mengetahui tentang dunia IT, maka pengguna WordPress tidak akan sebanyak ini. Termasuk situs ugetuget.com yang anda baca ini juga menggunakan WordPress sebagai mesin utama. Para penulis di situs ini tidak semuanya mengerti teknologi luar dalam.

wordpress guttenberg
Sumber gambar: Twitter

Maka dari itu, keputusan para developer WordPress untuk mengganti text editor lama dengan guttenberg sudah melalui pertimbangan yang cukup panjang, termasuk perdebatan sengit antar developer WordPress.

Tujuan yang hendak mereka capai adalah menjadikan WordPress jauh lebih mudah lagi untuk membuat berbagai macam konten di internet.

Gutenberg sebagai teks editor terbaru milik WordPress memiliki berbagai macam keunggulan dibandingkan text editor yang lama, salah satunya adalah kita bisa berkreasi dengan membuat berbagai macam format content. Misalnya membuat sebuah tombol atau artikel dengan kolom terpisah.

Guttenberg WordPress
Sumber gambar: WordPress

Gutenberg dikenal sebagai teks editor berbasis block. Semua elemen yang digunakan untuk membangun konten disebut dengan block. Elemen tersebut bisa berupa artikel atau teks, video, audio, gambar dan lain-lain. Bahkan ada blok yang disebut dengan re-usable content, artinya konten yang bisa digunakan berkali-kali, sebagai contoh quote.

Guttenberg juga menawarkan jaminan konten yang ada di editor, atau konten yang sedang Anda desain nantinya akan sama tampilannya di halaman depan. Jadi, konten yang sedang anda desain sama persis dengan apa yang akan tampil di halaman website.

Text editor yang lama tidak memiliki kemampuan ini.

Saran saya, jika kamu memang benar-benar menyukai WordPress tidak perlu takut dengan perubahan ini. Di masa mendatang saya yakin WordPress akan berubah menjadi software yang lebih bagus lagi, dan tentu saja itu adalah perubahan. Sebagai generasi milenial jangan pernah takut terhadap perubahan.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Empat Elemen Dalam Membuat Rumah, Bikin Hoki Tambah Nih

Empat Elemen Dalam Membuat Rumah, Bikin Hoki Tambah Nih

Lautan Kupu-Kupu Di Cakrawala Biru, Indah Banget Deh

Lautan Kupu-Kupu Di Cakrawala Biru, Indah Banget Deh