Taman Nasional Alas Purwo - Wisata Taman Nasional Jawa Timur
Sumber gambar: surabaya.panduanwisata.id
in

Wisata Taman Nasional Jawa Timur

UGET UGET – Banyak pilihan untuk mengisi waktu senggang atau liburan Anda bersama keluarga. Khususnya di waktu-waktu mendekati liburan puasa sekaligus liburan sekolah seperti ini. Jika wisata pantai, wisata alam atau wisata petualangan mulai membuat Anda jenuh, tidak ada salahnya untuk menjadikan Taman Nasional atau Suaka Margasatwa sebagai tempat destinasi wisata Anda.

Selain mendapatkan pengalaman seru bersama keluarga, pengetahuan Anda pun akan bertambah seiring waktu kebersamaan di Taman Nasional. Berikut adalah beberapa Taman Nasional yang ada di daerah Jawa Timur.

1. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri
Sumber gambar: tekno.kompas.com

Di Taman Nasional Meru Betiri, Anda bersama keluarga akan diajak untuk berputar menikmati keindahan dari tanaman-tanaman dan hewan-hewan yang kini termasuk langka. Selain itu, di dalam Taman Nasional Meru Betiri terdapat beberapa titik tempat yang bisa dijadikan tujuan dan masing-masing memiliki ciri khas.

Sebagai contoh, jika Anda berkunjung di Pantai Sukamade, Anda bisa melihat bagaimana telur penyu menetas. Tentunya masih banyak tempat lagi yang dijamin akan membuat Anda puas.

Alamat: Jl. Sriwijaya no. 53, Jember, Jawa Timur 68101

Akses: Surabaya-Jember-Ambulu dengan waktu lima jam (225 km) menggunakan mobil, Ambulu-Curahnongko-Bandealit dengan waktu tiga jam (31 km), atau Surabaya-Banyuwangi-Jajag dengan waktu enam jam (342 km), Jajag-Sarongan-Sukamade dengan waktu tiga jam (60 km).

Fasilitas: Pengembangbiakan penyu.

2. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen
Sumber gambar: www.teluklove.com

Ingin merasakan pengalaman menyentuh atau berfoto langsung dengan hewan-hewan buas yang selama ini ada di layar kaca? Taman Safari Prigen dapat menjadi tempat yang cocok untuk pertanyaan tersebut. Di salah satu taman safari terluas di Asia ini, Anda bisa merasakan bagaimana kehangatan berkomunikasi langsung dengan satwa liar.

Alamat: Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia

Akses: Jarak antara Taman Safari II Prigen dengan kota Surabaya sekitar 55 Km. Lokasinya berada di pinggir jalan raya Surabaya-Malang. Untuk mencapai Taman Safari II Prigen dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Fasilitas: Water park, atraksi live show, elephant education, dll.

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
Sumber gambar: www.liputan6.com

Hamparan sabana sepanjang mata memandang, menjadikan Taman Nasional Baluran menyandang predikat Afrika-nya Indonesia. Bagaimana tidak, di Taman Nasional Baluran Anda akan merasakan pengalaman menjelajah alam dengan kontur yang begitu mirip dengan Afrika. Menjadikan pengalaman berwisata tambah menyenangan dan menggairahkan.

Alamat: Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Akses: Banyuwangi-Batangan dengan jarak 35 km, yang dilanjutkan ke Bekol dengan waktu 45 menit (12 km) atau Situbondo-Batangan dengan jarak 60 km menggunakan mobil.

Fasilitas: Wisma peneliti, wisma tamu, gardu pandang, restoran dan hotel.

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Sumber gambar: www.pexels.com

Di Taman Nasional ini, Anda akan diajak untuk menikmati keindahan panorama pegunungan. Menikmati matahari terbit dan terbenam, serta pengalaman menaklukan dinginnya udara yang bahkan bisa mencapai 0 derajat Celsius, menjadikan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tempat yang layak untuk dikunjungi.

Alamat: Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kab.Lumajang, dan Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur.

Akses: Bromo Tengger Semeru dapat dicapai dengan kendaraan pribadi dan umum dari Surabaya atau Malang, Jawa Timur. Pesawat Sriwijaya Air terbang dua kali sehari ke Malang dari Jakarta

Fasilitas: warung makanan lokal, toko suvenir, penginapan dan hotel.

5. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo - Wisata Taman Nasional Jawa Timur
Sumber gambar: surabaya.panduanwisata.id

Hutan hijau dan tempat bagi tumbuhnya beratus jenis tanaman serta tempat tinggal bagi ratusan spesies hewan yang dilindungi menjadikan Alas Purwo sebagai destinasi yang pas bagi Anda yang mencari kenikmatan berpetualang di tengah hutan.

Alamat: Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Akses: Dari Banyuwangi sekitar 5 jam ke selatan melewati Kecamatan Rogojampi-Srono-Muncar-Tegaldlimo. Dari Banyuwangi sampai ke Tegaldlimo sekitar 2 jam.

Fasilitas: surf camp, cottage, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Saat Bertemu Orang Baru, Ini Tandanya Kalau Kamu Seorang Sentimental

Saat Bertemu Orang Baru, Ini Tandanya Kalau Kamu Seorang Sentimental

Moms, Malam Minggu Liburan ke Redbase, Yuk

Moms, Malam Minggu Liburan ke Redbase, Yuk