Wisata Luar Angkasa SpaceX Ditunda?
Sumber gambar: the harbus
in

Wisata Luar Angkasa SpaceX Ditunda?

UGETUGET – Berpenghasilan lebih? Bingung mau ngapain dengan uang yang terus menumpuk di tabungan? Ah, di Indonesia mana ada orang seperti itu. Eh, mungkin ada, tapi sebagian besar mereka hidup di Eropa atau Amerika Serikat. Dan mungkin pula, mereka sudah mendengar berita atau rencana wisata antariksa yang tengah dibangun oleh SpaceX. Tapi, bersiap-siaplah untuk kecewa. Rencana itu harus ditunda agak lama, untuk tidak mengatakan entah akan terealisasi kapan.

Minggu ini, juru bicara SpaceX, James Gleeson, mengumumkan bahwa program wisata menuju bulan terpaksa ditunda. “Hanya ditunda. Bagaimanapun SpaceX masih mengembangkan program wisata ke bulan ini, mengingat ketertarikan masyarakat yang terus menerus berkembang,” ungkapnya saat diwawancarai via email oleh wartawan dari The Wall Street Journal.

Informasi ihwal wisata ini beredar sejak akhir Februari lalu, saat Elon Musk mengatakan bahwa akan ada dua penumpang yang berkendara menggunakan kapsul otomat pada akhir tahun 2018. Namun, dengan pengumuman atas penundaan ini, diperkirakan akan terus berlanjut hingga awal tahun depan, atau malah bisa lebih lama.

Wisata Luar Angkasa SpaceX Ditunda?
Sumber gambar: the harbus

SpaceX Kekurangan Finansial

Berita akan penundaan ini muncul bersamaan dengan pengumuman akan pengurangan jumlah peluncuran pesawat antariksa milik SpaceX pada tahun ini. Hal ini terutama berkaitan dengan permintaan konsumen, dan juga belum adanya kebutuhan untuk meluncurkan satelit lagi untuk penjelajahan antariksa.

Selain itu, permintaan pasar akan Falcon Heavy tidak sesuai perkiraan. Hal ini disebabkan terutama pertimbangan akan kemampuan Falcon 9 (produk Space X generasi sebelumnya) yang dirasa cukup untuk ditempati satelit berukuran kecil dan sedang. Kesemua faktor itulah yang pada akhirnya menjadikan SpaceX mau tidak mau dipaksa oleh keadaan untuk menunda program wisata ke bulan.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Di saat SpaceX sedang kesulitan finansial untuk mendanai proyek wisatanya, Virgin Galactic dan Virgin Orbit tampaknya lebih dari siap untuk memulai terlebih dahulu.

Perusahaan yang juga berfokus pada wisata luar angkasa ini bahkan sudah mengumumkan akan rencananya untuk menyediakan penerbangan mikro gravitasi untuk penumpangnya, yang tampaknya juga akan dikebut agar terwujud di tahun ini.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Tak Perlu Risau Memikirkan Masa Depan Untuk Kamu Yang Mulai Masuk Usia Dewasa

Tak Perlu Risau Memikirkan Masa Depan Untuk Kamu Yang Mulai Masuk Usia Dewasa

Di Hari Lebaran Ini, Apakah Kamu dan Pacarmu Menginginkan Hal-Hal Berikut Ini?

Di Hari Lebaran Ini, Apakah Kamu dan Pacarmu Menginginkan Hal-Hal Berikut Ini?