Tamasya

Wisata Kuliner Jogja Sate Samirono, Wujud Kerinduan Nuansa dan Suasana Hari Raya Idul Adha

UGETUGET — Siapa yang tak kenal dengan cita rasa khas wisata kuliner Jogja sate Samirono? Bumbu khasnya mampu membuat pengunjung bernostalgia ke masa-masa 40 tahun ke belakang, yakni sejak berdirinya warung sate Samirono ini.

Momen Idul Adha justru menjadi peluang bagus dalam berbisnis, ucap penerus warung sate Samirono, Andriyan Prasetyo, saat ditemui di Warung Sate Samirono di Jalan Colombo Nomor 105, tepatnya di depan Gedung Olah Raga UNY (1/9).

Kuliner Jogja sate Samirono saat ini memiliki lima cabang yang tersebar di Yogyakarta. Warung sate ini tetap buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 seperti biasa. Letaknya cukup strategis karena berada di area kampus dan beberapa institusi kesehatan.

Begitu masuk, pengunjung akan langsung disambut dengan aroma bakaran sate yang menggugah selera. Gantungan daging kambing dan sapi menjadi hal yang akrab ditemui di warung-warung sate.

Warung sate legendaris ini telah berdiri sejak tahun 1977 dan diwariskan secara turun-temurun. Cita rasanya tak pernah berubah dari masa ke masa, dengan menggunakan resep bumbu yang sama.

Saat ini, warung sate Samirono sudah sampai pada generasi ketiga. “Bagi saya sebuah kebanggaan ketika orang bilang, ini lho sate khasnya Samirono yang rasanya tidak berubah. Jadi orang bisa bernostalgia,” ucap lelaki kelahiran tahun 1981 itu.

Harga satu porsinya bervariasi, mulai dari rentang Rp 18.000,- hingga Rp 51.000,- dengan pilihan jumlah tusuk 4, 6, 8, dan 10 buah. Untuk menu makanan olahan sapi, terdiri dari sate sapi dengan atau tanpa lemak, sate goreng sapi, dan tongseng sapi.

Kemudian menu olahan kambing terdiri dari sate daging kambing dengan atau tanpa lemak, sate daging kambing klathak, sate ati kambing, sate goreng, sate buntel kambing, kambing guling, tongseng kambing dan ati kambing, gulai, dan tengkleng kambing.

Sedangkan untuk menu olahan daging ayam, hanya ada sate ayam dengan atau tanpa lemak, sate goreng ayam, dan tongseng ayam. Selain itu, juga tersedia menu nasi goreng daging kambing, sapi, maupun ayam bagi yang tidak ingin makan sate.

Sate kambing menjadi menu yang paling banyak diminati. Satu porsi sate kambing dapat dinikmati lengkap dengan sambal kecap, tomat, irisan bawang merah, kubis, dan cabai hijau serta tak lupa sepiring nasi.

Potongan daging yang besar semakin menggugah rindu pengunjung untuk segera menyantapnya. Potongan dagingnya terasa empuk dengan sambal kecap yang meresap dan lumer ketika digigit.

Salah satu pengunjung, Edi (58), terlihat tengah menunggu pesanan sate daging sapinya. Pengakuannya, ia merasa beruntung menemukan warung sate yang buka ketika hari raya Idul Adha.

“Tadi kebetulan lewat terus mampir, ingin merasakan nuansa dan suasana hari raya kurban juga, biasanya sih daging kurban di antar ke rumah tapi siangnya,” jelasnya.

Warung sate yang menyajikan aneka daging ayam, kambing, dan sapi ini tetap ramai pengunjung meskipun saat Idul Adha. Sang pemilik mengaku Idul Adha justru menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis wisata kuliner jogja sate ini.

“Kemungkinan banyak warung makan yang tutup, terutama yang sate. Kami justru mendapat keuntungan karena ada orang yang tidak bisa memasak lalu minta dimasakkan,” tutur Andrian.

Suasana warung makan ini pun tampak tak berubah sejak kemunculannya. “Saya senang di sini, suasananya masih sama seperti dulu, jadi bikin ingat Jogja,” Edi.

Pada saat Idul Adha, warung sate Samirono tetap ramai seperti biasanya. Jumlah persediaan daging cenderung tetap. Bedanya, warung sate Samirono kebanjiran permintaan untuk memasakkan daging kurban, entah itu dimasak gulai, sate, tongseng, atau tengkleng.

Setiap masakan satu kilogram daging dipatok seharga Rp70.000,- saja. Bila persediaan daging di lemari pendingin sudah penuh dan tidak ingin repot memasak di dapur, Anda bisa membawa jatah daging kurban Anda ke warung sate Samirono ini.

Apalagi jika Anda mencoba wisata kuliner jogja sate di hari biasa.

Sumber gambar: Indonesianstreetfood.files.wordpress.com

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi