Wisata Kalibiru, Keindahan Pegunungan Menoreh
Sumber gambar: dtunjungresort.com
in

Wisata Kalibiru, Keindahan Pegunungan Menoreh

UGET UGET – Banyak brosur-brosur perjalanan hanya menawarkan paket wisata Jogja yang mengajak wisatawan berkunjung ke Parangtritis, mengabadikan momen di Tugu Jogja, atau menikmati sajian gudeg di Wijilan. Itu adalah hal yang biasa. Tapi, bagi para wisatawan yang memiliki jiwa petualang, tentu menginginkan sebuah tawaran paket wisata yang menarik dan menantang.

Menawarkan keindahan lanskap pengunungan Menoreh yang di sana berjajar pepohonan hijau yang amat indah nan sejuk menjadi potensi dari ekowisata ini. Wisata Kalibiru, merupakan ekowisata yang mungkin belum banyak orang tahu lokasi dari destinasi wisata satu ini.

Dengan mengandalkan potensi alamnya yang eksotik berupa desa dan hutan wisata, membuat tempat wisata ini cocok bagi Anda yang hobi dengan trekking. Tentu saja, untuk sampai pada lokasi tersebut, Anda harus rela menghabiskan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam atau setara dengan 40 kilometer dari Yogyakarta hingga sampai pada destinasi wisata ini.

Dalam perjalanan yang cukup panjang tersebut, Anda juga dituntut untuk memiliki nyali besar dengan menaklukkan berbagai trek-trek yang memacu adrenalin. Berlokasi di Hargowilis, Kokap Kabupaten Kulon Progo, desa wisata Kalibiru berada pada ketinggian 450 Mdpl di kawasan Pegunungan Menoreh. Namun, dengan trek yang penuh tantangan tersebut semuanya akan terbayar lunas selepas Anda sampai pada objek wisata tersebut.

Wisata Kalibiru, Keindahan Pegunungan Menoreh
Sumber gambar: dtunjungresort.com

Dari gardu pandang, Anda akan dimanjakan dengan begitu indahnya lanskap alam yang memukau, dimana sebuah garis pantai dan pemandangan Waduk Sermo akan senantiasa terlihat sangat menawan. Wisata Kalibiru tidak hanya sebatas menyajikan lanskap pemandangan alam dari atas bukit, terkadang Anda juga dapat melihat beraneka ragam fauna langka seperti Elang Jawa, ayam Alas, landak, celeng, harimau Jawa, bahkan harimau kumbang.

Objek wisata yang mulai dibuka pada tahun 2008 ini diinisiasi oleh masyarakat setempat secara swadaya. Diawali dengan membuat akses berupa jalan setapak, hingga sampai saat ini berdiri fasilitas lain seperti cottage, joglo pertemuan, sarana MCK, gardu pandang, dan fasilitas flying fox.

Hanya dengan berbekal uang senilai Rp 2.000,- untuk parkir motor dan Rp 3.000,- untuk tiket masuk, Anda dapat menikmati fasilitas dari destinasi wisata tersebut. Berbagai spot foto dengan background pemandangan Waduk Sermo, menjadi sajian paling istimewa yang ditawarkan oleh keindahan desa wisata Kalibiru. Banyak kawula muda mengabadikan momen tersebut dengan memanfaatkan latar keindahan waduk yang melintasi Kabupaten Kulon Progo tersebut.

Spot foto tersebut dikenal dengan “rumah pohon”. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, kita hanya diwajibkan membayar retribusi senilai Rp 10.000,- dengan durasi 5 menit di atas rumah pohon tersebut. Namun, dengan biaya tersebut kita akan mendapatkan sebuah jepretan yang tak ada duanya, dimana seolah-olah kita seperti seorang petualang yang berhasil menaiki puncak tertinggi. Dari atas rumah pohon tersebut tergelar sebuah ciptaan Tuhan yang tak tergantikan.

Desa wisata Kalibiru dapat dikatakan sebagai destinasi wisata pilihan yang sangat recommended ketika Anda berkunjung ke Jogja. Selain itu, desa wisata ini juga menjadi pilihan para wisatawan untuk melihat sunrise.

Nah, jika Anda tidak ingin melewatkan momen tersebut, desa ini juga menawarkan enam penginapan yang disediakan khusus bagi para wisatawan. Hanya dengan Rp 250.000,-, Anda dapat menikmati fasilitas yang disajikan dari penginapan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kamu yang Sering Begadang Justru Punya Sistem Imun yang Tinggi

Kamu yang Sering Begadang Justru Punya Sistem Imun yang Tinggi

Mengenang Dragon Ball Z dan Masa Kecil yang Bahagia

Mengenang Dragon Ball Z dan Masa Kecil yang Bahagia