Wisata alam Gunung Ijen Jawa Timur
Sumber gambar: gunung.id
in

Wisata Gunung Jawa Timur

UGET UGET – Ketika seseorang menyebut Jawa Timur, barangkali yang segera terbayang dalam benak kita adalah hamparan tanah gersang dan udara panas yang membuat gerah. Namun tunggu dulu, alangkah baiknya jika bayangan tersebut tidak sesegera mungkin dijadikan kebenaran.

Jika anda memiliki kesempatan dan bingung dalam menentukan tujuan, wilayah Jawa Timur memiliki beberapa gunung yang bisa membuat anda merubah anggapan tersebut sekaligus mendekatkan diri dengan alam yang dipenuhi hutan hijau.

1. Gunung Bromo

Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur
Sumber gambar: www.twisata.com

Wisata alam Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di sebelah timur kota Malang, Jawa Timur. Selain mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan terbitnya matahari dari puncak Penanjakan, panorama berupa pasir sepanjang mata memandang sanggup membuai Anda ke dalam imajinasi yang sulit untuk dibayangkan.

Karena letaknya yang berada di antara empat kabupaten, yaitu: Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang, memberikan kita banyak pilihan akses untuk mendaki puncaknya.

• Jalur ke Bromo dari Kab Probolinggo:
1. Tongas – Lumbang – Sukapura – Ngadisari- Cemoro Lawang – Gunung Bromo
2. Ketapang – Patalan – Sukapura – Ngadisari- Cemoro Lawang – Gunung Bromo

• Jalur ke Bromo dari Kab. Malang:
1. Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang -Penanjakan – Gunung Bromo

• Jalur ke Bromo dari Kab. Pasuruan:
1. Wonorejo – Warungdowo – Tosari – Wonokitri – Pananjakan – Gunung Bromo

• Jalur ke Bromo dari Kab.Lumajang:
1. Senduro – Bumo – Ranu Pane – Gunung Bromo

2. Gunung Lawu

Wisata Alam Gunung Lawu Jawa Timur
Sumber gambar: www.maudisini.com

Wisata alam Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di daerah Tawangmangu dan Cemorosewu. Jalur pendakian yang menantang, serta nuansa mistis yang terkenal dan telah menjadi rahasia umum bagi kalangan pendaki, menjadikan suasana pendakian Gunung Lawu terasa lebih mendebarkan.

Selain mendapatkan kepuasan dalam memandang pesona alam, mata kita juga tidak akan berenti merasakan kekaguman pesona-pesona lain seperti sumber air, kawah, sabana, bukit, kabut, dan satu yang paling menarik yakni adanya rumah warga alias pemukiman warga di puncaknya. Dan pemukiman tersebut diklaim sebagai pemukiman tertinggi di Jawa. Karena Gunung Lawu terletak di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, ada beberapa pilihan jalur yang bisa digunakan untuk memulai pendakian kita.

• BARAT: ke arah Solo – Tawangmangu. Jika angkutan umum bisa dari Jogja – Solo, lalu Solo – Tawangmangu. Jika kereta turun di Stasiun Solo Balapan lanjut angkutan umum ke Tawangmangu

• TIMUR: ke ara Magetan – Tawangmangu. Biasanya menggunakan angkutan umum trayek ke Magetan.

3. Gunung Semeru

Wisata alam Gunung Semeru Jawa Timur
Sumber gambar: www.greeners.co

Wisata alam Gunung Semeru merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Secara administratif, wisata alam Gunung Semeru termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Selama perjalanan menuju puncak Mahameru, salah satu puncak tertinggi di Indonesia, mata Anda akan disuguhi oleh pemandangan berbagai jenis hutan yang akan sulit didapatkan di daerah lainnya.

Selain itu, pemandangan danau Ranu Kumbolo yang dilatarbelakangi matahari terbit menjadi momen favorit yang ditunggu oleh para pendaki. Untuk akses menuju jalur pendakian bisa dicapai melalui Malang dan Lumajang. Berikut adalah jalur akses yang bisa dipilih untuk menuju puncak Mahameru:

• Malang – Tumpang – Ranupane – Gunung Semeru.

• Surabaya – Probolinggo – Cemara Lawang – Gunung Bromo – Ranupane – Gunung Semeru.

4. Gunung Butak

Wisata Alam Gunung Butak Jawa Timur
Sumber gambar: batcaveminis.blogspot.co.id

Wisata alam Gunung Butak terletak Jawa Timur, tepatnya di dalam wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Perkebunan teh sepanjang mata memandang akan menemani Anda dalam perjalanan menaiki Gunung Butak. Untuk aksesnya tidak perlu memakan banyak tenaga, bisa dicapai melalui 4 jalur yang merupakan jalur resmi dan memperoleh persetujuan dari Polsek Wlingi. Berikut adalah jalur yang bisa digunakan untuk memulai perjalanan menuju Gunung Butak.

• Lewat jalur desa Semen – Gandusari – Blitar (via Sirah-Kencong).

• Lewat jalur desa Wonosari (belakang Keraton Gunung kawi) Kepanjen-Malang, atau lewat desa Maduarjo Jalur ada di belakang Pabrik Susu (jalur ini adalah jalur penduduk mencari kayu di sini tidak ada pos perijinan).

• Lewat jalur Desa Gadingkulon-Dau-Malang.

• Lewat dari bukit Panderman Batu-Malang.

5. Gunung Ijen

Wisata alam Gunung Ijen Jawa Timur
Sumber gambar: gunung.id

Wisata alam Gunung Ijen terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Keindahan alam khas pegunungan dipadu dengan pesona Kawah Ijen yang merupakan danau bersifat asam yang akan menunjukkan kepada kita api biru, api yang terkenal hanya ada di Alaska dan Ijen. Terdapat 2 jalur untuk mencapai puncak Ijen, yaitu:

• Banyuwangi: turun station Karangasem, lalu naik ojek atau angkutan menuju Ds. Banyusari, Kecamatan Licin. Kemudian dilanjutkan menuju Paltuding/Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam).

• Bondowoso: Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Derby Manchester Ini bukan tentang Gelar, ini tentang Gengsi

Derby Manchester: Ini bukan tentang Gelar, ini tentang Gengsi

Kafe Pojok Beteng, Melihat Jogja dari Atas

Kafe Pojok Beteng, Melihat Jogja dari Atas