Wisata Di Jogja Gua Cerme, Potret Wisata Eksotis
Sumber gambar: bonvoyagejogja.com
in

Wisata Di Jogja: Gua Cerme, Potret Wisata Eksotis

UGET UGET – Gua Cerme merupakan sebuah tempat wisata di Jogja yang terletak di Jalan Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Goa Cerme bisa menjadi salah satu opsi bagi masyarakat yang ingin menyegarkan pikiran. Perjalanan dari Sleman menuju lokasi memakan waktu kurang lebih satu jam menggunakan motor.

Jalur menuju Gua Cerme berupa tikungan tajam yang menanjak dan menurun, menuntut pengunjung untuk waspada. Saat sampai di area wisata Gua Cerme, pengunjung bisa memarkirkan kendaraanya.

Setelah berjalan agak lumayan, pengunjung akhirnya tiba di loket masuk. Jika bukan akhir pekan biasanya pengunjung tidak terlalu ramai. Untuk dapat masuk ke dalam gua, pengunjung harus menaiki beberapa anak tangga. Jangan khawatir karena untuk menelusuri gua ini kita bisa meminta untuk dipandu.

Gua tersebut terlihat gelap sehingga awalnya banyak pengunjung yang merasa ragu untuk masuk. Hal ini wajar, karena di dalam gua tentu saja kurang terkena sinar matahari. Tapi di sini kita bisa menyewa senter dan helm yang disediakan oleh pengelola. Hal ini untuk menjaga keamanan para pengunjung. Biasanya ada beberapa pengunjung yang lebih memilih berfoto di depan dan sekeliling gua sembari menikmati pemandangan. Terdapat juga beberapa gua lain di sekelilingnya, seperti Gua Dalang, Gua Ledek, Gua Sarung, dan Gua Badut.

Pihak pemerintah maupun pengelola sudah melakukan pengoptimalan terhadap kondisi tempat wisata Gua Cerme sebagai sebuah tempat yang menjadi daya tarik wisatawan. Akan lebih baik jika ke depannya semakin diwujudnyatakan fasilitas untuk melengkapi tempat-tempat wisata, khususnya Gua Cerme.

Tempat wisata dengan berbagai fasilitas yang memungkinkan eksplorasi sekaligus pelestarian wisata di dalamnya tentu saja menjadi nilai tawar yang positif. Selain itu, alangkah baiknya bila tempat wisata, khususnya Gua Cerme didesain lebih edukatif agar masyarakat dapat mengenal filosofi dan sejarahnya. Harapannya, pengunjung benar-benar terpuaskan dari keindahan tampilan eksternal dan internal gua, sebab sarana eksplorasinya memadai.

Ya, wisata edukatif. Jadi, selain merefresh pikiran. Pengunjung pun juga bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat terkait tempat wisata yang ia kunjungi.

Sumber gambar: bonvoyagejogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tiga Warung Kopi Unik Jogja, Pernah Ke Sini?

Tiga Warung Kopi Unik Jogja, Pernah Ke Sini?

Coutinho Resmi Pindah Drama yang Usai Ketika Hati Sudah Memilih

Coutinho Resmi Pindah: Drama yang Usai Ketika Hati Sudah Memilih