Viral Rekaman Yanny vs Laurel, Mana yang Kamu Dengar
Sumber gambar: hipwee.com
in

Viral Rekaman Yanny vs Laurel, Mana yang Kamu Dengar?

UGETUGETBeberapa waktu lalu, muncul perdebatan antara warganet yang mengomentari sebuah rekaman suara yang viral di twitter. Rekaman tersebut merupakan rekaman suara nama “Yanny” dan “Laurel”. Warganet pun cukup bingung dibuat dengan rekaman suara tersebut. Ada yang mendengar “Yanny”, ada yang mendengar “Laurel”, atau malah ada pula mendengar nama yang lain.

Pada awalnya rekaman Yanny vs Laurel mulai viral ketika Cloe Feldman menggunggahya di twitter. “What do you hear?! Yanny or Laurel?”, tulis Cloe melalui akun twitternya @CloeCouture.

Layaknya seperti gaun berwarna misterius (biru hitam atau putih emas) yang beberapa waktu lalu viral, begitu pula dengan rekaman suara ini. Pilihannya hanyalah Yanny atau Laurel. Warganet pun juga ikut berkomentar. Ada yang mendengar Yanny, ada yang mendengar Laurel. Kalau kamu mendengar yang mana?

Sebelum kita mengetahui jawaban yang sebenarnya, lebih baik kita mengetahui asal-usul dari rekaman ini. Mulanya seorang remaja SMA bernama Roland Szabo yang pertama kali menggunggah suara ini ke Redit. Sebenarnya ia sedang mengerjakan tugas sekolah mata pelajaran bahasa. Kemudian ia membuat rekaman Yanny vs Laurel dari situs vocabulary.com.

Namun pengakuan Roland ini membuat NY Times ragu. Hal ini disebabkan karena ada remaja SMA lainnya yang mengaku membuat rekaman Yanny vs Laurel.

Ia adalah Katie Hetzel yang mengaku menggungah rekaman tersebut. Seperti pengakuan Roland, ia juga mengaku sedang belajar kelas bahasa. Kata “Laurel” adalah salah satu kata yang harus dipelajari. Kemudian ia mencari kata tersebut di situs vocabulary dan memutar suaranya. Saat diputar, ternyata yang didengar bukan kata Laurel, melainkan Yanny.

Lantas yang benar apa, ya? Yanny atau Laurel?

Viral Rekaman Yanny vs Laurel, Mana yang Kamu Dengar
Sumber gambar: wolipop.detik.com

Dana Boebinger, murid PhD bidang persepsi pendengaran dari Universitas Harvard dan Massachusetts Insitute of Technology (MIT) memberikan penjelasan ilmiah terkait rekaman tersebut.

“Hal tersebut terkait dengan frekuensi yang dibuat oleh suara ke dalam pikiranmu. Ini bisa dipengaruhi beberapa hal: headphones/speakers, volume mendengar, ketulian…” tulisnya di twitter.

Viral Rekaman Yanny vs Laurel, Mana yang Kamu Dengar
Sumber gambar: hipwee.com

Ia juga menampilkan grafik-grafik suara yang membedakan suara Laurel dan Yanny. Perbedaan persepsi dari rekaman tersebut tidak ada hubungannya dengan trik yang dipakai, melainkan hanya ada perbedaan frekuensi.

Namun ia juga menduga bahwa perbedaan persepsi bisa terjadi karena perbedaan speaker. Faktor eksternal dari manusia sendiri dalam mendengarnya pun juga berpengaruh terhadap persepsi ini.

Nah, kira-kira kamu mendengar Yanny atau Laurel? Simak videonya di bawah ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Simpan Sampahmu Jika Kamu Belum Menemukan Tempat Sampah

Simpan Sampahmu Jika Kamu Belum Menemukan Tempat Sampah

Nyinyir Jadi Cara Licik untuk Jatuhkan Lawan

Nyinyir Jadi Cara Licik untuk Jatuhkan Lawan