Video Assistant Referee (VAR) Semakin Banyak Digunakan, Drama Sepak Bola Berkurang
Sumber gambar: realsport101.com
in

Video Assistant Referee (VAR) Semakin Banyak Digunakan, Drama Sepak Bola Berkurang?

UGET UGET – Sejak awal penggunaan Video Assistant Referee atau VAR, sudah terdapat banyak pro dan kontra tentang teknologi ini. Video yang didesain untuk membantu wasit dalam menentukan keputusan di lapangan ini dinilai bisa saja membuat sepak bola kehilangan drama-drama yang sering terjadi di lapangan.

Hal ini menurut saya membingungkan. Para pencinta sepak bola sering sekali menuntut keadilan di lapangan. Apalagi saat keputusan wasit merugikan tim kesayangannya. Mereka murka seakan wasit harus selalu sempurna mengawasi 22 pemain di lapangan.

Saat ini, sudah ada teknologi baru bernama VAR yang bisa membantu wasit untuk meninjau ulang keputusannya atau bahkan membenarkannya sebelum terlambat. Tapi masih tetap saja ada yang bilang kalau teknologi ini bisa saja membuat sepak bola kehilangan drama-drama yang terjadi di dalamnya. Kalau sudah begini jadi serba salah juga kan?

Saya rasa, kehilangan drama dari hasil ketidakadilan itu tidak akan bermasalah. Lagi pula drama yang sesungguhnya dari sebuah sepak bola adalah permainan mengejutkan dengan hasil tak terduga. Kualitas dari permainan sepak bola itu sendiri.

Lagi pula VAR juga tetap memiliki aturan kapan harus digunakan. Kita tahu VAR hanya bisa digunaknan dalam 4 hal, yaitu masalah pengesahan gol (sudah melewati garis gawang atau belum, posisi onside atau offside), menentukan kartu merah (untuk direct red card saja), menentukan pinalti atau tidak, dan untuk menentukan pelanggaran yang dilakukan pemain. Itupun harus dengan kerjasama yang baik antara wasit dan VAR itu sendiri. Official club atau pemain tidak dapat memaksa untuk dilakukan re-view ulang. Semua tetap tergantung pada wasit.

Semua tentu ada plus minusnya. Tapi saya yakin, keindahan sepak bola terlalu besar hanya untuk terenggut teknologi yang satu itu. Jadi tenang saja. Masih tetap akan ada drama dari jalan yang lain sekalipun VAR ikut campur dalam dunia sepak bola.

Mungkin ini adalah jawaban dari sekian banyak tuntutan para pencinta sepak bola yang sering merasa dirugikan dengan keputusan wasit di lapangan. Saat ini, kita tinggal menunggu dan menikmati saja keadilan yang selama ini kita harapkan.

Sumber gambar: realsport101.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Smartphone Alo, Teknologi Masa Depan dengan Navigasi Melalui Perantara Suara dan Suhu

Smartphone Alo, Teknologi Masa Depan dengan Navigasi Melalui Perantara Suara dan Suhu

Bermalam di Pantai Bersama Bintang Jatuh, Pernah Coba

Bermalam di Pantai Bersama Bintang Jatuh, Pernah Coba?