Untung Rugi dalam Gol Salah
Sumber gambar: www.dreamteamfc.com
in

Untung Rugi dalam Gol Salah

UGET UGET – Di dalam lapangan, seorang pemain sepak bola hanya memikirkan bagaimana ia bekerja sebagai individu dan tim. Di dalam pikiran mereka, kemenangan tim adalah yang paling utama. Pemain bertahan akan bertahan dengan sungguh-sungguh, dan penyerang akan berusaha mencetak gol dalam setiap kesempatan yang ada.

Namun, sepak bola hari ini terlihat lebih luas dari itu. Sebagai industri, penilaian sepak bola bukan sekadar mengocek bola. Dalam arti, keberadaan pemain menjadi salah satu instrumen dari berjalannya industri yang besar. Pelatih, klub, pendukung, serta instrumen lainnya sama pentingnya dengan pemain sepak bola itu sendiri.

Sehingga, ketika melihat Mo Salah membuat gol, kita tidak hanya akan melihat gol itu sendiri sebagai sebuah kemenangan bagi timnya. Di belakangnya terdapat beragam instrumen yang terlibat dan merasakan dampaknya pula. Nama Salah akan semakin mahal, klub akan mendapatkan keuntungan yang besar, bertambahnya pendukung klub dari negara asal Salah, serta pengaruh bagi sponsor pribadi Salah.

Saat ini, pemain dari Mesir ini menjalin kerjasama sponsor dengan perusahaan telekomunikasi terkemuka, Vodafone. Sebagaimana sponsorship yang lain, setiap pemain bola dijadikan ikon untuk produk yang mereka tawarkan. Ia mendapatkan gaji, sponsorship menerima kenaikan pelanggan dari para pendukung pemain.

Di samping kesepakatan itu, Vodafone juga mengikat kontrak yang unik. Di mana, setiap Salah mencetak gol, semua pengguna Vodafone di Mesir mendapatkan gratis waktu bicara selama 11 menit. Perjanjian ini berlangsung hingga akhir musim nanti.

Jumlah pelanggan Vodafone memang meningkat, sampai 43 juta. 11 menit waktu bicara menghabiskan biaya sekitar lima ribu rupiah. Maka setiap Salah mencetak gol, Vodafone berpotensi mengeluarkan uang secara cuma-cuma dari 43 juta dikali 11 menit dikali lima ribu. Total, Vodafone menghibahkan sekitar Rp. 2,4 triliun setiap Salah mencetak gol.

Angka ini terbilang tinggi, bahkan melebihi kontrak pemain itu sendiri. Namun, selain itu, tentu Vodafone mendapatkan keuntungan dari meningkatnya jumlah pemakai jasa telekomunikasi itu dalam waktu yang sangat cepat.

Untung dan rugi memang ibarat dua mata uang koin yang tak bisa dipisahkan dalam bisnis. Begitu juga dalam sepak bola yang telah menjadi industri. Setiap gol tidak lagi dihitung sebagai kemenangan tim semata, tetapi ada pihak-pihak yang untung dan rugi dalam peristiwa itu.

Sumber gambar: www.dreamteamfc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Agen Detektif Swasta di Tiongkok Ini Siap Mengintai dan Menyerang Para Pelakor

Agen Detektif Swasta di Tiongkok Ini Siap Mengintai dan Menyerang Para Pelakor

Pecandu Bakmi Jawa Harus Coba Yang Satu Ini Nih

Pecandu Bakmi Jawa Harus Coba Yang Satu Ini Nih