Untukmu Penikmat Kopi, Begini Tips Aman Minum Kopi Selama Bulan Puasa
Sumber gambar: hellosehat.com
in

Untukmu Penikmat Kopi, Begini Tips Aman Minum Kopi Selama Bulan Puasa

UGETUGETSelain teh, kopi merupakan salah satu jenis minuman yang cukup disukai oleh banyak orang. Bagi para penikmat kopi, tentunya memiliki jam tersendiri untuk menikmati kopi. Bisa di pagi hari atau malam hari untuk menemani begadang.

Apalagi buat mahasiswa nih yang suka begadang dengan segudang tugas, kopi merupakan teman paling setia yang menemani panjangnya malam. Minuman si hitam pekat tentunya tidak bisa dikonsumsi di sembarang waktu, apalagi saat bulan puasa seperti ini.

Untuk kamu para penikmat kopi, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa mengonsumi kopi, hanya saja harus menyesuaikan waktu yang pas. Bukan sembarang minum kopi saat sahur ataupun berbuka.

Seperti yang banyak orang tahu bahwa minuman si hitam pekat ini mengandung zat kafein. Zat ini bersifat stimulan yang mempengaruhi kinerja sistem saraf pusat. Selain itu, zat kafein juga dapat menangkal rasa kantuk. Maka tak heran apabila orang-orang penikmat kopi selalu terjaga di malam hari berkat zat kafein ini.

Di bulan puasa ini, orang-orang penikmat kopi harus menjaga konsumsi kopi. Bukan berarti harus total berhenti minum selama bulan puasa. Kamu tetap dapat menikmati kopi tanpa mengganggu puasamu.

Dilansir dari National Geographic, ada tiga panduan yang dapat diikuti oleh penikmat kopi agar dapat mengonsumsi kopi selama bulan puasa. Ketiga panduan tersebut antara lain:

MENGURANGI ASUPAN KAFEIN PADA KOPI SELAMA BULAN PUASA

Mengurangi konsumsi kopi sebaiknya dilakukan sebelum hari pertama puasa agar kamu tidak kaget ketika tidak minum kopi. Namun jika kamu kamu belum sempat melakukan, kamu bisa melakukannya mulai sekarang ketika sudah mulai berpuasa.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengurangi konsumi secara perlahan, bukan berhenti mengonsumsi agar tidak menimbulkan efek samping.

Untuk orang dewasa, dosis aman kafein dalam sehari adalah 400 miligram yang setara dengan 2-3 cangkir kopi hitam. Akan tetapi dosis ini dianjurkan untuk orang dengan jadwal makan teratur, bukan orang yang sedang berpuasa.

Jika sedang berpuasa, asupan kafein sebaiknya dikurangi hingga 200-300 miligram. Misalnya jika biasanya dalam sehari kamu minum tiga cangkir kopi, maka saat puasa kamu bisa mengonsumsi kopi dengan secangkir kopi.

Untukmu Penikmat Kopi, Begini Tips Aman Minum Kopi Selama Bulan Puasa
Sumber gambar: hellosehat.com

MINUM KOPI DI WAKTU YANG TEPAT

Asalkan kamu minum kopi di waktu yang tepat, pasti tidak akan mengganggu puasamu. Minum kopi saat sahur bukan waktu yang tepat karena minuman si hitam pekat ini sifatnya diuretik yang bisa membuatmu dehidrasi.

Disarankan kamu minum kopi pada satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Jangan biarkan kopi itu masuk ke dalam perutmu saat keadaan kosong karena nanti dinding perut bisa iritasi.

Namun jika kamu minum kopi setelah berbuka tentunya jamnya dekat dengan jam tidur beberapa orang. Ketika kamu minum kopi jam 8 malam dan tidur jam 10, nantinya yang terganggu malah siklus tidurmu dan menjadi tidak nyenyak. Untuk mengatasinya, usahakan kamu tidak minum kopi di atas jam 8 malam dan juga jangan terlalu banyak minum.

MEMILIH JENIS KOPI

Saat bulan puasa, kamu dapat memilih kopi decaf (kopi tanpa kafein). Kopi ini mengandung sedikit kafein, sekitar 94-98 persen zat kafeinnya telah dihilangkan.

Agar puasamu juga tetap lancar, kamu tetap dapat mengonsumsi kopi dengan memilih kopi tanpa kafein ini. Dengan begitu, hobimu untuk mengonsumsi kopi juga tetap berjalan meskipun saat bulan puasa.

Untuk kamu para penikmat kopi, kini kamu tidak perlu risau lagi saat minum kopi pada bulan puasa. Kamu bisa mengaplikasikan ketiga tips di atas. Salam ngopi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pohon Plastik Tanda Korupsi? Anda Salah Memahaminya

Pohon Plastik Tanda Korupsi? Anda Salah Memahaminya

Viral Kaos Bermotif Sajadah Bikin Warganet Geger

Viral Kaos Bermotif Sajadah Bikin Warganet Geger