Ulang Tahun Bagaimana Setiap Orang Memaknainya
Sumber gambar: www.sewavilla.net
in

Ulang Tahun: Bagaimana Setiap Orang Memaknainya?

UGET UGET – Ulang tahun, spesial kah hari itu untukmu? Atau mungkin hari itu tidak sepantasnya untuk dirayakan? Memang terkadang itu masih menjadi pro dan kontra. Setiap orang tentu punya alasan masing-masing mengapa mereka berpikir bahwa ulang tahun itu spesial, dan mengapa tidak. Jadi, terus terang saya tidak ingin membahas sesuatu yang “sensitif” itu terlalu dalam.

Saya hanya ingin menuliskan tentang sederhananya memaknai hari lahir. Karena, betapa pun itu, hari itu adalah sebuah hari penanda yang berarti untuk saya. Itulah sebabnya, hari itu masihlah menjadi hari yang spesial. Mungkin kalian akan setuju, mungkin juga tidak.

Di sini saya juga tidak akan memaknai ulang tahun sebagai sesuatu yang harus dirayakan besar-besaran, dengan foya-foya menghabiskan banyak uang. Tapi saya juga tidak akan menyambut datangnya hari lahir itu dengan kesedihan. Sedih dengan berpikir bahwa karena saya ulang tahun, maka tandanya jatah umur saya akan berkurang.

Ah, rasanya saya tidak suka dengan pikiran negatif itu. Lagi pula, bukankah tidak sepantasnya kita mengkhawatirkan soal lamanya usia yang kita punya? Bukankah yang terpenting adalah pencapaian kita selama dikaruniai usia tersebut? Itulah mengapa, ulang tahun itu terlalu berharga jika harus disambut dengan kegelisahan umur yang berkurang.

Bagi saya, peringatan hari lahir itu adalah sebuah batas, dan waktu yang tepat untuk menilik lagi, apa yang sudah kita capai dan hasilkan selama satu tahun terakhir ini. Hampir mirip seperti evaluasi yang bersifat privasi. Karena soal ini, hanya kita yang tahu seutuhnya.

Lalu, bagaimana soal kado? Hadiah di hari spesial itu akan jauh lebih bermakna jika berasal dari pencapaian kita pribadi. Coba ingat lagi, selama satu tahun usiamu ini, gebrakan apa yang sudah kamu lakukan? Jika memang ada sesuatu yang spesial, maka itulah kado yang sempurna untukmu.

Selebihnya, soal pemberian dari orang lain, anggap saja sebagai bonus besar yang berharga atas pencapaian-pencapaianmu selama ini. Tidak perlu mengharapkan sesuatu yang besar dari orang lain untukmu. Tanyakan saja pada dirimu, sudahkan kamu melakukan sesuatu yang besar untuk dirimu sendiri.

Kalau soal traktir mentraktir? Saya menganggap ini bukanlah selebrasi yang berlebihan. Jika memang punya dan bisa, maka tidak ada salahnya membuat orang lain bahagia di hari bahagiamu. Sederhananya begitu.

Satu hal yang pasti. Ulang tahun yang datang harus dimaknai dan disikapi secara positif. Bukan soal masalah selebrasi hura-hura, tapi bukan pula soal kesedihan umur yang berkurang. Ambil hari itu sebagai cermin tahunanmu, karena memang itu adalah batasan tahun baru dalam setiap usiamu.

Lihat masa lalu setahun yang lalu, dan pandang juga masa depan yang akan datang. Pikirkan tentang pencapaian dan target apa yang ingin kau capai selanjutnya. Dengan begitu, peringatan hari lahirmu akan terkesan lebih bermakna.

Sumber gambar: www.sewavilla.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pemain Bola Angkatan Sembila Dua yang Bikin Kesengsem Kaun Hawa

Pemain Bola Angkatan Sembilan Dua yang Bikin Kesengsem Kaum Hawa

Sinergi KIM Penanggulangan Bencana Menyongsong Kabupaten Sleman Tangguh Bencana Tahun 2022

Sinergi KIM dalam Penanggulangan Bencana Menyongsong Kabupaten Sleman Tangguh Bencana Tahun 2022