ubuntu 18.04
Sumber gambar: www.techawais.com
in

Ubuntu 18.04 Siap Didownload, Update via Online Juga Bisa

UGET UGET – Ubuntu 18.04 sudah dirilis beberapa hari yang lalu, tepatnya ketika Avengers: Infinity War tayang di bioskop seluruh dunia, yaitu tanggal 27 April 2018. Beberapa pekan yang lalu saya pernah menulis Linux yang ideal digunakan untuk komputer desktop atau laptop, yaitu Ubuntu 17.10.

Memang pada versi itu Ubuntu sudah nyaman sekali digunakan untuk penggunaan komputer sehari-hari, tetapi pada penyempurnaan Ubuntu 18.04 lebih nyaman lagi digunakan. Dan tentu saja lebih stabil dibandingkan versi yang terdahulu.

Yang menonjol pada Ubuntu 18.04 adalah waktu booting yang jauh lebih cepat, proses instalasi juga lebih cepat sekitar 10%. Memang tidak terlalu signifikan, tetapi cukup membantu pemula yang ingin mencoba Linux. Terlebih, penggunaan sumber daya terutama RAM jauh lebih efektif. Selain itu jika kamu menggunakan laptop, maka akan jauh lebih irit.

Jadi, tidak ada alasan buat kamu untuk tidak meng-upgrade Linux 17.10 ke Ubuntu 18.04 LTS. Kepanjangan LTS adalah long term support. Kalau tidak salah dukungan pada versi LTS sampai dengan 5 tahun ke depan. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika suatu saat mengalami masalah dengan Ubuntu.

ubuntu 18.04
Sumber gambar: www.techawais.com

Sayangnya untuk mengupdate ke versi 18.04, memerlukan waktu. Sampai saat ini belum ada pengumuman dari Ubuntu mengenai ketersediaan update secara online. Satu-satunya jalan untuk mendapatkan ubuntu 18.04 adalah dengan mendownload file ISO, kemudian membakarnya ke flash disk ataupun DVD. Dan menginstal ulang Ubuntu yang lama.

Sayangnya semua data Anda akan terhapus. Tetapi Anda bisa membackupnya terlebih dahulu. Kalau datanya masih kosong, atau tidak terlalu banyak data yang penting langsung saja install ulang.

Untuk mendownload file ISO ubuntu 18.04 lebih baik ambil server yang berasal dari Indonesia. Ada banyak mirror yang menyediakan file iso Ubuntu. Kalau saya lebih suka mendownload dari server ITB atau UI karena lebih cepat.

Ubuntu 18.04 disertai dengan 3 pilihan desktop manager, yaitu Gnome, Mate dan KDE. Buat kamu yang memiliki komputer dengan RAM di bawah 4GB, lebih baik menggunakan Gnome ataupun Mate. Sedangkan yang memiliki RAM di atas 4GB bisa menggunakan KDE.

Tampilan KDE jauh lebih bagus dan smooth, tetapi mengharuskan kamu memiliki RAM di atas 4GB. Meskipun bisa dijalankan pada komputer 2GB, tapi tidak terlalu nyaman.

Untuk update secara online juga bisa. Tapi, harus menunggu beberapa hari. Entah sampai kapan, karena pihak ubuntu juga belum memberikan keterangan kapan bisa update secara online. Kelebihan update secara online adalah data kamu tidak akan hilang.

Cara mengupdate yang seperti dibawah ini. Tuliskan perintah ini pada terminal:

$ sudo apt update
$ sudo apt upgrade
$ sudo apt dist-upgrade

Waktu yang dibutuhkan bergantung dengan kecepatan koneksi internetmu. File yang didownload sekitar 1,2 GB.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Teknik Cara Passing Bola yang Benar

Teknik Cara Passing Bola yang Benar

Cewekmu Makin Manja? Mungkin Itu Tanda Doi Mulai Nyaman Denganmu

Cewekmu Makin Manja? Mungkin Itu Tanda Doi Mulai Nyaman Denganmu