Tung Desem Waringin, Ubah Emosi dengan Gerakan uget uget
Sumber gambar: papodeconsultor.com.br
in

Tung Desem Waringin, Ubah Emosi dengan Gerakan

UGETUGET – Siapa yang tak kenal Tung Desem Waringin? Wajahnya kerap melanglang buana di berbagai media berkat prestasi dan “kegilaannya”. Ia kerap tampil sebagai motivator dan pakar marketing terkenal di Indonesia. Ia juga penulis buku best seller “Financial Revolution.”

Pembawaannya yang energik dan gembira menjadi ciri yang khas dari dirinya meski sudah berusia setengah abad.

Baginya, saat mengisi acara di Emtek Goes to Campus 2017, penting untuk mengatasi emosi yang tidak baik, seperti takut, malas, ragu-ragu, dan khawatir. Inilah yang ia nilai sebagai faktor penghambat kesuksesan seseorang dalam bersekolah maupun bekerja.

Our emotion is our motion,” istilah inilah yang kemudian ia praktikkan dalam kehidupannya sehari. Menurutnya, otak akan mudah mencerna informasi apabila tubuh banyak bergerak. Emosi berkaitan dengan tingkat percaya diri seseorang. Orang dengan emosi yang positif berani untuk berkenalan dan bergaul, sehingga jaringannya akan lebih luas.

Tung Desem Waringin, Ubah Emosi dengan Gerakan ugetuget
Foto: Elisabet Selsyi – ugetuget.com

Dalam acara tersebut, ia membagikan jurus unik yang ia namakan “Jurus Guncang Bumi.” Menurut saya, Tung Desem Waringin adalah sosok cerdas yang mampu mengatasi masalah-masalah dengan pemikiran sederhananya yang gila, namun entah mengapa ya memang begitulah cara luwes menyikapi masalah yang ada.

Dalam waktu 10 detik saja, ia mengajarkan penonton cara untuk mengubah emosi. Caranya ini terinspirasi dari sosok anak kecil yang periang. Contohlah hal kecil, pada cara anak kecil bertepuk tangan. Tepuk tangan seorang anak-anak menunjukkan ekspresi mata yang terbelalak dan senyuman yang terbuka lebar, diikuti tepuk tangan seheboh mungkin sembari berteriak lantang yeay!!!

Suasana Grha Sabha Pramana yang tadinya sepi, berubah menjadi gaduh. Bagaikan pelajar yang terbiasa ‘dikekang’ untuk diam, tenang, dan mendengarkan guru, bebas lepas dari ruang kelas.

Sesuai dengan topik yang ia bawakan, “Cara Dahsyat Sukses di Kuliah dan Kerja,” Tung Desem Waringin menyinggung mengenai sistem sekolah di Indonesia yang masih punya PR dalam menunjukkan kontribusi pendidikan untuk kehidupan. Ia pun menyayangkan, selama ini sekolah sebatas mengajarkan materi, tanpa mengajarkan bagaimana cara terbaik mempelajari materi tersebut.

Ia pun berbagi mengenai cara menjadi mahasiswa teladan. Menurutnya ada empat cara untuk mewujudkan itu, yakni Indeks Prestasi di atas tiga, aktif ikut lomba, aktif berorganisasi, dan aktif berkegiatan sosial. Untuk mencapai itu, Tung menekankan perlunya tujuan/goal.

Goal ini harus tertulis, spesifik, positif, dan menarik. Secara tidak langsung goal ini akan menggerakkan alam bawah sadar manusia. “Alam bawah sadar kita tidak mengenal kata tidak, maka harus diungkapkan secara positif, misal saya ingin kaya, saya harus berhasil,” ujarnya.

Ia juga membagikan tips mendapatkan nilai A di kelas:

  1. Baca 10 menit sebelum dan sesudah kelas
  2. Pastikan di kelas paham betul akan materi, kalau belum tanya sampai paham
  3. Kerjakan soal tahun lalu
  4. Duduk depan, bertanya, pastikan dosen kenal dan tahu kita ingin mendapat nilai A dan mau belajar

Dengan membaca, paling tidak dosen tahu bahwa kita membaca. Kerjakan soal tahun lalu karena soal akan menunjukkan pola berulang dari tahun ke tahun. Pun, kita harus tunjukkan kemauan kita untuk mendapat nilai A dan tanyakan bagaimana kiat mencapai itu. Menurutnya, dosen akan dengan sukarela membimbing kita dalam aktivitas perkuliahan.

Baik sekolah maupun kuliah baginya bukanlah hal yang menyengsarakan. Melainkan kita memang perlu melewati masa-masa itu. “Kalau ingin menikmati hidup nanti ada waktunya, kalau ingin nggak kuliah, ada waktunya lebih panjang,” ujarnya menginspirasi muda-mudi yang hadir.

Menurutnya, dengan mengenyam bangku pendidikan, orang akan lebih percaya diri nantinya.

Sumber gambar: papodeconsultor.com.br

https://www.youtube.com/watch?v=0RlfCxwoXpc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Komunitas Rinjin-Bu, Pencinta Kebudayaan Jepang dari UNY

Komunitas Rinjin-Bu, Pencinta Kebudayaan Jepang dari UNY

Despacito Versi Jawa yang Dinyanyikan Alif Rizky Ternyata Asyik

Despacito Versi Jawa yang Dinyanyikan Alif Rizky Ternyata Asyik