Tuan Rumah Piala Dunia 2018, Rusia Harus Bisa Konsisten
Sumber gambar: soccer.sindonews.com
in

Tuan Rumah Piala Dunia 2018, Rusia Harus Bisa Konsisten

UGET UGET – Status sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 bisa jadi bumerang untuk Rusia, jika tidak bisa tampil konsisten di turnamen sepak bola terbesar ini.

Tim nasional Rusia sebenarnya lebih diuntungkan pada turnamen empat tahun sekali ini. Sudah jelas bahwa mereka akan tampil di hadapan publik sendiri. Sehingga dukungan langsung dari puluhan ribu suporter akan selalu memadati stadion tim Sbornaya (julukan timnas Rusia) ketika negara ini berlaga di setiap matchnya. Dan hal tersebut jelas akan menjadi motivasi tersendiri bagi Rusia untuk unjuk gigi di Piala Dunia 2018 nanti.

Akan tetapi, selama ini penampilan Rusia di ajang tersebut hanya dianggap sebagai tim pelengkap saja. Terbukti di ajang Piala Dunia 2010 lalu mereka terhenti di babak penyisihan grup. Di skuat Rusia sendiri mereka tidak mempunyai komposisi pemain yang berada pada level di atas rata rata untuk bersaing di turnamen tertinggi antarnegara ini.

Di skuat inti, Rusia pun hanya mempunyai beberapa nama pentolan saja seperti kiper seniornya, Igor Akinfeev. Pengamatan Romantsev mengacu pada tampil buruknya tim asuhan Stanislav Cherchesov tersebut pada beberapa bulan terakhir. Rekor buruk ada di lima pertandingan terakhir. Tercatat Rusia tidak pernah menang atau tidak pernah meraih hasil maksimal.

Tuan Rumah Piala Dunia 2018, Rusia Harus Bisa Konsisten
Sumber gambar: soccer.sindonews.com

Terakhir, Rusia dibantai tim Samba Brazil dengan skor 0-3 dan  skor 1-3 oleh timnas Prancis di laga persahabatan Maret lalu. “Jika kami kalah, kami jelas belum siap untuk mengikuti turnamen ini,” tutur Andrei Sozin dari PSSI-nya Rusia atau (RFU) pada saat melihat laga uji coba melawan Prancis di Saint Petersburg Stadium.

Buruknya pembinaan pemain muda di timnas Rusia rupanya dijawab oleh kinerja timnasnya sendiri di beberapa laga terakhir. Terbukti regenerasi timnas Rusia sudah tenggelam sejak pensiunnya Andrei Arshavin dan Roman Pavlyuchenko. Di lini depan timnas ini tidak memiliki pemain terkenal.

Cederanya Alexander Kokorin yang diprediksi akan absen dan hanya melihat rekan-rekannya bekerja di tribun penonton nanti. Kini pelatih Rusia hanya mempunyai opsi satu penyerang yang cukup menjanjikan, yakni Fedor Smolov.

Di lini pertahanan, Rusia terkenal tidak konsisten pada deretan nama defendernya. Ditambah kondisi buruk di centre back, duet Georgy Dzhikiya dan Viktor Vasin dikabarkan masih mengikuti jejak Kokorin karena cedera.

Jelas, hal ini berimbas pada sektor belakang Rusia yang kurang optimal dalam beberapa laga uji coba. Namun, bek tengah Roman Neustadter tidak sependapat. “Kami bermain bersama lebih lama sebelum Piala Dunia. Kami akan menjadi lebih baik lagi,” ujar pemain Fenerbahce tersebut.

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cinta Pertama Biasanya Cenderung Gagal

Cinta Pertama Biasanya Cenderung Gagal

Masih Ingat dengan Bocah Obesitas Arya Permana? Kini Bobotnya Sudah Turun Drastis

Masih Ingat dengan Bocah Obesitas Arya Permana? Kini Bobotnya Sudah Turun Drastis