Trik Dasar Skateboard Ini Harus Dikuasai Skaters Pemula
Sumber gambar: tupperware.com
in

Trik Dasar Skateboard Ini Harus Dikuasai Skaters Pemula

UGETUGET | Skateboard pertama dilahirkan pada pertengahan tahun antara 1940 s/d 1950-an, ketika peselancar dari California ingin mencari sesuatu untuk dikendarai ketika air laut tidak berombak. Papan pertama pun dibuat, yaitu sebuah papan yang diberi ban roller skate.

Kemudian tahun 1970-an Frank Nasworthty membuat ban skateboard dengan bahan polyurethane atau biasa dipanggil cadillac. Dia berharap agar orang yang gemuk bisa membeli papan skate dan memakainya.

Mulai dari peristiwa tersebut, perjalanan permainan ini semakin digandrungi oleh sejumlah pihak. Tak terkecuali pemuda Indonesia. Hingga pada ajang Asian Games 2018, Indonesia berhasil menyabet medali perak dan perunggu.

Tentu saja hal ini disambut positif. Dari Asian Games bisa kita lihat menariknya olahraga skateboard. Jika tertarik, ini trik-trik dasar yang harus skaters pemula kuasai.

Skaters sedang melakukan trik Ollie
Sumber gambar: skatedelux.com

Ollie

Nah, untuk trik yang pertama ini adalah trik yang paling sederhana. Trik ini sering disebut trik dasar sebelum melakukan trik lainnya seperti kickflip. Maka sebagai pemula harus menguasai trik ini dengan latihan secara berulang-ulang.

Gerakan ollie dilakukan dengan cara mengangkat papan dengan hentakan dari salah satu kaki ke ujung papan sampai papan terangkat, kemudian diikuti oleh kaki lainnya. Sehingga kaki dan papan seolah melompat setinggi-tingginya.

kickflip
Sumber gambar pixabay.com

Kickflip

Bisa dikatakan sebagai trik kelanjutan Ollie. Lompatan skaters ini berawal dari trik Ollie, dilanjutkan dengan menendang dengan tepat saat papan berada di udara sampai 360 derajat dan mendarat pada posisi semula.

heelflip
Sumber gambar: skatedeluxe.com

Heelflep

Membalik papan skateboard dengan tumit. Kaki yang berada di depan harus bergerak ke atas dan melintasi papan berlawanan arah dengan kickflip. Perbedaan heelflep berada pada putaran papan menggunakan tumit, sehingga papan berputar terbalik ke arah skaters.

heelflep
Sumber gambar: tupperware.com

Indygrab

Salah satu trik lainnya yang asik dan keren adalah Indygrab. Trik ini dilakukan skaters dengan cara memegang papan skate di sisi samping bagian tengah tepat di antara kedua kaki. Sehingga menghasilkan efek melayang dengan skate yang masih menempel di kaki.

Pastikan bahwa skaters sudah menguasai trik-trik sebelumnya.

indygrab
Sumber gambar: flicker.com

Airwalk Grab

Caranya, menjangkau ujung depan dari skateboard saat melayang di udara dengan tendangan agar bisa mengangkat ujung papan bagian depan. Tujuannya adalah berhenti dengan sempurna mengunakan kedua kaki dengan papan skate dalam genggaman tangan.

airwalk grab
Sumber gambar: skateboardhere.com

Manual

Kunci untuk melakukan trik ini adalah keseimbangan kaki depan dan belakang. Kaki belakang digunakan untuk menahan skateboard untuk tetap naik dan kaki depan berguna untuk menyeimbangkan papan seluncur.

Selanjutnya kaki depan berfungsi untuk mengatur keseimbangan papan skate.

Nah, itulah beberapa trik dasar skateboard yang harus dikuasai skaters pemula. Kuncinya adalah latihan yang rutin dan pantang menyerah.

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Persebaya: Penghancur Para Tim Pemegang Kans Juara

Persebaya: Penghancur Para Tim Pemegang Kans Juara

Musim Penghujan Telah Tiba, Inilah Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Terhadap Motor Kesayangamu

Musim Penghujan Telah Tiba, Inilah Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Terhadap Motor Kesayanganmu