Tour de Singkarak 2018
Sumber gambar: www.tourdesingkarak.id
in

Tour de Singkarak 2018: Rute Baru di Tahun Kesepuluh

UGET-UGET | Selain danau Toba, Provinsi Sumatera Barat memiliki keindahan alam lain yaitu danau Singkarak. Menurut Wikipedia, danau seluas 107,8 km2 ini merupakan danau terbesar di provinsi Sumatera Barat. Saking besarnya, bahkan danau ini membentang di dua kabupaten, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.

Sejak tahun 2009, melihat potensi dari danau Singkarak, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia menyelenggarakan Tour de Singkarak (TdS) untuk pertama kalinya. TdS adalah kejuaraan balap sepeda resmi dari Pesatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International). Kejuaraan ini diselenggarakan setiap tahun dan berlangsung selama seminggu.

Dalam penyelenggaraan TdS lalu, peserta kejuaraan melintasi beberapa kawasan wisata, seperti Lembah Harau, Danau Maninjau, Kelok 44, Danau Di Atas dan Danau Di Bawah. Tahun lalu, TdS diikuti oleh 108 pembalap dari 25 negara dengan panjang rute sekitar 1.097 kilometer. Rute tersebut melintasi 18 kabupaten dan kota di provinsi Sumatera Barat.

Tour de Singkarak 2018
Sumber gambar: www.tourdesingkarak.id

Tour de Singkarak 2018

Tahun ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata kembali menggelar Tour de Singkarak 2018. Pada penyelenggaraannya yang ke-10 ini, terdapat perubahan yang cukup signifikan berkaitan dengan rute TdS.

Dilansir dari Kumparan, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam rapat persiapan TdS 2018, mengungkapkan bahwa untuk tahun ini kemungkinan rute TdS tidak hanya melalui 18 kabupaten dan kota di Sumbar saja, melainkan juga melalui Kerinci, wilayah dari Provinsi Jambi.

“Tepatnya, peserta akan diajak untuk melewati Sungaipenuh dan Kerinci,” ungkap Nasrul.

Gagasan pengembangan rute TdS melalui Jambi tercetus saat kegiatan Rakor Gubernur se-Sumatera tahun 2017 lalu. Rakor yang diadakan di Jambi itu dihadiri oleh Wagub Sumbar yang menerima usulan dari Kadin Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariadi.

“Tour de Singkarak itu kan event internasional. Dengan rute yang melewati Jambi ini, maka kita secara langsung dapat mempromosikan potensi wisata kita ke masyarakat dunia, khususnya bagi mereka yang datang dari Eropa,” ungkap Ujang.

Dengan penyelenggaraan TdS 2018 dengan rute yang melalui wilayah provinsi Jambi, diharapkan nantinya akan menjadi pendongkrak perekonomian dan citra Jambi sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Kamu mau mencoba?

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Bosan Makan Nasi Putih

Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Bosan Makan Nasi Putih

Penting! Langkah Menghadapi Gempa Bumi di Berbagai Tempat dan Kondisi

Penting! Langkah Menghadapi Gempa Bumi di Berbagai Tempat dan Kondisi