Tahukah Anda Jika Toko Besi tapi Tidak Jual besi?
sumber gambar: dhgate.com
in

Tahukah Anda Jika Ada Toko Besi Tapi Tidak Jual Besi?

UGETUGET – Apa yang pertama kali kalian pikirkan ketika mendengar nama Toko Besi? Pasti kalian akan berpikir tentang toko yang menjual berbagai macam besi.

Belum tentu, ya. Buktinya, toko besi yang terletak di timur Pasar Kotagede, Yogyakarta, ternyata justru tidak menjual besi. Sama sekali. Jadi, kalau sudah tahu sekarang lebih baik cari toko lain yang sudah jelas menjual besi.

Lalu, kok bisa? Ya, bisa. Toko ini memang terbilang unik. Barang-barang yang dijual di toko ini justru lebih banyak berkaitan dengan peralatan sepeda. Misalnya ban luar dan dalam, velg, pedal, forok, keranjang sepeda, rantai, gir, as sepeda, lampu, bel, dan masih banyak lagi.

Harganya pun bervariasi. Mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal. Bagi saya toko itu terbilang murah.

“Dijamin murah, Mbak,” kata Yuni, salah satu karyawan toko.

Tidak hanya peralatan yang berhubungan dengan sepeda saja yang dijual, tetapi ada peralatan pancing, cat, walaupun catnya tidak lengkap. Bahkan, toko itu justru menjual peralatan listrik, seperti lampu, kabel, saklar, stop kontak, dan sebagainya.

Toko ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Toko ini satu-satunya toko besi yang buka sampai malam. Jadi, masyarakat di sekitar Kotagede banyak yang tetap menjadikan toko ini sebagai tempat rujukan pertama untuk membeli alat-alat sepeda dan sebagainya.

Toko ini termasuk toko yang bisa dibilang paling tua di wilayah Kotagede. Kenapa? Karena sudah 30 tahun lebih toko ini bertahan dan masih exist. Dilihat dari pengunjungnya juga masih banyak.

Pemilik toko ini juga tidak khawatir jika tokonya akan bersaing dengan toko-toko lain. Padahal, lihat saja sekarang ini di wilayah sekitaran Kotagede sudah bisa dijumpai banyak toko besi atau toko-toko yang sejenisnya. Kekhawatiran itu justru tidak pernah terpikirkan karena toko ini mematok harga yang cukup murah. Selain itu, masyarakat juga sudah banyak yang mengenal karena toko ini sudah berdiri lama.

“Toko iki buka wes sui banget. Ket jaman almarhum Pak Basron iseh ono nganti saiki,” ungkap Yuni, pegawai yang sudah 12 tahun bekerja di sana. Yuni bekerja setiap shift sore mulai pukul 16.00 sampai 20.00 WIB, sedangkan Anas bekerja setiap shift pagi mulai pukul 08.00 sampai 16.30 WIB.

Mungkin toko ini bisa dijadikan referensi tempat untuk membeli peralatan sepeda, pancing dan sebagainya. Tapi ingat, selain besi, karena toko besi ini tidak menjual besi.

Sumber gambar: dhgate.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

PUASA BAGI IBU HAMIL, SEHATKAH BAGI JANIN?

PUASA BAGI IBU HAMIL, SEHATKAH BAGI JANIN?

Bahasa Asing Bisa Dipelajari Lewat Media Sosial Lho

Bahasa Asing Bisa Dipelajari Lewat Media Sosial Lho