Tips untuk Mahasiswa yang Ingin Kuliah Sambil Kerja
Sumber gambar: ikatanalumni.com
in

Tips untuk Mahasiswa yang Ingin Kuliah Sambil Kerja

UGETUGETTidak dapat dipungkiri apabila kebutuhan ekonomi saat ini sangat diperlukan. Semuanya serba pakai uang, nggak ada yang gratis. Kebutuhan sehari-hari semakin meningkat. Begitu pula dengan kebutuhan mahasiswa yang tidak ada habisnya. Maka tak heran apabila banyak dari mahasiswa yang ingin melakukan dua kegiatan, yaitu kuliah sambil kerja.

Memang tidak ada salahnya sebagai mahasiswa juga ingin merasakan dunia pekerjaan. Meskipun pekerjaan itu tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya atau keinginannnya. Namun, yang namanya untuk mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman dan aman itu terkadang memang dibutuhkan.

Sekarang kamu boleh enak-enak dan haha-hihi menjadi mahasiswa. Namun kelak besok kamu juga harus merasakan beratnya dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

Hal ini juga terjadi pada saya beberapa waktu lalu ketika mengikuti magang di restoran selama 3 bulan. Ya, hanya 3 bulan. Waktu yang singkat. Mungkin ada beberapa dari kalian yang lebih lama dari saya.

Dari waktu yang singkat itu saya merasakan pengalaman yang luar biasa. Digembleng habis-habisan, harus cekat-ceket, harus bisa melayani pengunjung dengan baik, harus bisa masak sesuai pesanan. Intinya banyak pengalaman yang saya dapatkan meskipun saya juga merasakan jatuh bangun.

Nah, untuk kalian yang ingin kuliah sambil kerja tidak ada salahnya kok. Justru itu dapat menambah pengalamanmu. Namun, apa kamu masih bingung menjalani dua aktivitas tersebut? Yuk simak tips berikut.

IZIN ORANG TUA TERLEBIH DAHULU KETIKA KAMU MEMUTUSKAN INGIN KULIAH SAMBIL KERJA

Penting banget tips yang nomor satu ini. Kamu harus bilang kepada bapak dan ibumu jika ingin nyambi bekerja. Karena mungkin ada juga orang tua yang tidak membolehkan anaknya untuk bekerja dan memilih untuk fokus kuliah dulu saja. Daripada kerjamu tidak mendapat restu dari orang tua, nanti hasilnya sia-sia.

Tips untuk Mahasiswa yang Ingin Kuliah Sambil Kerja
Sumber gambar: ikatanalumni.com

TENTUKAN JADWAL LUANGMU DARI JADWAL KULIAHMU

Yang namanya kuliah sambil kerja tentu juga akan menyita waktumu. Mungkin dulu setelah kamu pulang kuliah, kamu hanya langsung pulang dan leyeh-leyeh di rumah atau di kost saja. Kini saatnya kamu memikirkan waktu yang tepat untuk bekerja.

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan waktumu untuk kapan kamu menyelesaikan tugas kuliahmu dan kapan kamu beristirahat.

Meskipun kamu sudah bekerja, kamu harus tetap ingat bahwa masih ada kewajiban untuk masuk kuliah. Jangan sampai kamu bolos kuliah dan tidak mengerjakan tugas kuliah ya!

Diskusikan baik-baik dengan orang di tempat kerjamu kalau kamu masih ada kewajiban untuk kuliah.

CARI PEKERJAAN YANG FLEKSIBEL

Kalau kamu merasa repot bekerja di lapangan, kamu bisa mencoba cari pekerjaan yang bisa dikerjakan dimana saja alias fleksibel. Artinya pekerjaan itu tidak menuntutmu untuk pergi ke tempat kerja.

Kalau di zaman sekarang, pekerjaan semacam itu lebih mudah ditemukan. Contoh sederhananya seperti jualan di toko online (jualan make up, baju, kebutuhan mahasiswa, dan lainnya). Kalau ada temanmu yang sudah memulai bisnis ini, coba kamu ikuti. Pekerjaan ini tidak akan menyita waktumu berlebih kok.

USAHAKAN NILAIMU SELALU BAIK DI SETIAP SEMESTER

Agar tidak membebani pikiran, kamu harus terus berusaha untuk mempertahankan nilai terbaik setiap semesternya. Nggak mau kan kalau kamu ada nilai jelek dan berimbas pada mengulang mata kuliah?

Misalnya nih, yang harusnya kamu semester ini mengambil 19 sks, tapi masih ditambah mata kuliah yang mengulang jadinya malah banyak. Hal ini bisa berimbas ke waktumu. Harusnya kamu bisa lebih luang dan dapat fokus bekerja, tapi ternyata waktu kerjamu kurang maksimal karena mata kuliah yang mengulang.

Jadi tetap semangat ya! Semangat kuliah terus dan usahakan nilaimu baik terus!

BERIKAN WAKTU ISTIMEWAMU UNTUK TEMPAT PEKERJAANMU

Orang-orang di tempat kamu bekerja sudah memahamimu yang masih ada tanggungan kuliah. Hal ini juga menyebabkanmu tidak bisa bekerja secara maksimal seperti pegawai lainnya.

Nah ibaratnya untuk membalas dari waktu-waktumu yang kurang maksimal tersebut, kamu harus ada waktu istimewa untuk mereka. Ya, waktu istimewa untuk bekerja sesuai dengan jam-nya seperti pegawai lainnya. Bilang saja kamu ada waktu yang sangat luang, sehingga bisa bekerja sesuai dengan jamnya.

Yuk teman-teman, dicoba dulu ya tipsnya. Jangan patah semangat. Terus coba daftar dari satu lowongan ke lowongan lainnya. Semangat!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

5 Kegiatan yang Perlu Kamu Lakukan Agar Kuliahmu Berkesan

5 Kegiatan yang Perlu Kamu Lakukan Agar Kuliahmu Berkesan

6 Kegiatan untuk Mengisi Waktu Luang di Rumah Saat Bulan Puasa

6 Kegiatan untuk Mengisi Waktu Luang di Rumah Saat Bulan Puasa