Tips Hemat Belanja Selama Bulan Ramadhan
Sumber gambar: belitung.tribunnews.com
in

Tips Hemat Belanja Selama Bulan Ramadhan

UGETUGETBelanja merupakan suatu kegiatan yang pasti dilakukan oleh semua orang. Ya, belanja memang sudah menjadi kebutuhan. Ada barang habis di rumah, tentunya kita segera beli. Seperti bahan-bahan pokok (bahan makanan), kebutuhan sehari-hari (peralatan mandi contohnya), dan kebutuhan lainnya yang perlu dibeli lagi jika sudah habis. Karena kebutuhan semakin banyak, maka kita harus hemat belanja agar uang yang dipakai cukup dan masih ada sisa untuk ditabung.

Ketika bulan ramadhan telah tiba, ada beberapa masalah klasik yang biasanya terjadi. Misalnya, semakin banyak ajakan buka puasa bersama, susah bangun sahur, hingga naiknya harga kebutuhan pokok.

Hal itu lumrah terjadi di setiap tahunnya. Kalau kita tidak dapat mengontrol nafsu untuk berbelanja, bisa jadi kita tidak memiliki tabungan untuk lebaran nanti. Untuk itu kita perlu menerapkan tips hemat belanja di saat bulan ramadhan. Apa saja itu?

USAHAKAN BELANJA SEBELUM MEMASUKI BULAN PUASA

USAHAKAN BELANJA SEBELUM MEMASUKI BULAN PUASA
Sumber gambar: tribunnews.com

Karena selama bulan puasa itu harga-harga banyak yang naik, kamu bisa mensiasatinya dengan belanja sebelum memasuki bulan puasa. Kamu dapat belanja bahan-bahan makanan kering yang dapat bertahan lama. Dengan belanja sebelum memasuki bulan puasa, kamu dapat lebih berhemat dibandingkan belanja saat bulan puasa.

MEMBUAT DAFTAR BELANJA

MEMBUAT DAFTAR BELANJA
Sumber gambar: ciricara.com

Nah ini penting sekali. Sebelum kamu pergi ke pasar atau supermarket, kamu perlu membuat daftar belanja terlebih dahulu, apa saja kebutuhan pokok yang harus segera kamu beli dan apa kebutuhan lainnya yang tidak terlalu buru-buru untuk dibeli.

Jika tidak membuat daftar belanja dulu, dikhawatirkan ketika kamu sudah memasuki tempat belanja nanti malah bingung dan berujung pada belanja yang seharusnya tidak kamu beli saat itu juga. Jadi, jangan lupa bikin daftar belanja dulu ya!

CARI DISKON DAN PROMO

CARI DISKON DAN PROMO
Sumber gambar: merdeka.com

Nah ini yang tidak boleh kamu lewatkan. Diskon dan promo ini sangat membantumu untuk hemat belanja. Dari yang awalnya harganya mahal sekali, ketika sedang ada promo harganya jadi murah. Kamu perlu sikat dan ambil saja barang-barang promo ini. Tapi kamu juga perlu tahan diri ya, jangan sampai kalap kalau ada diskon dan promo besar-besaran. Kalau barang yang didiskon memang penting dan berguna buat kamu ya dibeli saja, namun kalau barangnya tidak terlalu penting buat kamu lebih baik uangmu dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

BELANJA BANYAK UNTUK PERSEDIAAN

BELANJA BANYAK UNTUK PERSEDIAAN
Sumber gambar: gulalives.co

Yang biasanya kamu belanja hanya secukupnya saja, ketika memasuki bulan puasa kamu bisa belanja banyak namun tetap ada batasnya. Belanja banyak ini difungsikan sebagai persediaan agar kamu besok-besok tidak usah beli lagi dan tidak keluar uang banyak lagi. Misalnya dalam membeli sabun wajah. Biasanya kamu membeli kemasan tube kecil, sekarang kamu bisa beli tube besar untuk lebih menghemat agar besok tidak beli-beli lagi.

PIKIRKAN KEBUTUHAN DAN KEMAMPUAN

PIKIRKAN KEBUTUHAN DAN KEMAMPUAN
Sumber gambar: halomoney.co.id

Kamu tidak perlu muluk-muluk dalam berbelanja. Kamu juga perlu memikirkan apa saja kebutuhanmu dengan bagaimana kemampuanmu untuk membeli barang tersebut? Apakah uangmu cukup? Jadi, tetap kamu sesuaikan ya! Carilah barang-barang yang murah agar kamu bisa lebih hemat belanja lagi.

Tips Hemat Belanja Selama Bulan Ramadhan
Sumber gambar: belitung.tribunnews.com

Semoga tipsnya bermanfaat ya! Sudah siap untuk hemat belanja di bulan ramadhan? #UgetUgetEdisiRamadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mahasiswa Semester Akhir Akan Lebih Mudah Bereaksi Ketika Diberi Pertanyaan Seperti Ini Apakah Kamu Juga Merasakannya

Mahasiswa Semester Akhir Akan Lebih Mudah Bereaksi Ketika Diberi Pertanyaan Seperti Ini: Apakah Kamu Juga Merasakannya?

Cerita Unik dari Bule Rusia yang Servis HP di Indonesia

Cerita Unik dari Bule Rusia yang Servis HP di Indonesia