TIPS DAN TRIK MENGHADAPI BIMBINGAN SKRIPSI
Sumber gambar: life.idntimes.com
in

TIPS DAN TRIK MENGHADAPI BIMBINGAN SKRIPSI

UGET UGET – Kalau sudah mulai menginjak semester 7 itu tandanya harus siap-siap menghadapi bimbingan skripsi. Ada tips dan trik menghadapi bimbingan skripsi supaya bimbingan kalian berjalan lancar sesuai harapan.

Tips dan trik ini berdasarkan pengamatan saya dan pengalaman orang lain. Nah, tips dan triks yang pertama adalah kenali dulu pembimbingmu.

Mahasiswa nih harus cerdas. Cerdas mengamati dan memahami pembimbing. Kalian harus tahu karakter pembimbingmu seperti apa. Misalnya beliau adalah orang yang mudah tersinggung atau marah, maka bersikaplah sopan ketika bertemu.

Kalian bisa tanya-tanya kepada kakak tingkat tentang bagaimana karakter pembimbing dan proses bimbingannya seperti apa. Dengan begitu kalian bisa lebih siap.

Tips dan trik menghadapi bimbingan skripsi yang kedua adalah ketika kalian mau bimbingan, lebih baik janjian terlebih dahulu dengan mengirimkan pesan melalui whatsApp atau SMS supaya pembimbing lebih siap.

Ya, sebagai pembimbing mereka juga perlu kesiapan, baik waktu maupun materi. Hal itu juga menunjukkan perilaku yang sopan. Dengan kata lain, permisi dulu.

Jangan sampai kamu pakai cara tiba-tiba datang menemui beliau untuk bimbingan. Ya, kalau beliau nggak sibuk ngajar atau keperluan yang lain mungkin masih bisa ditolerir, tetapi kalau ternyata baru ada kesibukan, itu akan menganggu.

Setelah kalian sudah menentukan waktu bimbingan, tips dan triks ketiga adalah cara ketika bertemu dengan pembimbing. Hal yang pertama kali kalian lakukan adalah berjabat tangan.

Berdasarkan pengalaman kawan-kawan saya, berjabat tangan itu secara tidak langsung akan memberikan pengaruh yang berbeda. Pembimbing menjadi merasa senang karena dihormati. Kemudian, ikatan hati di antara pembimbing dan kalian menjadi terasa lebih dekat.

Hal itu akan berpengaruh ketika kalian proses bimbingan nanti. Pasti akan lebih dimudahkan.

Dan jangan lupa untuk senyum. Selain senyum itu adalah suatu ibadah, tersenyum juga memberikan kehangatan dan kedamaian dalam suatu hubungan. Hubungan yang dimaksud ya antara pembimbing dan yang dibimbing. Bukan hubungan yang lain.

Tips dan trik yang keempat adalah persiapkan bahan skripsi atau proposal penelitian kalian, mulai dari materi sampai metode analisis. Pelajari betul dan siapkan beberapa pertanyaan yang masih membuatmu bingung terkait skripsi. Dengan begitu, kalian lebih siap mental.

Tips dan trik yang kelima adalah ketika proses bimbingan berlangsung kalian jangan membantah setiap masukan dari beliau. Misalnya pembimbing mengatakan B, lebih baik kalian terima saja karena setiap masukan dari beliau pasti bermanfaat.

Kalau sekiranya kalian mempunyai argumen, sampaikan argumen itu dengan cara tidak memaksakan argumen bisa diterima dan menganggap paling benar.

Sebisa mungkin kalian bisa berdiskusi dengan baik. Hindari eyel-eyelan atau istilah dalam bahasa Indonesianya beradu argumen sampai taraf yang berlebihan hingga membuat pembimbing sebal dan sebagainya. Nah, hindari hal yang seperti itu.

Jadi, terima saja masukan dari pembimbing dan berdiskusilah dengan baik.

Tips dan trik yang keenam adalah kalau pembimbing kalian super sibuk, rajin-rajinlah menanyakan kabar kelanjutan proposal penelitian atau skripsimu.

Misalnya pembimbing kalian belum ada waktu sampai sekian lama menunggu, tetap berusaha menghubungi beliau untuk kepastian kapan bisa bimbingan. Setidaknya seminggu sekali kalian harus bimbingan supaya cepat selesai.

Tips dan trik menghadapi bimbingan skripsi yang terakhir adalah berdoalah kepada Tuhan supaya diberi kelancaran dalam proses bimbingan hingga sampai ujian dan mendapatkan nilai sesuai harapan. Yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan kemudahan.

Itulah tips dan trik sederhana dari saya yang bisa sedikit membantu kalian untuk lebih siap menghadapi bimbingan skripsi. Semoga tips dan trik mengahadapi bimbingan skripsi ini bisa kalian terapkan.

Sumber gambar: life.idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tips dan Trik: Sahabat kalian berubah? Apa yang bisa kalian lakukan?

Tips dan Trik: Sahabat kalian berubah? Apa yang bisa kalian lakukan?

Kenangan One Direction yang Terasa dalam Lagu Solo Ex-Personilnya

Kenangan One Direction yang Terasa dalam Lagu Solo Ex-Personilnya