Tips dan Trik Mengatur Keuangan Agar Kantong Tidak Jebol
Sumber gambar: www.finansialku.com/5-cara-menghemat-uang/
in

Tips dan Trik Mengatur Keuangan Agar Kantong Tidak Jebol

UGET UGETSedikit-sedikit gesek kartu kredit, sedikit-sedikit ambil uang ATM, sedikit-sedikit buka dompet. Kalau kamu tidak dapat memanfaatkan uang dengan baik, uangmu akan cepat habis lho. Kamu wajib membutuhkan tips dan trik mengatur keuangan agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan.

Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan untuk mencukupi hidup. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Misalnya untuk membeli barang-barang tertentu, pastinya setiap orang membutuhkan uang. Jika seseorang tidak dapat memanfaatkan uang dengan baik, pastinya uang akan cepat habis. Untuk itu diperlukan kemampuan dalam mengatur finansial.

Di era yang serba canggih ini, orang dapat dengan mudah berbelanja. Tidak perlu repot-repot bawa uang cash, cukup bawa kartu kredit saja bisa belanja sepuasnya. Namun jangan senang dulu. Kalau tidak dapat mengatur keuangan dengan baik, pengeluaranmu akan membengkak lho.

Sah-sah saja ketika kamu sudah dapat mencari uang sendiri dan menggunakannya sesuai dengan keinginanmu. Tetapi kamu harus ingat bahwa hidup foya-foya selamanya itu juga tidak baik lho. Ada kalanya Tuhan memberikanmu posisi di bawah.

Begitu pula untukmu, khususnya mahasiswa yang masih minta uang orang tua. Kamu harus mampu mengatur uang jajan dari orang tuamu. Bagaimana caranya agar cukup untuk sebulan. Jangan malah membuang uang dari orang tuamu dengan sesuatu yang sia-sia. Cari uang itu juga tidak mudah lho.

Belajar hemat tidak ada salahnya. Sekarang adalah saatnya mengatur keuangan agar kantongmu tidak jebol. Bagaimana tips dan trik yang dapat kamu lakukan?

Pertama, buatlah daftar kebutuhanmu setiap bulan.

Barang-barang yang kamu butuhkan selama satu bulan wajib kamu catat. Apa yang harus segera kamu beli dan mana yang bisa ditunda?

Dengan adanya daftar kebutuhanmu selama sebulan, perlahan kamu dapat mengatur keuanganmu. Ya, kamu hanya membeli barang yang kamu butuhkan selama satu bulan tersebut.

Kedua, tidak perlu jajan. Kamu cukup membawa bekal makanan dari rumah.

Untuk menghemat pengeluaranmu, lebih baik uang jajanmu yang biasa kamu gunakan untuk jajan di kantin kampus ditabung aja. Mulai sekarang coba untuk membawa bekal makanan dari rumah. Cukup menghemat lho.

Ketiga, cari barang diskon ketika membeli barang.

Langkah nomor tiga ini ada hubungannya dengan nomor satu. Misalnya ketika kamu membeli barang-barang kebutuhanmu, kamu bisa lho mencari harga diskon.

Ketika kamu mau membeli sabun mandi, parfum, dan lain-lain, jika ada diskon sikat aja deh. Lumayan bisa menghemat pengeluaranmu kok.

Keempat, membeli barang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Pasti kamu pernah merasakan membeli suatu barang yang kamu inginkan, tapi ternyata tidak kamu butuhkan? Pernah kan? Kalau jarang-jarang sih nggak papa ya. Tapi kalau sudah menjadi kebiasaan? Wah kamu perlu berubah.

Barang-barang yang dipajang di toko pastinya menarik. Rasanya ingin membeli. Namun kamu perlu berpikir, barang tersebut harus kamu beli nggak sih? Apakah kamu butuh banget dengan barang tersebut?

Jika dirasa kamu tidak terlalu butuh, lebih baik tidak perlu beli. Kamu boleh saja membeli barang yang kamu inginkan, tapi jangan sering-sering ya. Utamakan kebutuhan, bukan keinginan.

Kelima, sisihkan sebagian uangmu dalam tabungan.

Ketika semua kebutuhanmu telah terpenuhi, jangan lupa sisihkan uangmu untuk ditabung. Hal ini penting untuk jangka panjang lho.

Bisa jadi bulan depan kamu ada kebutuhan tidak terduga yang membutuhkan banyak uang. Nah pastinya uang tabunganmu ini sangat membantu. Yang penting tabunganmu diambil dalam waktu yang tepat ya, jangan sedikit-sedikit diambil. Habis dong nanti tabungannya.

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantumu untuk mengatur keuangan ya. Hidup hemat dimulai dari sekarang.

Sumber gambar: www.finansialku.com

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pola Asuh Pendidikan Karakter Orang Tua Berpengaruh Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Pola Asuh Pendidikan Karakter Orang Tua Berpengaruh Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Satu Kata Buat Pacar Yang Memiliki Hobi Sama Menyenangkan

Satu Kata Buat Pacar Yang Memiliki Hobi Sama: Menyenangkan