Tips dan Trik Mendaki Gunung Untuk Pendaki Pemula

Tips dan Trik Mendaki Gunung Untuk Pendaki Pemula

UGET UGETMendaki gunung adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan alam. Namun hal ini juga butuh tips dan trik, khususnya untuk kamu pendaki pemula.

Kemarin Minggu (19/11), saya dan rombongan teman-teman memantapkan hati untuk mendaki gunung. Hal ini merupakan pengalaman pertama kami. Untuk itu kami mencoba untuk mendaki gunung yang katanya sih masih aman untuk pemula, karena treknya tidak terlalu sulit.

Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi tujuan kami. Gunung yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini memiliki pemandangan yang sungguh indah.

Kami berniat untuk mencari sunrise, maka dari itu kami berangkat pagi setelah subuh. Namun saat itu cuaca tidak bersahabat. Tiba-tiba hujan deras mengguyur Jogja dan perjalanan kami dilalui bersama rintik air hujan.

Ketika matahari sudah nampak, kami belum sampai ke gunung. Memang sih gagal mencari sunrise di gunung, namun perjalanan kami tetap menyenangkan dan tidak akan pernah kami lupakan.

Mendaki gunung itu sangat menyenangkan lho. Bisa untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Karena alam memberikan pemandangan yang sungguh indah.

Untuk kamu yang belum pernah naik gunung, apa kamu nggak pengen? Nah untukmu yang ingin mendaki gunung, yuk simak tips dan trik berikut.

Pertama, siapkan fisik dan mental.

Ketika kamu akan mendaki gunung, fisikmu harus dalam keadaan fit karena perjalanan ke gunung itu memang melelahkan. Mental pun juga harus kamu siapkan. Harus ada keberanian untuk mendaki gunung. Kalau belum berani jangan dipaksa ya.

Kedua, siapkan perlengkapan pribadimu.

Hal ini juga sangat penting. Kamu jangan berpangku tangan dengan temanmu.

Siapkan jaket, sepatu, sarung tangan, dan syal jika kamu tidak kuat dengan suhu dingin. Jangan lupa bawa obat pribadi juga, karena yang tahu kondisi tubuhmu hanya kamu.

Ketiga, bawa air minum dan cemilan.

Ketika kamu sedang istirahat saat perjalanan mendaki, jangan lupa untuk mengisi perut. Jangan sampai kelaparan. Perutmu jangan sampai kosong ya.

Air minum juga wajib dibawa. Karena setiap perjalanan mendaki gunung pasti mengeluarkan banyak energi. Namun, jangan membuang sampah di area gunung ya. Simpan sampahmu di tas dulu. Yuk sayangi lingkungan alam.

Keempat, tak usah malu kalau kamu benar-benar lelah.

Kamu tak perlu malu untuk mengatakan kepada teman-temanmu bahwa kamu sangat kelelahan. Harus dibutuhkan sikap jujur lho.

Katakan saja kalau kamu lelah, nantinya biar bisa istirahat bareng dan mendaki bareng. Mendaki gunung itu bukan cepet-cepetan untuk sampai ke puncak, yang terpenting adalah bagaimana proses kalian melalui perjalanan tersebut.

Kelima, jangan lupa berdoa dan pemanasan sebelum mendaki gunung.

Gunung itu tempat yang sakral, karena konon katanya banyak kejadian-kejadian mistis. Untuk itu kamu bersama rombongan wajib berdoa dulu agar diberi keselamatan selama perjalanan hingga turun gunung.

Pemanasan juga penting lho, agar tubuhmu tidak kaku dan kaget ketika tiba-tiba melakukan kegiatan fisik yang cukup menguras tenaga tersebut.

Keenam, jaga perkataan dan perbuatan selama di gunung.

Karena gunung adalah tempat yang sakral, kamu wajib mematuhi hal ini. Jaga perkataanmu dan perbuatanmu ya. Bicaralah yang baik-baik dan berbuatlah yang baik-baik.

Ketujuh, jangan pisah dari rombongan.

Setiap perjalanan ke gunung wajib dilalui bersama. Jangan sampai terpisah dari rombongan. Jadi, diperlukan kerja sama antar teman. Saling membantu kalau ada trek yang kira-kira sulit. Yang terpenting jangan memisahkan diri dari rombongan ya.

Apa kamu sudah siap mendaki gunung? Jangan lupa aplikasikan tips dan trik di atas ya!

Sumber gambar: asepsandro.blogspot.co.id

3

No Responses

Show all responses

Write a response