Tips dan Trik Cara Memutus Siklus Anak Nakal, Apa bisa?
Sumber gambar: www.maudisini.com
in

Tips dan Trik Cara Memutus Siklus Anak Nakal, Apa bisa?

UGET UGET – Pernahkah kalian mendengar bagaimana cara memutus siklus anak nakal? Karena sering diketahui orang tua mengatakan “Anaknya nakal, suka kluyuran tiap malam, tobat” setiap kali sang anak berperilaku buruk. Lalu bagaimana cara supaya anak tidak nakal?

Sebelum menjawab itu, pada umumnya sudah diketahui bahwa setiap orang tua pasti menginginkan mempunyai anak yang baik, taat, hormat, dan sopan. Ditambah pintar. Tentu jadi sebuah dambaan.

Lalu, bagaimana dengan nasib anak yang terlahir nakal? Bagaimana pula cara memutus siklus anak nakal?

Sebenarnya perlu diketahui terlebih dahulu setiap anak yang lahir tidak akan terlahir sebagai anak yang nakal. Artinya, semua anak manusia terlahir suci. Bersih dari segala dosa.

Tinggal bagaimana kesucian sang anak dipertahankan supaya menjadi anak yang baik. Di sinilah peran orang tua sangat penting.

Orang tua adalah tempat pendidikan yang utama dan pertama. Tidak ada tempat yang baik untuk mengajarkan ilmu selain orang tua.

Di sinilah sang anak pertama kali mengenal kehidupan. Kemudian, mempelajari bagaimana caranya hidup. Dimulai ketika masih bayi berusaha mencari asi ibunya hingga kelak sudah dewasa bisa memberikan susu kepada orang tuanya.

Orang tua berperan untuk membimbing dan mendidik anak. Bagaimana cara mendidiknya dengan tepat? Dengan dibekali ilmu agama serta ilmu yang lain yang bisa didapat dari sekolah atau tempat-tempat lain.

Lalu, bagaimana jika orang tua sudah mendidik anaknya, tetapi anak justru menjadi anak yang nakal? Nah ini banyak faktor penyebabnya. Bisa dari lingkungan maupun keluarga. Cara mendidik orang tua kepada anak inilah yang perlu diperhatikan. Ketika anak nakal, orang tua harus ridho. Karena ridho Tuhan ada pada ridho orang tua.

Ketika orang tua ridho, Tuhan pun akan ridho. Kemudian, keluarga menjadi berkah dan bahagia, sehingga sang anak menjadi anak yang baik.

Apakah bisa orang tua ridho kepada anaknya yang nakal? Pasti berat. Ya, tentu berat, tetapi di situlah letak kemuliaan yang tinggi.

Bagaimana cara orang tua bisa ridho kepada anaknya yang nakal dan bagaimana cara memutus siklus anak nakal? Caranya adalah ketika anak berbuat salah orang tua menemui anaknya, memaafkan, dan melupakan kesalahan sang anak.

Jadi, terimalah perilaku sang anak. Maafkanlah. Ajaklah diskusi dengan diberi nasihat yang tidak terkesan menggurui. Rangkulah sepenuh hati dan lupakan segala kesalahannya.

Jangan pernah orang tua mencatat atau mengingat-ingat setiap perilaku buruk anak. Tapi, catatlah setiap perilaku baiknya dan pujilah. Itulah cara memutus siklus anak nakal.

Seperti kata-kata yang pernah saya baca bahwa tidak ada anak yang nakal, yang ada hanyalah orang tua yang tak sabar dan tidak ada anak yang nakal, yang ada hanyalah pendidik yang terburu melihat hasil.

Sumber gambar: www.maudisini.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pemain Sepak Bola yang Harus Rela Layu Sebelum Berkembang

Pemain Sepak Bola yang Harus Rela Layu Sebelum Berkembang

Foto Lucu dan Unik Kiriman Warganet yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Foto Lucu dan Unik Kiriman Warganet yang Bikin Geleng-Geleng Kepala