tips bersepeda
Sumber gambar: kompasiana.com
in

Tips Bersepeda di Kota dan Pedesaan

UGET UGET – Bersepeda itu beda dengan naik motor. Agar kamu bisa menikmati kegiatan bersepeda maka kamu harus mengetahui fakta itu. Sepeda itu tidak lebih cepat dibandingkan motor. Karena saat bersepeda saya seringkali menemui pengguna sepeda yang terlalu kemrungsung berbalapan dengan motor. Padahal jelas jika sepeda harus balapan dengan motor tentu saja agar memenangkan pertandingan tersebut sepeda harus dinaikkan di atas truk. Maksudnya tetap saja sepeda akan kalah.

Yang ingin saya tekankan bersepeda adalah menikmati setiap kayuhan bukan adu cepat dengan pengendara lainnya. Kalau kita menggunakan sepeda entah itu saat berolahraga atau pergi ke tempat kerja dengan tergesa-gesa, kita akan cepat merasa capek. Yang membuat capek pertama adalah rasa kemrungsung karena di sekitar kita sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Yang kedua adalah pengin segera sampai ke tempat tujuan. Akhirnya kita terpaksa memacu sepeda melebihi kekuatan kaki kita mengayuh.

Baca juga : Harga sepeda polygon untuk pesepeda pemula

Pada dasarnya filosofi bersepeda itu adalah kesabaran dan ketenangan. Meskipun jalanan padat dengan lalu lintas dan terik matahari yang panas, dengan bersepeda kita melatih untuk bersabar dan terus maju. Hilangkan perasaan ingin bersaing dengan sepeda motor, karena pasti kalah. Kecuali kamu bersaing dengan sepeda motor di jalanan yang super padat, seperti di Jakarta. Jelas kamu bisa nyalip-nyalip di antara para pengemudi sepeda motor. Itulah keuntungan pesepeda bike to work.

tips bersepeda

Apa benar waktu tempuh sepeda kalah dibandingkan motor?

Saya mencoba pergi ke tempat kerja dengan menggunakan sepeda motor dan sepeda kayuh. Dengan jarak yang sama dari rumah sampai ke kantor. Rute perjalanan juga sama, tidak ada jalan pintas. Hasilnya mengejutkan, waktu yang dibutuhkan adalah sama. Saya sendiri juga heran kenapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat kerja dengan sepeda dan sepeda motor sama.

Setelah saya teliti sekali lagi, ternyata dengan menggunakan sepeda kita bisa menghemat banyak waktu dengan cara menyalip pengendara sepeda motor. Apalagi jika banyak traffic light, sepeda motor pasti kalah. Meskipun sebenarnya tidak boleh melanggar traffic light dengan menggunakan sepeda, tetapi ada polisi yang melihat dan membiarkannya. Memang karena tidak ada aturan yang mengaturnya.

Saya sarankan tidak melanggar traffic light, kalau pun harus melanggar pastikan kamu dalam posisi aman.

Kemudian yang tidak boleh dilupakan dalam tips bersepeda adalah harus selalu menggunakan helm sepeda. Peralatan ini sungguh penting sekali bagi pesepeda. Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di jalan. Saya pernah kejatuhan blarak atau ranting pohon kelapa.

Waktu itu saya sedang bersepeda di pedesaan dan tiba-tiba ada blarak yang jatuh tepat di atas kepala. Pertolongan dari Allah, saya bisa menghindar secara reflek dan pada saat itu juga ada tiupan angin yang membuat blarak itu sedikit menjauh dari kepala. Pada saat itu saya tidak menggunakan helm. Saya beruntung, karena kalau tidak kemungkinan saya harus dirawat di rumah sakit.

Kalau kamu, apakah sudah siap untuk menjalani kehidupan bersepeda?

Sumber gambar: kompasiana.com

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Sabar dan Masalah Hidup

Sabar dan Masalah Hidup

DE MATA TRICK EYE MUSEUM

DE MATA TRICK EYE MUSEUM