Tips Asik Mama Menjaga Kebahagiannya!
Sumber gambar: Instagram
in

Tips Asik Mama Menjaga Kebahagiannya!

UGETUGET | Setiap hari mama sibuk mengurus anak-anak, berharap agar mereka tumbuh baik dan bahagia. Hal ini membuat para mama kadang merasa kehabisan waktu untuk memikirkan diri sendiri, sampai akhirnya hanya lelah dan penat.

Maka, inilah beberapa tips asik mama agar lebih bahagia:

Buat Satu Hari Tanpa Kerja Setiap Minggu

Mama bisa berdiskusi dengan papa untuk menentukan satu hari khusus tanpa kerja. Misalnya setiap hari Minggu, pastikan hari itu bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Mama bisa mengajak seluruh keluarga untuk jalan-jalan di taman, atau hanya sekedar bersantai sambil menonton film di rumah. Mama juga membuat perjanjian dengan papa dan anak-anak bahwa hari itu adalah hari tanpa handphone dan internet, agar kegiatan hari itu lebih intim dan berkualitas.

Berbagi Hobi dengan Anak-anak

Memikirkan dan membantu kegiatan anak-anak setiap hari terkadang membuat mama melupakan hobinya. Padahal mama bisa melakukan kegiatan yang disukai bersama anak-anak, misalnya melukis atau beryanyi bersama.

bahagia bersama anak
Sumber gambar: Instagram

Berbagi Tugas

Mama bukanlah robot super yang dapat melakukan semuanya sendiri. Tidak perlu malu atau sungkan untuk berbagi tugas dengan papa dan anak-anak. Mama bisa memberikan tugas menyapu pada papa, mencuci piring pada kakak, atau lakukan bersama-sama.

Mama bisa membuat sesi bersih-bersih bersama setiap hari. Tidak perlu lama, kumpulkan seluruh keluarga, atur timer selama sepuluh menit, nyalakan musik dan mulaikan melakukan bersih-bersih bersama. Mama akan kaget berapa banyak hal bisa dilakukan bersama-sama.

Hubungi Teman

Ketika rasa frustrasi atau emosi lain meninggi pada seorang mama, seorang teman wanita dapat memberikan tempat yang aman baginya untuk melampiaskan.

Kunci untuk kewarasan dan kebahagiaan seorang mama adalah memiliki saluran keluar untuk emosi yang intens.

Jika mama merasa tidak punya waktu untuk berkumpul dengan teman, cobalah dengan cara multitasking. Berolahraga bersama teman, ajak anak-anak bermain ke rumah teman, atau ajak teman untuk makan bersama di rumah.

hubungi teman agar bahagia
Sumber gambar: iyakan.com

Sisihkan Waktu Sendiri

Kesendirian adalah kebutuhan untuk kesehatan mental. Kesendirian memungkinkan mama untuk menenangkan ‘kebisingan’ dalam hidup, sehingga mama dapat menyegarkan diri dan mendengar diri sendiri.

Ini memungkinkan sistem saraf mama untuk memperlambat dan menjadi lebih tenang sehingga mama dapat mengisi ulang energi baik secara mental, fisik dan emosional.

Mama bisa berjalan-jalan sendiri, menulis buku harian, atau membaca buku. Ini akan sangat membantu mama untuk tetap bahagia.

Jadilah Diri Sendiri

Banyak stres terjadi karena mama mencoba memenuhi standar yang mustahil. Banyak mama yang merasa tidak cukup baik karena membandingkan diri dengan mama-mama yang lain. Hal ini sangat merusak, tidak ada perlunya melakukan ini.

Lakukan versi terbaik, asuhlah anak mama sebaik mungkin tanpa membandingkan dan bersaing dengan mama yang lain. Ketika mama menggunakan kekuatan mama sebagai orang tua, pasti akan lebih menyenangkan dan lebih bahagia.

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Beda, Begini Cara Para Seleb Merayakan Natal & Tahun Baru!

Beda, Begini Cara Para Seleb Merayakan Natal & Tahun Baru!

Alat Mengubah Sampah Jadi Kompos, Ajaib Nih

Alat Mengubah Sampah Jadi Kompos, Ajaib Nih