Tips Aman Belanja Online Manfaatkan Situs cekrekening.id
Sumber gambar: obengplus.com
in

Tips Aman Belanja Online: Manfaatkan Situs cekrekening.id

UGET-UGET | Sering belanja online? Pas banget. Ada tips aman belanja online nih. Salah satunya dengan memanfaatkan situs cekrekening.id. Apa tuh? Sudah tahu belum gaes? Apa justru malah sudah sering menggunakannya?

Jadi begini, untuk mengurangi penipuan dalam transaksi penjualan online, Kementrian Komunikasi dan Informatika tahun 2017 lalu membuat sebuah situs bernama cekrekening.id. Situs ini bisa digunakan oleh para konsumen untuk mengecek rekening bank penjual online sebelum mentransfer uang.

Tips Aman Belanja Online Manfaatkan Situs cekrekening.id
Sumber gambar: obengplus.com

Di situs ini kita dapat mengetahui apakah rekening penjual tersebut pernah dilaporkan karena terindikasi tindak pidana penipuan atau belum. Laporannya dapat kita lihat dalam situs tersebut juga gaes.

Caranya, masukkan saja nama bank penjual dan nomor rekeningnya. Lalu klik  “periksa rekening”. Jika nomor ini belum pernah dilaporkan atas kasus penipuan, maka akan terdapat tulisan “NOMOR REKENING INI BELUM PERNAH DILAPORKAN TERKAIT TINDAK PIDANA APAPUN”.

Hal ini sedikit dapat membuat kita lega, karena penjual tersebut belum pernah dilaporkan atas tindak pidana apapun. Akan tetapi bukan berarti rekening tersebut terjamin aman seratus persen ya. Kita harus selalu berhati-hati dan waspada.

Manfaat Cekrekening.id

Setidaknya situs ini banyak membantu, karena bagi rekening yang sudah pernah melakukan penipuan akan terlihat di sana, berikut dengan riwayat pelapornya. Jadi kita bisa tahu kasusnya dan menghentikan kegiatan transaksi kita sebelum kita jadi korbannya juga.

Selain itu, jika kita pernah mengalami tindak pidana penipuan atau apapun yang melibatkan transaksi digital, kita juga bisa melaporkan pemilik rekening tersebut di situs ini. Hitung-hitung membantu orang lain agar tidak ikut terjerumus seperti kita ya gaes.

Rekening yang bisa kita laporan adalah yang melakukan penipuan, investasi palsu, narkotika dan obat terlarang, terorisme, dan berbagai kejahatan lainnya. Tentu saja untuk kejahatan yang melibatkan transaksi digital seperti sudah disebutkan di atas.

Itu tadi salah satu tips aman belanja online. Kita pasti sudah sering membaca tips-tips lainnya bukan? Yang terpenting adalah selalu waspada karena kejahatan memang ada di mana-mana. Kehati-hatian kitalah yang akan melindungi diri kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Viral! Video Kucing Memeluk HP Karena Kangen dengan Majikannya

Viral! Video Kucing Memeluk HP Karena Kangen dengan Majikannya

Berharganya Trofi Liga Champions Bagi Presiden Baru AC Milan

Berharganya Trofi Liga Champions Bagi Presiden Baru AC Milan