Tipe-tipe Fans Sepak Bola di Indonesia (Part II)1
Sumber gambar: bola.net
in

Tipe-tipe Fans Sepak Bola di Indonesia (Part II)

UGET-UGET | Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas tiga tipe fans sepak bola di Indonesia. Tiga tipe tersebut adalah fans kritis tapi kalem, fans sok kritis dan suka analasis, serta fans tukang kritik. Nah, artikel ini akan kembali melanjutkan pembahasan tentang tipe-tipe lain yang belum sempat dibahas kemarin.

Fans yang suka berdeklarasi setia.

Lain dengan mereka yang suka mengkritik tajam, tipe fans yang satu ini bisa lebih legowo dan lebih sabar. Tipe ini bisa dibilang setia dan menerima bagaimanapun keadaan klub kesayangannya. Mereka menjunjung tinggi kesetiaan itu, meskipun sebenarnya tipe-tipe lain juga begitu.

Bedanya, mereka tak lupa untuk mendeklarasikan kesetiaannya itu. Tidak seperti si kalem yang juga setia tapi memilih untuk diam saja. Tidak seperti fans tukang kritik yang biarpun setia tapi juga mau menghina.

Fans yang suka berdeklarasi setia ini sangat membanggakan kesetiaannya. Ya terkadang ikut menyerang para tukang kritik juga atas nama kesetiaannya itu. Sah-sah saja sih sebenarnya. Kesetiaan kan memang layak untuk dibanggakan, hanya saja deklarasinya jangan sampai kelewat batas ya. Malah kesannya dibuat-buat dan tidak alami dari hati.

Tipe-tipe Fans Sepak Bola di Indonesia (Part II)
Sumber gambar: kompas.com

Fans Masa Bodoh.

Fans yang ini tidak mau ambil pusing soal tim kebanggaannya. Tidak mau ikut ribet memikirkan masalah yang terjadi. Baca berita, tahu, sudah cukup. Positive thinking saja ya. Mereka mungkin punya urusan lain yang lebih penting untuk dipikirkan.

Jadi fans bola untuk senang-senang saja. Kenapa harus dibikin pusing untuk ikut memikirkan masalah manajemen. Lagi pula kita ikut mikir berat dan menyampaikan pendapat juga belum tentu didengar oleh mereka nan jauh di sana. Ya, kira-kira seperti itu pemikiran mereka yang enggan berpusing-pusing ria.

Tipe-tipe Fans Sepak Bola di Indonesia (Part II)1
Sumber gambar: bola.net

Fans yang wajar-wajar saja.

Kalau sebelum-sebelumnya banyak tipe-tipe fans sepak bola yang unik, yang terakhir ini ada tipe fans yang wajar-wajar saja. Mereka suka, cinta, dan setia kepada tim kebanggaan. Mereka juga bisa kritis, kadang juga marah, pernah juga masa bodoh, tapi tahu tepat porsinya. Nggak kelewat batas lah pokoknya.

Sebenarnya fans seperti ini nih yang baik. Cuma kadang kalau semua fans sepak bola seperti ini, jadi nggak asyik dong. Lempeng-lempeng saja nantinya. Nggak seru. Itu kenapa tipe-tipe sebelumnya tadi suka bikin asyik. Meskipun terkadang bikin jengkel juga sih.

Bukan masalah. Karena sekali lagi, setiap fans sepak bola hadir dengan warnanya sendiri untuk semakin meramaikan dunia sepak bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengapa Mereka Tidak Suka Sayuran dan Buah-buahan1

Mengapa Mereka Tidak Suka Sayuran dan Buah-buahan?

Hal yang Mungkin Kamu Rasakan Saat Hari Pertama Kerja

Hal yang Mungkin Kamu Rasakan Saat Hari Pertama Kerja