TIFF 2018: Saat Bunga Menghiasi Seluruh Kota
Sumber gambar: Kinciakinciacom
in

TIFF 2018: Saat Bunga Menghiasi Seluruh Kota

UGET-UGET | Pulau Sulawesi memang terkenal akan keindahan alamnya. Seakan-akan surga diturunkan oleh Tuhan ke Pulau ini, kita sebagai wisatawan akan selalu menemukan keindahan di setiap sudut. Dari sekian banyak keindahan yang menyebar pulau ini, Kota Tomohon memiliki satu acara akbar yang banyak menyita perhatian masyarakat dunia. Acara itu disebut dengan Tomohon International Flower Festival (TIFF).

TIFF 2018: Saat Bunga Menghiasi Seluruh Kota
Sumber gambar: KRJogja

Tentang TIFF

Diselenggarakan sejak tahun 2008, awalnya acara ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dua tahun sekali di kota yang termasuk dalam wilayah Provinsi Sulawesi Utara ini. Namun, sejak 2015 lalu, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata menjadikan TIFF sebagai event tahunan.

Percepepatan penyelenggaran terbukti berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan di kota yang beriklim sejuk ini. Dilansir dari Kumparan.com, pada tahun 2016 TIFF mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak 26.441 ribu. Tahun 2017 wisatawan mancanegara mengalami peningkatan sebanyak 339 persen, dengan angka mencapai 89.736.

Sedang untuk wisatawan lokal dan dari pulau lain, TIFF tahun 2016 berhasil menarik 244.563 ribu wisatawan. Dan pada tahun 2017 juga mengalami peningkatan sebesar 186 persen dengan angka 455.679 ribu wisatawan.

TIFF 2018: Saat Bunga Menghiasi Seluruh Kota
Sumber gambar: Kinciakinciacom

Hal ini mengisyaratkan akan daya tarik TIFF sebagai event tahunan yang unik dan hanya diselenggarakan di kota Tomohon berhasil menjadi magnet kuat bagi wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nasional.

Oleh karena itu, wajar jika pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menargetkan sebanyak 90 ribu wisatawan mancanegara dan 500 ribu wisatawan nasional akan hadir dalam acara ini.

TIFF 2018  “Beautiful Tomohon”

Menurut rencana, TIFF 2018 akan dilangsungkan pada 7 hingga 10 Agustus mendatang. Mengambil tema “Beautiful Tomohon” dengan sub tema “Sing with Flowers”, acara ini akan dihadiri oleh perwakilan dari beberapa negara, seperti: Republik Ceko, Taiwan, China dan Jepang.

Ketua Panitia TIFF 2018, Coreta Louise Kapoyos, juga mengatakan bahwa raja dan ratu dari Georgia akan menghadiri acara tersebut. Kehadiran mereka terkait kunjungan liburan ke Bali. Namun, oleh panitia TIFF, rencananya mereka akan diarahkan menuju Tomohon terlebih dulu, agar mereka bisa menikmati keindahan TIFF tahun ini.

TIFF 2018: Saat Bunga Menghiasi Seluruh Kota
Sumber gambar: Sportourism

Selama acara digelar, TIFF akan menyuguhkan berbagai macam rangkaian acara menarik. Di antaranya adalah Tournament of Flowers dan Flower Fashion Carnaval yang rencananya akan diselenggarakan di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2018.

Berjalan sejauh 10 km, peserta parade akan menampilkan keindahan dari kreasi mereka atas perpaduan bunga dan fashion yang melambangkan keindahan kota dan bunga-bunga yang tumbuh di kota Tomohon.

Selain itu, masih ada pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo serta Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara.

Akses dan Akomodasi

Akses menuju Tomohon terhitung mudah. Hanya berjarak 25 km dari Manado, Anda bisa menggunakan kendaraan sendiri. Jika Anda berasal dari luar Pulau, bisa menggunakan penerbangan dan turun di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, kemudian dilanjutkan perjalanan darat menuju Tamohon.

Sesampainya di Tomohon, Anda tidak perlu khawatir jika tidak mendapatkan penginapan. Ada banyak hotel dan penginapan di kota ini, dengan jenis dan harga bervariasi. Pun jika Anda kehabisan, cukup cari penginapan di sekitar Manado saja, mengingat jaraknya yang tak terlalu jauh dari kota ini.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pelecehan Seksual Kembali Terjadi, Wanita Wajib Waspada

Pelecehan Seksual Kembali Terjadi, Wanita Wajib Waspada

Drama Descendants of the Sun Versi Vietnam Dikabarkan Akan Tayang Tahun Ini

Drama Descendants of the Sun Versi Vietnam: Dikabarkan Akan Tayang Tahun Ini