Tidak Perlu Mengirim Kata-Kata Maaf Yang Panjang, Yang Penting Niatnya
Sumber gambar: kaltim.tribunnews.com
in

Tidak Perlu Mengirim Kata-Kata Maaf Yang Panjang, Yang Penting Niatnya

UGETUGETSaat lebaran datang, pasti banyak orang yang mulai menulis kata-kata maaf di media sosialnya. Bahkan kamu pun pasti juga akan menerima pesan dari teman-temanmu yang bernada meminta maaf.

Sudah menjadi hal umum dan hal lumrah apabila kata-kata maaf mulai banyak ditulis di media sosial atau dikirim melalui pesan. Memang budaya kita seperti itu. Ketika lebaran datang adalah waktunya untuk bermaaf-maafan dan silaturahmi.

Kita pun sudah hidup di zaman yang enak. Tidak perlu memakai surat, ketika kita tidak bisa bertemu dengan sanak saudara, kita bisa mengirimkan kata-kata maaf serta ucapan hari lebaran melalui sms atau chat.

Namun ada yang unik dari kata-kata maaf edisi lebaran. Pasti ada saja yang unik. Misalnya kalimatnya yang panjang, penggunaan pantun, menggunakan bahasa asing, dan lainnya.

Dari berbagai jenis bentuk pesan tersebut, sebenarnya intinya sama sih. Ingin minta maaf atas segala kesalahan dan perbuatan, baik yang disengaja maupun tidak.

Namun mengapa harus mengirimkan ucapan yang begitu panjang? Mengapa tidak langsung mengucapkan kata maaf serta ucapan hari lebaran? Mungkin buat basa-basi dulu ya?

Menurut saya sah-sah saja sih kalau mau mengirimkan pesan panjang kepada teman-teman. Yang penting niatnya itu, lho. Niatmu harus benar-benar tulus untuk minta maaf.

Sebenarnya kamu juga tidak perlu mengirimkan pesan yang begitu panjang, kamu dapat langsung mengirimkan pesan “Selamat hari lebaran! Mohon maaf lahir batin ya!”.

Tidak Perlu Mengirim Kata-Kata Maaf Yang Panjang, Yang Penting Niatnya
Sumber gambar: kaltim.tribunnews.com

Menurut saya seperti itu pun juga sudah cukup. Daripada kita hanya copas kata-kata maaf tersebut dan langsung dikirimkan ke teman.

Kalau itu kata-kata yang kamu buat sendiri sih juga nggak papa, justru malah bagus daripada hanya copas dari pesan sebelumnya atau mencontek dari internet.

Ingat, yang penting niatmu tulus untuk meminta maaf  ya. Jangan terpaku dengan kalimat yang panjang.

Selain itu jika rasanya kamu tidak memiliki salah dengan orang lain, tetap kirimkan ucapan maaf ya. Karena sebenarnya tidak ada yang tahu apakah ada orang lain yang pernah sakit hati terhadap kita atau tidak. Mungkin bagi kita sendiri kita tidak berbuat salah, tapi berbeda dengan penilaian orang lain terhadap kita. Jadi, jangan bosan minta maaf dan mengucapkan hari lebaran kepada teman-temanmu ya!

Selamat hari raya idul fitri semuanya. Mohon maaf atas kesalahan saya. Apabila ada tulisan yang kurang berkenan di hati, mohon dimaafkan ya. Selamat lebaran 2018 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pria Mengobrak-Abrik Lapak Jasa Penukaran Uang, Videonya Viral

Pria Mengobrak-Abrik Lapak Jasa Penukaran Uang, Videonya Viral

Salut! 6 Profesi Ini Tetap Bekerja Ketika Libur Lebaran

Salut! 6 Profesi Ini Tetap Bekerja Ketika Libur Lebaran