Terkuak! Peneliti Inggris Ini Berhasil Menemukan Siapa Pembuat Keajaiban Dunia Stonehange
Sumber gambar: www.ancient-origins.net
in

Terkuak! Peneliti Inggris Ini Berhasil Menemukan Siapa Pembuat Keajaiban Dunia Stonehange

UGET-UGET | Salah satu misteri alam semesta yang membingungkan publik dan ilmuwan hingga saat ini adalah Stonehange. Salah satu keajaiban dunia peninggalan Zaman Neolitikum yang terletak di Inggris ini sudah mendatangkan peneliti dari berbagai penjuru dunia.

Sayangnya, mereka tidak mampu mengungkap siapa atau bagaimana bangunan ini dibangun. Terlebih untuk pertanyaan ‘siapa yang membangun’, sangat sedikit dari peneliti yang berkenan mengemukakan jawabannya. Hingga beberapa hari lalu, jawaban tentang pernyataan itu terkuak.

Kelompok peneliti ini dipimpin oleh Christophe Snoeck dari Oxford dan rekan-rekannya yang berasal dari University College London (Universite Libre de Burxelle & Vrije Universiteit Brussel) bersama penliti dari Museum National d’Histoire Naturelle de Paris, Perancis.

Dalam penelitian mereka untuk menguak jawaban tentang siapa yang membangun Stonehange, kelompok ini menggunakan kombinasi antara metode penanggalan radiokarbon dengan metode baru yang diciptakan oleh Christopher Snoeck selama doktoralnya di School of Archaeology, Oxford.

Terkuak! Peneliti Inggris Ini Berhasil Menemukan Siapa Pembuat Keajaiban Dunia Stonehange
Sumber gambar: English Heritage

Menurut mereka, alasan akan sedikitnya arkeolog yang tertarik untuk mencari tahu siapa yang membangun Stonehange adalah karena manusia pada zaman itu rata-rata dikremasi setelah meninggal. Hal ini menjadikan para peneliti kesulitan untuk mencari informasi dari sisa-sisa kehidupan yang tersebar.

Metode Penelitian

Dalam penelitiannya, mereka menganalisis tulang tengkorak dari 25 orang yang dikremasi dan dikubur di sekitar Stonehange agar bisa mendapatkan sedikit informasi mengenai latar belakang. Dalam memilih tulang yang digunakan sebagai sampel penelitian, didasarkan pada analisis fragmen kecil tulang manusia yang dikremasi pada fase awal situs tersebut, sekitar 3.000 SM.

Hasil analisis tersebut menunjukkan terdapat setidaknya 10 hingga 25 orang yang tinggal pada masa itu, masa pembangunan Stonehange. Hal ini menandakan, kelompok tulang yang ditemukan di Aubrey Hole, 56 lubang yang saling terhubung di sekitar lingkar dalam dan parit Stonehange, kemungkinan adalah para pembuat situs tersebut.

Dalam temuan baru mereka, ditemukan 10 dari 25 tengkorak yang diteliti bukan berasal dari daerah sekitar Stonehange. Selain itu, kesepuluh tengkorak tersebut mengandung isotop strontium, kandungan yang juga dimiliki oleh penduduk yang tinggal di Wales.

Isotop strontium bukanlah dasar yang kuat untuk dijadikan acuan pembeda tempat-tempat dengan nilai yang sama. Namun, kaitan ini menunjukkan Wales Barat bisa jadi merupakan asal dari orang-orang tersebut (pembangun situs). Dengan kata lain, hal ini menunjukkan bahwa penduduk Wales tidak hanya berkontribusi dalam material Stonehange saja. Mereka terlibat aktif dalam proses pemindahan batuan besar (bluestone) di masa Neolitikum,” jelas Snoek seperti dilansir dari ScienceDaily, Jumat (2/8).

Menurutnya, hasil penelitian terbaru ini memberikan informasi anyar kepada manusia bahwasanya hubungan antar wilayah yang berakibat pada perpindahan skala besar, baik material maupun komunitas masyarakat, menjadi penting dan bisa digunakan untuk merangkai makna penggunaan Stonehange pada 5.000 tahun yang lalu.

Selain itu, penemuan ini juga menunjukkan adanya kemungkinan untuk memperoleh informasi baru biologis dari sisa proses kremasi yang bertahan dari suhu tinggi. Dengan demikian, pihaknya berkeyakinan bisa mempelajari lebih lanjut terkait asal-usul para pembangun situs yang dimakamkan di sekitar Stonehange.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Mengapa Masih Banyak Orang yang Meremehkan Jurusan Kuliah Tertentu

Mengapa Masih Banyak Orang yang Meremehkan Jurusan Kuliah Tertentu?

Terlibat Skandal Prostitusi, 4 Atlet Asian Games Jepang Dipulangkan

Terlibat Skandal Prostitusi, 4 Atlet Asian Games Jepang Dipulangkan