Lemahnya Komitmen Menjadi Sebab Orang Tergoda untuk Selingkuh
Sumber gambar: www.nydailynews.com
in

Lemahnya Komitmen Menjadi Sebab Orang Tergoda untuk Selingkuh

UGET UGET – Selingkuh bisa dilakukan oleh siapa pun yang tergoda akan kesempatan yang ada. Selingkuh memang tak pandang bulu. Namun, ada banyak faktor yang bisa membuat orang memutuskan untuk selingkuh. Entah itu faktor dari dalam atau dari luar hubungan kalian. Namun menurut seorang psikolog klinis, Pingkan Cynthia Bella Rumondor, M.Psi, selingkuh bisa terjadi karena longgarnya sebuah komitmen.

Seperti diketahui, komitmen menjadi landasan kuat dalam sebuah hubungan. Rendahnya komitmen bisa membuat orang mudah terombang-ambing masalah. Padahal masalah akan terus datang silih berganti, baik itu berupa kerikil kecil maupun masalah besar.

Dilansir liputan6.com, menurut Dosen Binus University ada beberapa pemicu suami selingkuh:

1). Tidak puas dengan hubungan yang dijalani

Ketidakpuasan dalam hubungan memicu ketidakbahagiaan. Ketidakpuasan ini bisa dipicu oleh banyak hal. Bisa terkait karakter yang bertabrakan, kurangnya tanggung jawab, labil, pedoman dan prinsip hidup yang berbeda, kehidupan seks, dan sebagainya.

Memang dalam masa pacaran, kita belum mengenal sepenuhnya tabiat pasangan. Kurangnya upaya saling mengenal ketika pacaran bisa menjadi sebab musabab ketidakpuasan ini. Semakin bertambahnya usia pernikahan, kalian akan mengenal pasanganmu lebih dalam. Bisa jadi kamu merasa kaget akan perubahan sikap pasanganmu. Kurang kuatnya komitmen awal hubungan kalian bisa menjadi pemantik semrawutnya hubungan. Karenanya sebelum memutuskan untuk menikah, baiknya kalian saling memantapkan diri.

Introspeksi baik untuk diri sendiri maupun pasangan. Kiranya apa yang perlu diperbaiki, sebaiknya dimulai dari sekarang. Agar nantinya, hubungan kalian bisa mencapai titik kepuasan berumah tangga yang diinginkan kedua belah pihak.

2). Ada alternatif lain yang lebih menarik untuk dijadikan pasangan

Setiap wanita itu cantik. Setiap laki-laki juga cakep. Semua orang punya daya tariknya sendiri. Namun menjadi setia adalah sebuah keharusan. Setiap orang sudah diciptakan berpasang-pasangan. Dan memutuskan untuk bersamanya seumur hidup adalah komitmen yang mulia.

Umur yang semakin bertambah mungkin akan menimbulkan kerutan di wajah. Tubuh juga tak sebagus kala muda. Seiring berjalannya waktu, perubahan fisik pasangan ini harus terus kalian terima. Sebab rasa cinta kalian lebih dalam dari sekadar keindahan fisik.

Tak hanya fisik, karakter seseorang juga busa menjadi sesuatu yang tak kalah menarik. Entah itu kelemahlembutannya, sikap penyayangnya, atau keramahannya. Kalau kata Romo saya, ada dua hal yang tidak boleh ada alternatifnya di dunia ini, yakni Tuhan dan bojo (suami atau istri, Jw).

Semenarik-menariknya rumput tetangga, sejatinya pasanganmu lah yang hanya ada di hatimu. Percayalah itu hanya ketertarikan sekejap. Ingat kembali komitmen awal hubungan kalian.

3). Investasi yang minim dalam hubungan

Hubungan juga butuh investasi. Investasi ini bisa berupa kasih sayang, pengertian, rasa sayang, perhatian, dan bentuk pengorbanan lain. Nah dalam sebuah hubungan, baik suami maupun istri harus saling bekerja sama. Tolong menolong penting untuk mempertahankan hubungan yang harmonis. Sebab dengan berbagi beban, fondasi sebuah hubungan akan semakin kokoh.

Jadi, sebuah hubungan membutuhkan komitmen kuat untuk terus bersama. Komitmen ini dibangun dengan kemauan bersama secara terus menerus. Sebab, butuh jatuh cinta berkali-kali untuk dapat mempertahankan bahtera rumah tangga. Saya rasa, adanya anak juga semakin memperkuat komitmen untuk terus bersama. Terlebih cinta terhadap anak menjadi hal yang bisa memperkuat komitmen itu sendiri.

Sumber gambar: www.nydailynews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Ini Salah Satu Rahasia Cowok yang Tidak Ingin Diketahui Para Cewek

Ini Salah Satu Rahasia Cowok yang Tidak Ingin Diketahui Para Cewek

Manfaat Makan Es Krim Bagi Kepuasan Batin

Manfaat Makan Es Krim Bagi Kepuasan Batin