Sumber gambar: blogosehat.com
in

Tentang Buah Mengkudu, Khasiat Dan Manfaatnya

UGET UGET | Buah mengkudu (Morinda citrifolia) memang bagus untuk kesehatan. Kini buah yang sangat bermanfaat itu telah diolah dalam bentuk macam-macam. Bisa berupa minuman, pil, kapsul, jus, dan sebagainya. Bila dikupas, bau buah mengkudu, langsung breeng… memang kurang sedap.

Pohon mengkudu tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia. Pohon ini tumbuh di dataran rendah hingga 1500 dpl (dari permukaan laut).

Boleh dibilang, pohon mengkudu tumbuh liar di mana-mana. Kadang pohon itu dapat kita jumpai di pinggir pagar, semak-semak, kebun, hutan, dan sebagainya.

Setelah diselidiki dan diteliti oleh para ahli, ternyata buah mengkudu sungguh memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Maka, buah mengkudu kemudian dibudidayakan lebih serius.

khasiat buah mengkudu
Sumber gambar: alodokter.com

Mengkudu bisa menyembuhkan penyakit seperti diabetes, hepatitis, kencing batu, ginjal. Dan sebagainya.

Di samping itu, mengkudu juga mengandung zat yang dapat merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, menghambat pertumbuhan tumor. Dan sebagainya.

Tampilan buah mengkudu memang unik dengan panjangnya 5 sampai 10 cm. Warnanya hijau kekuningan. Yang masih mentah berwarna hijau dan keras.

Bila buah itu kian matang (masak) kemudian tampak berwarna putih kekuningan, menjadi empuk, mengandung banyak biji, serta berair.

Nah, permukaan kulit mengkudu itu memang tidak rata dan terbagi dalam sel-sel bersegi banyak yang berbintik-bintik atau berkutil. Fungsinya sekadar melindungi buah di dalamnya.

Dalam pertumbuhannya, sel-sel buah di bawah kulit saling berdesakan satu sama lain dan punya bentuk yang beragam. Namun, sampai kini belum diketahui secara pasti apakah kulit buah mengkudu yang berbintik-bintik atau berkutil-kutil itu mengandung khasiat obat atau tidak.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Sapaan Saudara Beda Daerah, Beda Sebutannya

Sapaan Saudara Beda Daerah, Beda Sebutannya

Archimedes dan IPA Eksperimental