Ugetuget -- Tempe Mendoan: Cocok untuk Bisnismu

Tempe Mendoan: Cocok untuk Bisnismu

Ugetuget.com — Kamu tahu ‘kan apa itu tempe mendoan? Beda loh dengan tempe goreng biasa. Bukan semata-mata makanan biasa, tapi mengandung hikmah yang bermanfaat untuk bisnis.

Jadi begini.

Kemarin saya berjalan-jalan bersama istri saya (tenang, mblo) dan kami mampir di sebuah warung makan. Nama warung makannya adalah Pak To. Dulu, Pak To membuka dagangannya di sekitar UGM. Ini adalah warung makan yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa karena rasanya yang enak dengan harga yang relatif terjangkau untuk dompet mahasiswa.

Tapi, sekarang warung Pak To pindah di daerah Umbulharjo. Saya tanya kepada ibu penjualnya, kenapa pindah ke sini. Ternyata, sewa ruko di sekitar UGM sangat mahal sehingga keuntungan dari warung makan sulit untuk menutupi biaya sewa kontrakan, apalagi ditengah persaingan warung makan yang sangat kejam.

Inti dari tulisan ini bukan kenapa warung makan Pak To pindah ke daerah Umbulharjo, melainkan bahwa di kawasan perumahan itu kami (saya dan istri, mblo!) menemukan makanan sederhana tetapi unik: tempe mendoan. Kita semua tahu ini adalah makanan yang biasa tersaji di meja makan, bahkan dijual di pasar-pasar dan pinggir jalan.

Namanya adalah: Tempe Mendoan

Kenapa tempe mendoan bisa menarik perhatian saya? Padahal, ini cuma tempe mendoan yang biasa kita makan dan harganya cuma 500 perak. Tempe mendoan yang disajikan di warung makan Pak To ini menurut saya terlihat unik karena mendoannya bisa “melembung”.

Tempe mendoan yang dijual kebanyakan berwujud seperti ini di bawah ini.

gambar tempe mendoan dengan cabe hijau

Sumber : Bisnisgorengan68.blogspot.co.id

Biasa sekali, ‘kan? Memang seperti itulah wajarnya tempe mendoan.

Sedangkan di tempat Pak To wujudnya seperti di bawah ini: tetap “melembung” meskipun sudah saya makan sebagian.

gambar tempe mendoan unik melembung

Sumber : ugetuget.com

Nggak kelihatan ya hhehe… Soalnya sudah saya makan separonya. Nggak percaya? Langsung meluncur ke warung makan Pak To.

Sekali lagi yang saya ingin sampaikan bukan tempe mendoan yang unik tersebut tetapi nilai yang kita bisa petik dari pelajaran tempe mendoan melembung tersebut. Ini adalah bisnis, dan setiap bisnis memiliki produk. Jika ingin memenangkan persaingan yang semakin ketat dan bikin berdarah-darah, maka solusinya adalah dengan membuat produk yang berbeda dari kompetitor.

Arti “berbeda” dalam konteks ini bukanlah sesuatu yang menarik tetapi memiliki nilai lebih yang bisa didapatkan oleh konsumen ketika membeli produk tersebut. Produknya sama harganya sama tetapi produk yang satunya memiliki nilai lebih, entah itu pada tampilan, kata-kata unik, atau hal yang lainnya. Yang pasti nilai ini berguna untuk konsumen.

Tidak pernah ada produk yang benar-benar baru. Setiap produk baru meluncur di pasar pasti akan ditiru oleh kompetitor. Dan akhirnya ada persaingan bisnis. Tetapi sebagai pengusaha kita harus memberikan inovasi terhadap produk yang kita jual.

Pada kasus mendoan melembung, itu adalah suatu inovasi produk. Yang dijual adalah tempe mendoan yang sudah biasa kita temukan, tetapi ada inovasi yang cukup sederhana tetapi mengena: dengan cara membuat tempe mendoan terlihat melembung walaupun sudah digoreng lama. Orang yang melihat tempe mendoan melembung itu akan berpikir, ini mendoan kok bentuknya aneh seperti roti, dan akhirnya mengambil mendoan tersebut kemudian memakannya.

Rasanya seperti apa? Rasanya sih memang mirip dengan mendoan seperti biasanya, tetapi lebih renyah. Seharusnya produk ini diikuti dengan inovasi rasa, misalkan di dalamnya ada tempe yang sudah dibumbui dengan cabe. Jadi, ketika orang makan tempe mendoan ini, akan terasa sensasi pedas tanpa harus memakan cabe.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari sesuatu yang sangat sederhana ini adalah kita sebagai pengusaha harus memberikan nilai lebih terhadap produk yang kita jual atau nilai lebih dari kehidupan kita. Semoga tulisan yang membingungkan ini bisa mencerahkan hihihi.

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu