Teknologi Virtual Reality Wujudkan Pengalaman Pintu Ke Mana Saja Doraemon uget uget
Sumber gambar: www.nvidia.com
in

Teknologi Virtual Reality Wujudkan Pengalaman Pintu Ke Mana Saja Doraemon

UGET UGET – Bicara teknologi virtual reality membuat saya jadi ingat Doraemon. Kartun Doraemon telah menghiasi layar kaca Indonesia sejak 6 November 1988.

Masa kecil kita begitu akrab dengan kartun besutan Fujiko F. Fujio ini. Robot kucing yang lebih sering disebut mirip musang berwarna biru ini seakan-akan menimang imajinasi kita melalui kecanggihan alat-alat dalam kantong ajaibnya.

Bagaimana tidak, segala alat unik bisa keluar dari kantong sekecil itu. Alat-alat itu biasanya untuk membantu Nobita saat berada dalam bahaya.

Alat-alat yang paling populer sebutlah mesin waktu, baling-baling bambu, selimut waktu, hingga pintu ke mana saja. Semua itu nampak nyata dalam film tersebut.

Kini, dengan bantuan teknologi virtual reality, pintu ke mana saja (anywhere door) hadir di sebuah pusat perbelanjaan Tokyo Solamachi di Jepang. Pada periode 20 Februari sampai 13 April kemarin, pengunjung toko dapat menemukan pintu berwarna pink tepatnya di lantai 3. Pengunjung bisa menjajalnya secara cuma-cuma selama 10 menit.

Teknologi Virtual Reality Wujudkan Pengalaman Pintu Ke Mana Saja Doraemon
Dokodemo door. Sumber gambar: www.youtube.com

Teknologi tersebut membantu menciptakan pengalaman berinteraksi dengan seseorang atau suatu lingkungan yang disimulasikan dalam bentuk 3D. Dengan bantuan komputer, segala objek yang ingin kita lihat seakan-akan nyata. Tanpa merogoh kocek sepeserpun dan tanpa menggunakan transportasi, pengunjung dapat mendatangi kamar Nobita dan bertemu Doraemon langsung!

Dalam video berikut, begitu memasang alat VR tersebut, pengunjung langsung berasa berada di kamar Nobita. Bahkan pengunjung dapat melihat Doraemon menyambut dari laci lorong waktu tempat Doraemon keluar untuk pertama kalinya. Pengunjung yang mencobanya dibuat terkaget-kaget disuguhi pengalaman tersebut.

Dokodemo door ini dapat mengantarkan kita ke mana saja. Situasi di kutub yang dingin nampak begitu nyata lengkap dengan bongkahan-bongkahan es dan penguin. Pun, saat pengunjung berada dalam kereta yang melaju kencang, pengunjung seakan kelabakan berada di dalamnya.

Fungsi utama teknologi ini sejatinya untuk mengatarkan pengguna ke tempat mana saja yang mereka inginkan. Hadir dengan konsep Dokodemo Door, ini merupakan bagian dari projek pengembangan teknologi VR oleh ‘VR Zone Project I Can.’

Seperti dilansir, beritateknologi.com, pameran ini sekaligus menjadi pembuka film terbaru bertajuk Doraemon The Movie 2017: Nobita Great Adventure in Antarctic Kachi Kochi yang telah rilis 4 Maret lalu. Wah sayangnya periode tersebut sudah berlalu ya. Kalau Dokodemo Door ini ada di Indonesia, tentu kalian tak mau kelewatan mencobanya ya. Kira-kira mau pergi ke mana nih?

Sumber gambar: www.nvidia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

distro linux terbaik untuk desktop

Ubuntu 17.10 : Distro Linux Terbaik Untuk Desktop

Pesawat Inovatif Ramah Telinga dan Hemat Energi: SAX-40

Pesawat Inovatif Ramah Telinga dan Hemat Energi: SAX-40