Teknomotif

Teknologi Terbaru yang Akan Segera Kamu Rasakan

UGETUGET – Setiap tahun, teknologi terbaru terus bermunculan. Mulai dari kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) yang mampu mengambil keputusan (AlphaGO), hingga teknologi aplikatif seperti jaket yang memiliki fungsi isi ulang baterai telepon pintar, atau drone yang siap membantu pekerjaan petani di sawah.

Dari berbagai macam perkembangan teknologi tersebut, ada yang masih berupa prototype, ada yang tengah dikembangkan fungsinya untuk masyarakat luas atau mencari kemungkinan produksi skala industry, pun ada yang masih berupa asumsi terkait fungsi aplikatif di dunia yang terus bergerak ini.

Tapi tenang saja, dalam tulisan ini saya hanya akan berbicara tentang teknologi yang sudah teruji baik di laboratorium maupun komunitas kecil. Dan melihat betapa fungsi masing-masing teknologi demikian besar, tak salah jika Massachusets Institute of Technology melalui laman resminya technologyreview.com menyebut ketiga teknologi di bawah akan benar-benar mengubah lanskap kehidupan manusia.

Mesin Cetak Metal 3D

Meskipun mesin cetak 3D sudah lama muncul, namun penggunannya hanya terbatas di kalangan pekerja kreatif dengan skala kecil, serta hasil produksi yang hanya terbatas pada plastik. Meski mesin cetak ini bisa digunakan untuk mencetak metal, tapi masalah terletak proses percetakan yang lama menjadi hambatan tersendiri.

Kabar gembira bagi Anda pengusaha manufaktur. Tahun 2017 lalu, peneliti dari Laboratorium Nasional Lawrence Livermore berhasil menciptakan teknologi percetakan metal dengan hasil kuatĀ  dan mendetail, baik struktur maupun sudut-sudutnya.

Tak selang lama, Markforged, startup kecil di pinggiran Boston berhasil mendistribusikan mesin cetak metal dengan harga 100.000 USD, atau setara dengan 1,3 Milyar IDR.

Kemunculan mesin cetak metal ini diproyeksikan akan banyak mengubah lanskap industri dunia. Dalam jangka pendek, industri manufaktur tidak akan lagi membutuhkan ruang yang besar. Hal ini dikarenakan mereka cukup mencetak objek yang dibutuhkan, seperti suku cadang kendaraan bermotor, dimanapun orang membutuhkannya.

Jangka panjang, industri besar yang sebelumnya fokus pada produksi masal dengan variasi produk terbatas, kemunkinan akan digantikan dengan industry-industri kecil namun mampu memproduksi berbagai macam varian, segala hal yang dibutuhkan oleh konsumen di sekitar.

Teknologi Terbaru yang Akan Segera Kamu Rasakan

Sumber gambar: www.gatornews.org

Sensing City

Pemerintah Indonesia tengah mengembangkan program Smart City, sebuah sistem di mana teknologi menjadi pilar utama yang menggerakan pemerintahan dan lingkungan hidup manusia. Di dalamnya, kita bisa menemukan mobil pintar yang bisa mengantarkan Anda ke tujuan, jasa antar barang menggunakan drone, bahkan pengurusan surat-surat pemerintahan yang bisa dilakukan melalui internet. Semua serba mudah dan cepat.

Beda pemerintah, berbeda pula kebijakan dan aplikasi teknologi yang digunakan. Pemerintah Kanada bekerja sama dengan Laboratorium Alphabet Sidewalk, berbasis di kota New York, sedang berupaya mengembangkan satu tatanan kota yang bisa merasakan kebutuhan masyarakat yang menempatinya. Sistem ini dinamakan sebagai Sensing City dan Toronto menjadi tempat pengujian pertama.

Proyek Sensing City ini bertujuan untuk menciptakan desain, kebijakan dan teknologi informasi yang berasal dari jaringan sensor yang teramat luas. Jaringan sensor ini berfungsi mengumpulkan data tentang segala hal yang berkaitan dengan kota, seperti kualitas udara hingga level kebisingan dari aktifitas manusia. Ingin mencoba hidup di Toronto?

Handsfree Penerjemah Langsung

Di dunia yang semakin berkembang, saat batas-batas ruang terakomodasi oleh kecanggihan teknologi, bahasa sering menjadi kendala dalam komunikasi. Sekarang Anda bisa tenang karena Google meluncurkan produk handsfree yang berfungsi sebagai alat penerjemah langsung. Alat ini dinamai Pixel Buds.

Dibanderol dengan harga $159 USD, atau setara dengan 2,1 juta IDR, penggunaan Pixel Buds masih terbatas melalui telepon pintar Pixel, salah satu telepon pintar produkan Google. Cara penggunaannya? Mudah saja. Anda cukup mengucapkan kalimat melalui telepon pintar, lalu Pixel Buds akan secara otomatis menerjemahkannya ke bahasa lain.

Untuk pengguna IoS dan Android pabrikan lain, Anda tidak perlu gusar. Kini Google tengah mengembangkan Pixel Buds agar bisa dijalankan di segala jenis telepon pintar. Tertarik? Anda bisa memesannya melalui Google Store. Silahkan mencoba.

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi