Teknomotif

Teknologi Pembekuan Tubuh -196° Rancangan Institut Cryonics Diyakini Bisa Hidupkan Kembali Manusia dan Hewan

UGET UGET – Katanya hidup ini hanya sekali. Kalau kata pepatah Jawa: “Wong urip iku mung mampir ngombe.” Ya, hidup itu hanya sebentar. Kalau maut menjemput, kita sudah tak bisa berbuat apapun. Saat jantung dan otak sudah benar-benar terhenti, kita sudah dapat dikatakan meninggal. Namun tidak teknologi satu ini yang dikembangkan oleh Institut Cryonics di Michigan.

Teknologi ini mengklaim dapat membuat manusia hidup kembali. Dilansir okezone.com (6/3), menurut presiden Institut Cryonics, Dennis Kowalski, manusia dapat dihidupkan kembali dari keadaan kriogenik dan terapi sel induk yang dapat membuat mereka hidup kembali ke usia yang lebih muda. Kriogenik sendiri merupakan proses pembekuan tubuh manusia yang telah meninggal dunia sampai suhu minus (-) 196 derajat celcius.

Efeknya senyawa sel-sel tersebut akan menggantikan sel-sel yang telah rusak dalam tubuh jenazah. Idealnya metode ini dapat dilakukan dalam periode waktu lima sampai setengah jam pasca kematian. Jika dilakukan dalam rentang waktu tersebut, kemungkinan berhasil akan jauh lebih tinggi.

Kehidupan itu memanglah investasi berharga. Banya hal yang bisa diketahui, dipelajari, dan diambil selama hidup di dunia. Karenanya, banyak orang takut mati dan begitu mencintai kehidupan. Ini mungkin menjadi salah satu alasan metode ini menarik banyak perhatian. Sebab sejauh ini, Institut Cryonics telah menerima pendaftaran 100 hewan peliharaan dan 160 manusia untuk dibekukan dalam laboratorium mereka.

Menurut perhitungan, jenazah yang dibekukan dengan metode seperti itu dapat hidup kembali selama kurun waktu 50 sampai 100 tahun ke depan. Dan Cryonics masih menunggu keberhasilan uji coba metode mereka puluhan tahun ke depan.

Saya pikir Institut Cryonics memberikan harga yang fantastis untuk terapi ini. Namun ternyata tarif yang dikenakan untuk pembekuan tubuh ini cukup murah lho. Terapi ini menarifkan harga 28ribu USD atau setara dengan Rp 385ribu.

Di sini uniknya, manusia atau hewan akan terlahir tidak dari bayi, dari anakan, atau dari telur. Mereka juga tidak dilahirkan dari proses mengandung ibunya. Melainkan akan terlahir dalam kondisi tubuh yang sudah dewasa, hanya saja memiliki perawakan yang lebih muda.

Saya membayangkan ini seperti komik webtoon Eggnoid. Terutama karakter Eggy yang lahir dari sebuah Eggpod (berbentuk seperti telur). Si Eggy ini lahir dengan perawakan yang sudah dewasa, namun memiliki sikap dan perilaku layaknya anak kecil. Begitu pula dengan kemampuan berbicara dan berpikirnya.

Apa metode pembekuan Cryonics ini akan sama seperti itu? Kita tunggu saja. Tapi ngomong-ngomong, kalau teknologi ini benar berhasil; mungkin saat meninggal orang akan mengucapkan, “Sampai ketemu beberapa puluh tahun ke depan ya.”

Sumber gambar: bgr.com

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi