SATOSY (Smart Technology System): Alat Hemat Listrik untuk Atasi Vampir Listrik
Sumber gambar: wholesaler.alibaba.com
in

SATOSY (Smart Technology System): Alat Hemat Listrik untuk Atasi Vampir Listrik

UGETUGET – Tahukah bahwa kita bisa hemat listrik kurang lebih 30% dari daya yang digunakan sehari-hari dengan menggunakan sebuah alat hemat listrik yang bernama SATOSY (Smart Technology System)? SATOSY ini berbasis IoT (Internet of Things) sebagai solusi mengatasi vampir listrik dan kontrol peralatan listrik.

Empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, Ageng Widi Atmoko, Imam Fauzi, Rizky Hermawan, dan Anggi Maulana, membangun sebuah perusahaan bernama SATOSY yang merupakan bisnis canvas yang bergerak dalam bidang teknologi dengan menggaet mitra kerja, yaitu Jogja Robotica, Jogja Grafika, dan Jasa Kurir.

Sekilas yang perlu diketahui bahwa bisnis model canvas merupakan model bisnis sederhana dengan ditampilkan satu lembar canvas yang berisi peta sembilan elemen. Tujuannya memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat dan memenangkan persaingan.

Kembali dalam persoalan listrik. Listrik menjadi kebutuhan manusia yang utama. Mengapa? Karena hampir seluruh manusia menggunakan sumber energi listrik untuk memenuhi kebutuhan peralatan elektronik.

Contoh dari hal kecil saja, setiap manusia pasti menggunakan lampu dan handphone. Lampu dapat mengubah energi listrik menjadi energi cahaya, sehingga lampu dimanfaatkan sebagai penerang. Berbeda tentunya dengan handphone yang memanfaatkan energi listrik untuk mengisi ulang daya baterai.

Dari situ dapat dilihat berapa jumlah daya listrik yang digunakan untuk satu alat saja. Belum peralatan lain yang mungkin justru menggunakan daya listrik yang lebih tinggi, misalnya rice cooker, tv, kulkas, atau komputer. Hal itulah yang menjadi akar permasalahannya.

SATOSY memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menghemat listrik yang secara langsung menghemat biaya pengeluaran tiap bulan. Alat hemat listrik ini dibuat sederhana dan fleksibel. Harganya pun hanya sekitar empat ratus ribu rupiah. Jadi, bisa dibilang masih terjangkau.

Perusahaan ini mempunyai customer segments yang mencakup perseorangan, perusahaan, mall, hotel, maupun perusahaan lainnya yang akan beroperasi di negara Indonesia. Pendistribusiannya menggunakan dua jalur, yaitu personal selling systems  atau didistribusikan langsung kepada pembeli dan trade selling systems atau didistribusikan kepada pedagang atau pengecer.

Bagi pelanggan baru akan diberi kemudahan untuk mengakses informasi melaui website dan yang penting mendapatkan garansi dari produk ini. Apabila ingin melakukan complain atau diskusi tentang produk ini bisa bergabung di forum website.

Mekanisme penetapan harga akan diinformasikan secara up to date. Jadi, pelanggan atau masyarakat tidak perlu khawatir tentang harga produk yang dijual saat itu.

Jadi, SATOSY merupakan alat kendali peralatan listrik ini yang sudah diuji mengonsumsi daya alat rendah, memiliki basis IoT, memiliki sistem otomatis, memudahkan penggunaan dengan menggunakan smartphone, dan menghemat biaya. Bagi rumah tangga dan perusahaan, alat ini bisa menjadi solusi yang terbaik.

Sumber gambar: wholesaler.alibaba.com

https://www.youtube.com/watch?v=VNeZ0VZGF-A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Orang yang Memakai Kacamata Minus Pasti Pernah Merasakan 5 Penderitaan Ini

Orang yang Memakai Kacamata Minus Pasti Pernah Merasakan 5 Penderitaan Ini

Lagu Barat Jadul Super Sweet dan Abadi Sepanjang Masa

Lagu Barat Jadul Super Sweet dan Abadi Sepanjang Masa