Kaji Kembali Teknik CRISPR-Cas9, Rekayasa Materi Genetik Domba yang Buat Bulunya Berwarna
Sumber gambar: arcopodojournal.blogspot.co.id
in

Kaji Kembali Teknik CRISPR-Cas9, Rekayasa Materi Genetik Domba yang Buat Bulunya Berwarna

UGET UGET – Industri fesyen terus berkembang seiring dengan tingginya permintaan bahan baku kain. Ternyata hal ini juga berpengaruh pada teknologi rekayasa materi genetik domba, karena wol menjadi salah satu bahan pembentuk serat kain yang cukup banyak dibutuhkan. Ide-ide kreatif desainer dalam membaca tren membuat kebutuhan akan kain yang kaya warna semakin meningkat.

Seperti yang kita tahu, bahan wol diambil dari bulu domba. Warna dasarnya selalu putih sehingga konsumen sering kali harus mencelupkan kain tekstilnya ke dalam pewarna buatan untuk membuatnya berwarna. Sayangnya warna pada kain rentan luntur.

Dalam pemakaian jangka panjang dan pencucian berulang kali tak jarang warna kain akan semakin pudar sehingga tampak tak menarik lagi. Persoalan ini yang mungkin menjadi titik awal munculnya ide untuk membuat bulu domba yang beragam warna.

Seorang ilmuwan dari Urumqi, Xinjiang, China mengembangkan teknik yang memungkinkan domba memiliki bulu berwarna-warni dengan cara merekayasa gen hewan tersebut. Ini berbeda dengan anak ayam yang menjadi berwarna karena dicelupkan pada pewarna ya. Bulu domba ini benar-benar tumbuh dari kulit domba dengan warna tertentu secara permanen. Sejauh ini, ilmuwan tersebut berhasil membesarkan lima ekor domba berwarna dengan teknik CRISPR-Cas9.

Wah kalau begini jasa ilmuwan sangat berarti ya untuk dunia fesyen. Bulu domba yang sudah tumbuh berwarna membuat konsumen tak perlu lagi menambah pewarna buatan. Bagi peternak yang sering mendapat pesanan wol pun bisa memesan warna dari ilmuwan ini sesuai pesanan yang menjadi kebutuhan atau kesukaan konsumen.

Keren juga nih inovasinya. Tetapi dalam prosesnya, ilmuwan tetap harus bertanggung jawab dalam mengkaji dan melakukan riset terkini untuk melihat reaksi atau efek samping yang mungkin muncul dari domba-domba hasil rekayasa gen itu.

Teknologi boleh berkembang, tetapi bahan percobaan tetap harus diperlakukan secara baik dan diperhatikan nilai etisnya. Inovasinya bagus dan kreatif. Tetapi tetap harus menggunakan hati nurani dalam mengondisikan pertumbuhan bulu domba-domba itu.

Apakah domba-domba itu benar-benar tidak terpengaruh kesehatannya, atau apakah mereka benar-benar mampu untuk diperlakukan sedemikian rupa? Hal tersebut perlu menjadi pertimbangan.

Sumber gambar: arcopodojournal.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Ini Lagu tentang Jatuh Cinta yang Bikin Kamu Melayang-layang

Ini Lagu Tentang Jatuh Cinta Yang Bikin Kamu Melayang-Layang

Pola Asuh Pendidikan Karakter Orang Tua Berpengaruh Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Pola Asuh Pendidikan Karakter Orang Tua Berpengaruh Terhadap Tumbuh Kembang Anak