Tanda Krul, Tanda Paraf untuk Menilai Tugas Sekolah
Sumber gambar: id.wikipedia.org
in

Tanda Krul, Tanda Paraf untuk Menilai Tugas Sekolah

UGETUGETKetika dulu kamu masih sekolah, apa yang ingin kamu dapatkan setelah mengerjakan tugas sekolah? Tentunya nilai berupa angka kan? Apalagi nilainya bagus. Tentunya bikin kamu senang dan semangat. Nilai angka 9 atau 10 cukup menjadi nilai favorit yang diinginkan tiap anak dalam setiap tugasnya.

Jika diingat-ingat lagi, nilai waktu mengerjakan tugas sekolah itu bermacam-macam. Ada yang cukup diberikan nilai angka, ada pula nila berupa huruf (misalnya A, B, C). Jika nilai A setara dengan angka 9 dan 10, nilai B setara dengan angka 8, sedangkan nilai C setara dengan 7. Namun hal ini tidak sama antara satu sekolah dengan sekolah lain. Pastinya dalam rentang nilai juga berbeda-beda.

Selain nilai angka dan nilai huruf, ingatkah kamu tentang paraf yang diberikan oleh guru kamu? Iya, tugas sekolah yang sudah kamu kerjakan mendapatkan tanda paraf dari guru kamu. Sebenarnya tanda apa sih itu?

Dilansir dari Wikipedia, tanda paraf tersebut merupakan tanda ikal persetujuan atau krul yang merupakan simbol bahasa Belanda yang digunakan untuk menilai tugas sekolah. Selain itu juga untuk menunjukkan seseorang telah melihat dan menyetujui dengan meninggalkan sebuah paraf.

Krul atau yang biasa disebut ponten ini pertama kali muncul pada awal abad ke-19. Tanda krul ini disimbolkan seperti huruf ‘g’. Para sejarawan percaya bahwa simbol huruf ‘g’ ini ditulis dengan buru-buru yang mengindikasikan bermakna good (goed) atau seen (gezien).

Tanda Krul, Tanda Paraf untuk Menilai Tugas Sekolah
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Karena tanda krul ini merupakan tanda untuk menilai tugas sekolah, tentunya kamu dapat mengingatnya kembali atau dapat melihat buku tulismu waktu sekolah dulu. Mungkin akan sangat banyak tanda di buku tulismu yang membuat kenangan waktu sekolahmu kembali terulang.

Jika kamu pernah mendapatkan tanda krul ini, apa sih yang kamu rasakan? Rasa senang atau rasa sedih?

Mungkin ada beberapa anak yang cukup senang mendapatkan tanda paraf ini karena dinilai sangat unik, tapi ada juga anak yang sedih karena tanda paraf yang diberikan tidak sebanding dengan pekerjaan yang dikerjakan.

Misalnya saat itu sudah mengerjakan tugas sekolah sampai lembur karena tugasnya sangat sulit, ditambah lagi kalau harus diberi penjelasan yang tentunya sangat panjang. Apabila mendapatkan nilai paraf ini mungkin akan merasa sedih dan sia-sia karena sudah mengerjakan tugas semaksimal mungkin, tapi nilai yang didapatkan tidak sesuai yang diinginkan.

Apakah kamu pernah merasakan ini? Apakah kamu pernah mendapatkan nilai paraf ini ketika kamu sudah mengerjakan tugas sekolah dengan sebaik-baiknya?

Ya, tak mengapa. Meskipun bikin sedih tapi tidak perlu diingat-ingat lagi. Setidaknya kamu sekarang sudah tahu bagaimana sejarah tanda paraf itu muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kesadaran yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost Ketika Kost Bersama Orang Lain

Kesadaran yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost Ketika Kost Bersama Orang Lain

Iklan Ramayana Edisi “Tulusnya Cinta” Ini Bikin Penonton Nangis Bombay

Iklan Ramayana Edisi “Tulusnya Cinta” Ini Bikin Penonton Nangis Bombay