in

Wisata Taman Glugut di Yogyakarta Yang Unik dan Sedikit Nyentrik

UGET UGET – Beberapa bulan yang lalu di Yogyakarta terjadi bencana banjir, akibat bencana banyak sekali bangunan yang hancur. Kebanyakan yang paling parah adalah rusaknya jembatan. Dan ada beberapa lokasi yang jembatannya benar-benar hancur sampai hilang terseret air banjir. Salah satunya adalah jembatan gantung yang berada di desa Wonokromo. Padahal jembatan gantung ini adalah satu-satunya jembatan yang menghubungkan kedua desa. Praktis saja, transportasi menjadi terhambat.

Kemudian masyarakat sekitar berinisiatif untuk membuat getek dari bambu untuk menyebrangkan orang beserta kendaraan dari satu desa ke desa seberang. Untuk menggunakan jasa penyeberangan getek ini masyarakat harus membayar sejumlah uang, seikhlasnya saja.

Dan ternyata bencana ini malah mendatangkan berkah lapangan pekerjaan baru dan pengembangan kawasan wisata potensial. Nama wisata baru itu adalah Taman Glugut. Lokasinya berada di desa Wonokromo, tempatnya berada di pertemuan sungai Opak dan sungai Gajah Wong.

Memangnya apa yang berada di taman ini? Untuk saat ini memang tidak terlalu banyak wahana yang berada di sana, hanya ada beberapa gazebo yang dibuat dari bambu melingkar, Kemudian ada beberapa tempat duduk yang terbuat dari ban bekas. Sepertinya kawasan ini baru dikembangkan dan masyarakat sekitar sedang memikirkan apa yang harus ditambahkan di Taman Glugut.

Untuk potensi kawasan wisata ini bisa dikatakan cukup beresiko, Karena pada dasarnya wilayah Taman Glugut ini adalah kawasan pinggir sungai yang ditumbuhi dengan tanaman bambu liar. Untuk membuat kawasan wisata ini dikunjungi banyak orang sepertinya agak sulit, maksud saya untuk jangka panjang. Tapi untuk jangka pendek ini kawasan wisata taman glugut sudah lebih dari cukup. Orang-orang datang dari berbagai kawasan di kota Yogyakarta karena efek viral.

Saya pernah bertanya kepada salah seorang pengunjung kenapa bisa mengetahui tempat atau kawasan wisata Taman Glugut, dia menjawab bahwa informasinya berasal dari internet, lebih tepatnya dari Facebook. Efek viral ini tentu akan membantu kawasan wisata ini berkembang tetapi perlu catatan bahwa kawasan ini membutuhkan kerja keras ekstra agar bisa bertahan lama.

Yang paling dikhawatirkan adalah ketika terjadi banjir maka seluruh wahana yang berada di kawasan Taman Glugut akan terkena efeknya. Karena jarak antara kawasan wisata dan sungai sangat dekat, ketinggian permukaan sungai hampir setara dengan ketinggian Taman Glugut. Jika hujan lebat, saya yakin kawasan ini akan terendam air.

Di sisi lain, menurut saya Taman Glugut adalah wisata yang cukup berbahaya. Kita tidak tahu kapan banjir akan datang, dan jika banjir tiba-tiba datang kekhawatiran itu nyata adanya. Maka dari itu, seperti yang sudah saya katakan tadi untuk membangun kawasan Taman Glugut ini menjadi kawasan wisata sesungguhnya, dibutuhkan kerja ekstra.

Kemudian kekhawatiran yang kedua adalah adanya nyamuk. Karena Taman Glugut ini berada di pinggir sungai, secara otomatis kita akan menghadapi masalah dengan nyamuk. Sungai adalah tempat berkembang biaknya nyamuk. Apalagi di sekitar tempat wisata ini juga terdapat sedikit rawa-rawa, dimana itu adalah tempat ideal bagi nyamuk berkembang.

Saya sedikit khawatir dengan balita yang dibawa ke taman glugut, karena kekebalan tubuh balita sungguh sentan. Ketika seekor nyamuk saja menggigit balita, maka akan timbul penyakit yang cukup serius entah itu demam berdarah ataupun malaria. Ini juga harus dipikirkan oleh pengembang kawasan wisata ini.

Meskipun begitu, nilai lebih dari tempat wisata ini adalah keunikan. Sepertinya belum ada kawasan wisata seperti ini di Yogyakarta ataupun di tempat lain. Nilai yang ditawarkan adalah kawasan wisata dengan bambu liar yang tumbuh di mana-mana. Semoga saja ada solusi yang tepat untuk mengembangkan kawasan wisata Taman Glugut.

Lokasi Taman Glugut

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pelajaran Hidup dari Plato yang Bisa Membuat Kita Lebih Bijaksana

Pelajaran Hidup dari Plato yang Bisa Membuat Kita Lebih Bijaksana

Pembayaran Kartu Kredit Sekarang Bisa diganti Dengan Kartu Jenius

Pembayaran Kartu Kredit Sekarang Bisa diganti Dengan Kartu Jenius