Habis Masa Tahanan, Akankah Pohon Beringin di Banyan, Khyber Agency Pakistan Dibebaskan?
Sumber gambar: www.indiatoday.in
in

Habis Masa Tahanan, Akankah Pohon Beringin di Banyan, Khyber Agency Pakistan Dibebaskan?

UGET UGET – Penjara atau lembaga pemasyarakatan biasanya ditujukan untuk mereka yang melakukan perbuatan tidak menyenangkan. Dengan kata lain, penjara merupakan hukuman yang dikhususkan untuk manusia, bukan benda mati. Ini sebabnya manusia adalah makhluk yang berakal budi dan bermoral, karenanya sudah seharusnya dapat membedakan mana yang baik dan buruk. Namun ada pula hukuman penjara yang diberikan untuk sebuah pohon lho. Tepatnya pohon beringin.

Pohon ini adalah pohon beringin yang berada tepatnya di Banyan, Khyber Agency Pakistan. Pohon ini bukan sembarang pohon. Ada yang berbeda dari pohon ini, yup pohon ini terikat oleh rantai dan dikelilingi kerangkeng. Persis seperti tahanan yang dipenjara di lembaga pemasyarakatan.

Kabarnya pohon ini adalah sang tahanan yang dikenakan hukuman penjara selama hampir 120 tahun. Penangkapannya terjadi sejak tahun 1898. Dengan masa hukuman selama itu, artinya tahun ini pula berarti pohon beringin ini dibebaskan dari penjara.

Dalam laman brilio.net (24/3), dijelaskan kronologi peristiwanya. Kabarnya pohon beringin ini ditangkap karena diduga berusaha menyerang seorang pejabat Inggris. Dia adalah James Squid, seorang perwira tentara Inggris memenjarakannya karena merasa pohon tersebut hendak menyerangnya saat dirinya berada di bawah pohon tersebut. Padahal saat itu Squid sedang mabuk dan berada dalam pengaruh alkohol, namun dia tetep bersikukuh pada ucapannya. Akhirnya atas perintahnya, pohon tersebut dijatuhi hukuman penjara.

Kisah ini terdengar tak masuk akal bila dilihat berdasarkan konteks perkembangan zaman saat ini. Bagaimana bisa sebuah benda mati dijatuhi hukuman?

Mungkin kalau peristiwa tersebut terjadi saat ini hanya akan menjadi bahan bully, cemooh, dan kritikan netizen. Mengingat aduan ini dilaporkan oleh seorang yang sedang mabuk, hal ini justru hanya mengundang tawa karena kekonyolannya.

Lagipula untuk apapula memenjarakan pohon yang berpindah tempatpun saja tidak bisa? Kalau dalam teori biologi, pohon hanya bisa bergerak mengikuti arah cahaya matahari untuk bisa berfotosintesis. Namun untuk menyerang, nampaknya tak mungkin. Kalau dalam serial animasi, mungkin saya percaya.

Kalau peristiwa ini terjadi saat ini, bisa jadi justru Squidlah yang dianggap berhalusinasi. Bahkan bisa saja dirinya yang justru ditangkap untuk mendapatkan perawatan dan rehabilitasi agar terlepas dari alkohol. Kemungkinan lain, bisa jadi aktivis lingkungan ikut berperan dalam kasus seperti ini.

Meskipun aneh, selama masa hukuman belum selesai – pohon ini masih terikat dengan rantai. Tak ada masyarakat yang melepaskannya. Ya meskipun banyak masyarakat menyadari bahwa pohon itu tak bersalah sama sekali. Namun akhirnya kisah pohon berantai ini justru dianggap sebagai sebuah warisan atau peninggalan dari pemerintah Inggris.

Ya asal jangan lupa untuk melepaskannya saja ya. Apalagi saat ini masa hukumannya sudah berakhir.

Sumber gambar: www.indiatoday.in

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cowok Ini Masuk Universitas Khusus Wanita Demi Mudah Dapat Pacar

Cowok Ini Masuk Universitas Khusus Wanita Demi Mudah Dapat Pacar

Persahabatan dengan Lawan Jenis Itu Mungkin Terjadi Kok

Persahabatan dengan Lawan Jenis Itu Mungkin Terjadi Kok