Update

Surga di Rumah Sendiri, Kreasi Taman dari Batu Bata

UGET UGET – Memiliki pekarangan yang sempit bukan suatu masalah untuk menciptakan taman hijau di rumah sendiri. Bahkan dengan cara yang sangat mudah dan murah, Anda bisa menciptakan taman minimalis yang mempu menyulap rumah Anda layaknya sebuah vila yang teduh, udara segar, serta pemandangan yang indah.

Anda bisa mengkreasikan taman impian, salah satunya menggunakan batu bata. Harganya murah, apalagi jika masih memiliki sisa-sisa dari pembangunan rumah; tentu pembuatannya sangat mudah. Bisa Anda kerjakan sendiri sambil mengisi waktu senggang selepas bekerja, atau di pagi hari untuk membugarkan badan sebelum bekerja.

Batu bata sangat sesuai dengan konsep rumah minimalis. Bentuknya saja sudah minimalis dengan panjang 240 mm dan lebar 115 mm, tentu tidak akan memakan banyak ruang. Warnanya yang merah marun pasti akan terlihat cantik jika dipadukan dengan warna hijau dari daun-daun di sekelilingnya.
Maka tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa kreasi taman minimalis dengan batu bata seperti berikut.

Taman bertingkat

Surga di Rumah Sendiri, Kreasi Taman dari Batu Bata

Sumber gambar: www.hausjournal.net

Pekarangan yang sempit tak akan menjadi masalah untuk budi daya tanaman yang banyak. Dengan menyusun batu bata secara bertingkat, pekarangan akan disulap seperti taman bunga berundak. Batu bata berfungsi sebagai pembatas lahan, mencegah erosi, terutama membuat space yang luas untuk budi daya bunga yang beragam.

Urban farming

Surga di Rumah Sendiri, Kreasi Taman dari Batu Bata 2

Sumber gambar: www.michalschein.com

Suka bertani? Konsep urban farming memungkinkan Anda untuk menyalurkan hobi tersebut meski tak memiliki lahan khusus. Dengan menggunakan space yang kecil di rumah pun bisa, semisal di atap rumah atau di depan jendela. Tetapi dengan batu bata, Anda bisa memadukan taman bebungaan dengan pertanian.

Cukup mudah, dengan kreasi sesuka Anda. Batu bata dijadikan pemisah antara lahan yang hendak dijadikan taman bunga dengan lahan untuk bertani. Jangan lupa, warna merah marun dari batu bata akan membuat ladang Anda tidak hanya fungsional, tetapi juga indah.

Taman kerikil

Surga di Rumah Sendiri, Kreasi Taman dari Batu Bata 3

Sumber gambar: nightcore.club

Bukan hanya taman dengan bebungaan tropis, Anda pun bisa menanam bunga berdaun tebal yang hidup di tanah kering dan berkerikil, semacam kaktus dan sekulen. Bahkan Anda bisa memadukan antara taman tropis dan taman kerikil dalam satu ruang.

Taman dinding

Surga di Rumah Sendiri, Kreasi Taman dari Batu Bata 4

Sumber gambar: canadiantruckfest.com

Bagi Anda yang hanya memiliki sedikit space untuk pekarangan, Anda bisa mencoba membuat taman dinding. Caranya dengan menyusun batu bata sedikit lebih tinggi, lalu mengisinya dengan bebungaan. Taman ini akan jauh lebih indah, jika dipadukan dengan bunga-bunga yang merambat.

Liburan di rumah sendiri

Surga di Rumah Sendiri, Kreasi Taman dari Batu Bata 5

Sumber gambar: www.bhg.com

Dengan segala bentuk taman yang telah Anda kreasikan, sepertinya perlu tambahan properti untuk melengkapi kebahagiaan rumah Anda layaknya surga atau tempat-tempat liburan. Misalnya dengan menyediakan kursi di sudut pekarangan, setiap saat Anda bisa melepaskan penat, bercengkerama dengan keluarga, bahkan untuk camping pun sangat menarik.

Ruang yang sempit tidak lagi membatasi imajinasi Anda untuk menciptakan surga di rumah sendiri. Masih banyak kreasi berbahan batu bata yang bisa Anda ciptakan sendiri menyesuaikan keinginan dan ruang yang Anda miliki. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi