Suporter Fanatik: Tradisi Fans Soraki Mantan Pemain Saat Membela Klub Lawan
Sumber gambar: www.liverpoolfc.com
in

Suporter Fanatik: Tradisi Fans Soraki Mantan Pemain Saat Bela Klub Lawan

UGET UGET – Kalian termasuk suporter fanatik klub sepak bola? Pernah menyoraki mantan pemain klub kebanggaan kalian saat dia membela klub lawan? Apakah menjadi suporter fanatik harus begitu?

Dengan yakin saya akan menjawab “big no” untuk hal ini. Suporter fanatik memang punya cinta yang kebangetan dengan klub favoritnya, tapi dalam hal memperolok mantan pemain, tunggu dulu.

Meski begitu, hal itu sudah sering sekali kita jumpai. Biasanya, saat menonton sepak bola, kita sering mendengar teriakan fans di stadion yang berteriak dengan nada memperolok saat mantan pemain sedang membawa bola.

Apakah hal ini baik? Saya rasa tidak. Pastinya hal ini dapat saja menurunkan mental sang pemain. Tapi mungkin itulah yang diharapkan para suporter itu. Lalu, kira-kira apa yang membuat mereka melakukan hal itu?

Bisa dipastikan mereka melakukan itu dengan berasalan. Meski yang mereka lakukan tidak bisa dibenarkan, tapi saya yakin ada yang mendasari ulah fans saat itu. Bisa saya katakan, mereka begitu karena pergulatan rasa cinta, marah, dan kecewa di dalam hati mereka.

Fans yang merasakan kekecewaan ditinggal pergi pemainnya untuk pindah ke klub lain adalah fans yang sebenarnya justru menyayangi pemain tersebut dan berat untuk melepasnya pergi. Bisa saja karena pemain tersebut sudah lama menjadi bagian dari klub itu. Mungkin juga karena sudah banyak sekali kenangan manis yang tercipta antara pemain dan klub kebanggaan mereka.

Kita ingat apa yang dulu sempat dilakukan fans Arsenal kepada Cesc Fabregas ketika sang pemain memutuskan untuk bermain di Chelsea?

Kita tahu Fabregas sudah menghabiskan waktu yang sangat lama bersama Arsenal. Delapan tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk Fabregas menjadi bagian dari Tim Meriam London itu. Sebelum akhirnya dia memutuskan pindah ke Barcelona.

Tahun 2014 lalu dia kembali ke London, tapi bukan ke Arsenal, Fabregas justru lebih memilih rival sekota The Gunners, yaitu Chelsea. Hal itulah yang membuat fans Arsenal marah, hingga pada suatu pertandingan yang berlangsung di Emirates Stadium, fans Arsenal menyoraki Fabregas setiap kali sang pemain menguasai bola.

Tentu kemarahan yang bukan tanpa alasan sekalipun yang mereka lakukan tidak dapat dibenarkan. Mungkin mereka hanya kecewa karena ditinggal pemain yang mereka cintai. Apalagi pemain itu pindah ke tim yang merupakan rival sekota mereka. Untungnya saat ini fans Arsenal sudah mengerti dan menghormati keputusan Fabregas.

Tidak jauh berbeda dengan apa yang dialami Fabregas dulu, baru-baru ini Dejan Lovren mendapat perlakuan serupa dari fans Southampton. Bermain untuk membela Liverpool di pekan ke-12 Premier League melawan Southampton, Lovren mendapat sorakan dari fans rival setiap kali ia memegang bola.

Untungnya fans Liverpool tidak membiarkan Lovren sampai turun mental. Mereka dengan sigap membela Lovren dengan teriakan memberi semangat kepada sang pemain. Alhasil, justru teriakan Liverpudlianlah yang lebih mendominasi.

Sungguh tingkah menggemaskan para fans sepak bola di stadion yang tidak jarang mengundang senyum dan tawa. Tidak akan ada habisnya jika menceritakan tentang mereka. Suporter fanatik yang selalu punya hal unik untuk dilirik.

Apapun itu, anggap saja jadi bagian dari sepak bola meskipun tak sempurna. Bukankah terkadang kita harus mengambil sisi baik sekalipun itu dari sebuah keburukan?

Fans memperolok mereka karena cinta, juga karena harapan yang tidak bisa mereka dapatkan. Semoga itu justru dapat memotivasi pemain agar lebih baik lagi. Kita percaya, terkadang kemarahan itu justru bukti dari sebuah kepedulian. Bukankah begitu?

Sumber gambar: www.liverpoolfc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Reality Show Terangkanlah Serupa dengan Bikin Mewek di ANTV

Reality Show Terangkanlah Serupa dengan Bikin Mewek di ANTV

Musim Wisuda Sarjana, Musim Pembuka Rejeki Jutaan Rupiah

Musim Wisuda Sarjana, Musim Pembuka Rejeki Jutaan Rupiah