Sunset Pantai Samas yang Cantik: Ke Sini Yuk

ugetuget.com - sunset pantai samas yang cantik
Sumber: Koleksi Ugetuget.com

UGETUGET — Saya dan teman-teman menyaksikan sunset Pantai Samas lantaran tersesat. Awalnya, kami ingin memotret sunset di Pantai Pengklik, yang terletak di sebelah timur Pantai Samas. Rupanya, kami salah berbelok dan justru masuk ke Pantai Samas.

Tapi, saat itu sudah pukul setengah enam sore. Setelah memarkir motor dan melangkah ke pasir, kami memutuskan untuk tidak ke Pengklik karena pasti akan kehilangan momen. Lagi pula, saat menoleh ke barat, kami melihat pemandangan matahari terbenam yang cantik.

Sebelum abrasi besar-besaran beberapa belas tahun lalu, Pantai Samas adalah sebuah objek wisata andalan Kabupaten Bantul. Namanya bahkan dijadikan nama jalan, yaitu Jalan Samas, yang berawal dari Perempatan Palbapang di kota Bantul ke arah selatan. Kini, Pantai Samas kalah terkenal dari pantai-pantai lain di pesisir selatan seperti Goa Cemara, Cemara Sewu, Depok, Parangtritis, dan Kuwaru, bahkan juga Pengklik di sebelah timurnya.

Tapi, sesungguhnya Pantai Samas tak kehilangan pesonanya, terutama bagi para penggemar senja dan sunset. Sunset Pantai Samas sungguh cantik kalau cuaca sedang bersahabat. Apa lagi, kini pantai ini lebih berperan sebagai pantai nelayan, sehingga ada tambahan objek foto: perahu yang diparkir di atas pasir dan nelayan profesional maupun penggemar mancing yang mencoba peruntungan di sekitar pantai berpasir hitam ini.

Yang tak berubah, tentu saja, adalah ombak Laut Selatan yang masih saja tetap ganas.

Setelah melewati TPR yang jarang (atau mungkin memang tak pernah dijaga), kita akan bertemu dengan sebuah pertigaan besar. Jalan aspal yang menjulur dari barat ke timur itu dikenal sebagai jalan baru. Kalau kita terus berjalan ke barat, kita akan melewati beberapa pantai seperti Goa Cemara, Kuwaru, dan Pandansimo. Untuk menuju Samas, kita belok kanan sedikit, lalu belok kiri di sebuah perempatan kecil.

Banyak warung dan tempat parkir di kawasan Pantai Samas ini. Selepas deretan warung, bentangan pasir hitam yang cukup tinggi menyembunyikan hamparan laut dari pandangan kita. Motor bisa diparkir di salah satu tempat penitipan.

Setelah melewati bentangan tinggi itu, kita bisa melihat laut. Pantai Samas memanjang dari barat ke timur, langsung berhadapan dengan Laut Selatan. Di sebelah timur ada tempat wisata lain, yaitu Pengklik. Sisi barat dibatasi sebuah bukit.

Kalau kamu ingin berfoto dengan latar belakang senja, sunset Pantai Samas pasti bikin kamu senang. Kamu bisa memasukkan banyak objek ke dalam komposisimu untuk menemani sang surya yang beranjak ke peraduan: bukit, pasir, perahu, dahan kayu, orang pacaran, dan lain-lain.

Ada desas-desus bahwa dulu (entah kapan tapi yang jelas “dulu”), pantai ini pernah punya citra buruk karena menjadi tempat mencari cewek gituan. Tapi Pemda Bantul rajin berbenah dan sekarang citra Pantai Samas cenderung sudah membaik.

Memang sayang jika keindahan pantai nelayan ini dicemari dengan hal-hal semacam itu. Dari sini kita bisa menyaksikan ombak ganas yang legendaris, perahu-perahu nelayan yang beristirahat, dan tentunya sunset Pantai Samas yang wow.

Pantai Samas bisa ditempuh sekitar satu jam dari Jogja. Aspal Jalan Samas cukup mulus, tetapi karena jalurnya sebagian besar lurus, kita harus tetap waspada saat melaju dengan kecepatan tinggi. Setiba di pantai, dilarang keras mandi lantaran ombak yang sangat ganas. Tarif parkir motor tiga ribu rupiah, tetapi harga minuman dan makanan agak mahal walaupun masih terjangkau kantong.

Written by Justme Shasha

Sedang belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

ugetuget.com -- mobil swakemudi google yang imut

Mobil Swakemudi Google: Beli Yuk

uget uget - mat solar bajaj bajuri

Asiknya Ide Mat Solar Bajaj Bajuri Skak