Suka Tebak Nama OS Android? Seri 9 Sudah Keluar, Lho. Ini Namanya…
Sumber gambar: Mashable.com
in

Suka Tebak Nama OS Android? Seri 9 Sudah Keluar, Lho. Ini Namanya…

UGET-UGET – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Google meluncurkan nama yang akan melengkapi seri sistem operasi (OS) terbaru, Android P. Nama yang diambil kali ini adalah Android 9.0 Pie. Untuk kamu yang suka menebak nama terbaru OS Android, ada yang menjawab benar?

Pemberian nama makanan ringan untuk seri OS Android ternyata terus berlanjut. Yah, beberapa saat lalu memang sempat beredar kabar mengenai nama baru OS seri 9.0 ini, yaitu Pistachio Ice Cream. Jauh dari kebiasaan Google!

Dalam peluncuran seri terbaru ini, telepon pintar pertama yang menggunakannya tentu saja produkan dari Google sendiri, yaitu Google Pixel. Dan untuk kamu pengguna Google Pixel, pembaruan sudah bisa diunduh secara over-the-air sejak Senin (6/8).

Untuk versi pratinjau dari 9.0 sendiri sudah didemonstrasikan saat konferensi Google I/O, di California, Amerika Serikat. Saat itu, para pengguna Android yang hadir pun juga bisa mendaftar dalam program Android Beta.

Jadi, bagi mereka yang terdaftar, bisa merasakan terlebih dahulu kecanggihan Android Pie dan langsung mendapatkan pembaruan pada bulan September ini. Gawai yang akan bisa langsung merasakan pembaruan ini di antaranya Sony Mobile, Xiaomi, HMD Global , Oppo, Vivo, Oneplus dan Essential.

Suka Tebak Nama OS Android? Seri 9 Sudah Keluar, Lho. Ini Namanya…
Sumber gambar: Mashable.com

Namun, untuk kamu pengguna di Indonesia, masih harus bersabar untuk merasakan kecanggihan OS terbaru ini. Dalam rilis resmi yang dikeluarkan pihak Google, mereka belum menyebutkan waktu pasti peluncuran OS ini untuk pengguna umum. Pihak Google hanya memberikan pernyataan bahwa OS akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini.

Kualitas dan Teknologi

Dalam OS terbaru ini, fokus Android Pie hanyalah peningkatan kemampuan untuk menghemat daya perangkat. Namun tentu saja penghematan yang dijalankan tidak akan menghambat performa dan kecepatan akses maupun membuka aplikasi dari telepon pintar.

Selain itu, Pie juga didesain untuk mendukung kehadiran notch atau poni di atas layar. Desain seperti ini sedang tren lho di ponsel kelas atas.

Fitur lain yang diunggulkan adalah navigasi berbasis gerakan atau gesture. Dilansir dari Mashable Asia, gawai yang menggunakan OS ini akan menambahkan tombol khusus jika ingin berpindah aplikasi. Lalu, tombol back juga dihilangkan. Jadi, nantinya para pengguna cukup mengusap layar untuk ganti aplikasi, fitur yang mirip dengan iPhone X.

Yah, untuk pengguna baru baiknya Anda bersiap-siap kebingungan di awal penggunaan. Namun bisa dipastikan, semua fitur baru ini akan mempermudah pengoperasian telepon pintar Anda dan juga meningkatkan performanya.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Bahaya Rasa Takut Kehilangan Pasangan yang Berlebihan

Bahaya Rasa Takut Kehilangan Pasangan yang Berlebihan

Pentingnya Mengajarkan Bahasa Asing Kepada Anak Sejak Dini

Pentingnya Mengajarkan Bahasa Asing Kepada Anak Sejak Dini