Nostalgia Stasiun Radio di Jogja yang Memutarkan Lagu Jepang
Sumber gambar: kabarwibu.info
in

Nostalgia Stasiun Radio di Jogja yang Memutarkan Lagu Jepang

UGETUGETUntukmu remaja masa kini yang sangat akrab dengan gadget, apakah saat ini kamu masih sering mendengarkan lagu melalui radio? Kalau iya, apa sih stasiun radio favoritmu? Khususnya apa sih stasiun radio di Jogja yang hingga saat ini masih sering kamu dengarkan?

Stasiun radio di Jogja memang banyak. Seperti Swaragama FM, Prambors FM, dan yang lainnya. Tiap stasiun radio biasanya memiliki program yang unik-unik, salah satunya program musik Jepang.

Lagu-lagu Jepang memiliki penikmatnya tersendiri. Khususnya untuk anak-anak yang waktu kecil sangat erat dengan dunia kartun dan anime. Pasti sangat hafal dengan lagu-lagu Jepang.

Tidak seperti sekarang yang mudah mengakses lagu, dulu kalau mau mendengarkan lagu favorit adalah dengan menunggu tayangan di televisi atau lagu yang diputar di radio. Kalau sekarang kan tinggal download dan bisa langsung didengarkan.

Seperti halnya dengan lagu-lagu Jepang. Saya mulai mengenal lagu Jepang ketika banyak anime-anime yang diputar di televisi. Sejak saat itu saya pun mulai suka dengan lagu Jepang. Saat itu kalau tidak salah sekitar tahun 2008-an, dunia digital saya terbatas pada televisi dan radio.Jadi untuk mendengarkan lagu-lagu pun saya menggunakan alat elektronik radio atau televisi.

Saya ingat betul saat itu sore-sore saya yang masih bocah SD mengalami kegabutan. Saya pun iseng memainkan tombol-tombol yang ada di radio. Putar lagu ini dan itu. Sama sekali nggak didengerin, hanya diputar dan ganti ke stasiun radio berikutnya.

Namun tiba-tiba saya berhenti memainkan tombol yang ada di radio tersebut. Seketika saya mendengarkan lagu Jepang yang sangat tidak asing di telinga saya. Ternyata lagu tersebut adalah OST. Naruto yang berjudul “Wind”. Pantas saja saya tahu, karena waktu itu anime Naruto diputar di Global TV dan saya sering menontonnya.

Sejak saat itu saya mulai rajin mendengarkan lagu Jepang di radio. Ternyata beberapa stasiun radio di Jogja juga memiliki program lagu Jepang. Betapa senangnya saya karena bisa mendengarkan lagu-lagu Jepang.

Untukmu penikmat lagu Jepang, apakah kamu dulu juga sering mendegarkan lagu Jepang di radio? Stasiun radio apa yang menjadi favoritmu? Yuk nostalgia kembali stasiun radio di Jogja yang memutarkan lagu Jepang.

SAKURA HITS (STAR SAKURA) – EMC FM (97.8 FM)

Program Sakura Hits (Star Sakura) di stasiun radio EMC FM adalah stasiun radio pemutar lagu Jepang yang pertama kali saya dengarkan. Dari sinilah saya mendegarkan lagu “Wind” di kala kegabutan saya. Dan mulai saat itu saya menjadi pendengar aktif dari stasiun radio ini.

Pada zamannya, sekitar tahun 2008-an (waktu saya masih SD kelas 5 atau 6) saya sering mendengarkan lagu Jepang di Sakura Hits. Saat itu program lagu Jepang diputar mulai jam 3 sampai 5 sore setiap hari Senin sampai Jumat kalau tidak salah.

Apakah kamu dulu juga menjadi pendengar aktif dari Sakura Hits?

Nostalgia Stasiun Radio di Jogja yang Memutarkan Lagu Jepang
Sumber gambar: kabarwibu.info

ICHIGO – SWARAGAMA FM (101.7 FM)

Tidak berhenti pada acara Sakura Hits, saya pun iseng mencari program lagu Jepang di stasiun radio lainnya. Saya ingat betul waktu itu hari Minggu sekitar jam 3 sore. Saya kembali menemukan program lagu Jepang.

Akhirnya saya dengarkan program lagu Jepang tersebut hingga selesai dan pada akhirnya saya jadi tahu bahwa yang memutarkan lagu Jepang itu adalah stasiun radio Swaragama FM dengan nama program ICHIGO. Masih di tahun sekitar 2008-an, saat itu ICHIGO hadir setiap hari Minggu pukul 2 siang sampai 4 sore.

J-ON STAR – STAR FM (101.3 FM)

Saya semakin gencar mencari program lagu Jepang ketika menemukan dua stasiun radio tersebut. Dan sepertinya keberuntungan datang kepada saya. Saat itu malam hari sekitar jam 8-an, saya kembali menemukan stasiun radio yang memutarkan lagu Jepang. Program lagu Jepang tersebut adalah J-On Star di radio Star FM.

Saya kurang aktif menjadi pendengar di radio ini karena diputar saat malam hari. Ketika lagu Jepang tersebut mulai diputar, yang ada malah saya langsung tidur. Saat itu jam tidur saya masih cukup dini, sekitar jam 8 malam sudah tidur. Alhasil saya kurang aktif mendengarkan radio ini.

PRAMBORS FM (95.8 FM)

Di radio Prambors inilah pencarian stasiun radio di Jogja yang memutarkan lagu Jepang berakhir. Ketika mulai SMP kelas 3 saya sudah sangat jarang mendengarkan radio karena waktu SMP saya sangat aktif, banyak mengikuti ekstrakurikuler.

Saya mengenal lagu Jepang yang diputar di Prambors FM ketika pagi-pagi saya iseng memutar radio. Saya ingat waktu itu hari Minggu sekitar jam 5 pagi. Tidak disangka ketika lagi asik mencari, tiba-tiba saya menemukan lagu Jepang lagi. Saat itu yang diputar adalah lagunya Do As Infinity yang berjudul “Fukaimori”.

Nah itulah 4 stasiun radio di Jogja yang memutarkan lagu Jepang berdasarkan pengalaman saya. Untukmu penikmat lagu Jepang, apakah dulu juga sering mendengar radio? Apakah daftar radio di atas juga menjadi daftar radio yang kamu dengarkan? Atau, apakah kamu tahu ada stasuin radio lain yang memutarkan lagu Jepang?

Tulis di kolom komentar ya! Yuk nostalgia kembali dengan stasiun radio yang pernah memutarkan lagu-lagu Jepang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Salut! 6 Bocah Ini Obati Kucing Jalanan Pakai Uang Lebaran

Salut! 6 Bocah Ini Obati Kucing Jalanan Pakai Uang Lebaran

5 Proyek MCU yang Tidak Akan Pernah Bisa Kita Nikmati

5 Proyek MCU yang Tidak Akan Pernah Bisa Kita Nikmati