Spot Foto yang Menarik Di Hutan Mangrove Congot Kulon Progo
Sumber gambar: kotajogja.com
in

Spot Foto yang Menarik Di Hutan Mangrove Congot Kulon Progo

UGETUGET | Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar wisata Kulon Progo? Waduk Sermo? Kali Biru? Atau Pantai Glagah? Ketiga tempat wisata itu memang menjadi ikon wisata Kulon Progo yang sering kita dengar.

Tapi kalau kamu sering melihat di media sosial, pastinya kamu bakal menemukan foto-foto menarik yang menampilkan wisata hutan mangrove.

Memang ada wisata hutan mangrove di Kulon Progo? Yuk cari tau infonya.

Hutan Mangrove Congot Kulon Progo berada di daerah Jangkaran, Kulon Progo, tepatnya di perbatasan Jogja-Purworejo.

Hutan mangrove yang memanjang ke arah barat Sungai Bogowonto itu awalnya dikelola oleh seorang mahasiswa S2 UGM yang biasa dipanggil oleh warga sekitar dengan sebutan ‘Cut’.

Awalnya Beliau menanam mangrove sebagai penelitian S2-nya di UGM. Dan hingga kini hutan mangrove itu bermanfaat untuk mencegah abrasi dan terus berkembang hingga menjadi objek wisata.

Jembatan Api-api Hutan Mangrove Congot Kulon Progo
Sumber gambar: 123rf.com

Sampai sekarang, setidaknya ada empat area wisata itu, yaitu Jembatan Api Api, Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit, dan Maju Lestari.

Dari keempat spot wisata tersebut, Jembatan Api Api-lah yang paling nge-hits. Nama Jembatan Api Api sendiri diambil salah satu jenis mangrove yang ditanam di kawasan hutan mangrove tersebut.

Untuk menjelajahi Hutan Mangrove Congot, pengunjung bisa berjalan-jalan di jembatan bambu yang telah disediakan pengelola. Di situ juga disediakan beberapa spot yang bisa digunakan sebagai tempat foto para pengunjung.

Namun spot paling hits yang digandrungi para anak muda adalah jembatan utamanya. Kamu juga bisa mengelilingi hutan mangrove menggunakan perahu lho. Dan pasti kamu bisa puas menikmati hijau dan sejuknya pemandangan hutan mangrove di situ.

Akses menuju Hutan Mangrove Congot cukup mudah. Dari kota Jogja ambil arah menuju jalan Jogja-Wates, sampai di pertigaan terminal wates lalu ambil kiri kira-kira 10 km dari terminal wates.

Sampai bertemu pertigaan berbentuk huruf (Y) ambil kiri, lurus sampai di Jembatan Congot. Dari situ terus kea rah barat, sekitar 100 meter di kiri jalan ada papan nama Dusun Pasir Mendit, dan kamu tinggal mengikuti petunjuk arahnya.

Silakan datang ke sana dan melihat tempat yang sejuk, indah dan menarik untuk spot foto kalian.

Written by Rizky

Manusia Rock n Roll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pentingnya Komitmen dalam Sebuah Hubungan Bukan Perkara Mendahului Takdir

Pentingnya Komitmen dalam Sebuah Hubungan: Bukan Perkara Mendahului Takdir

Musik Eksperimental yang Unik Dan Menarik

Musik Eksperimental yang Unik Dan Menarik