Update

Pohon Portabel ‘Treepex’, Solusi Nyata Mirisnya Polusi Udara

UGET UGET – Polusi udara sudah menjadi teman karib di manapun. Udara bersih semakin tercemar seiring dengan semakin minimnya ruang terbuka hijau. Partikel debu dan zat karbon dioksida pun menjadi apa yang kita hirup sehari-hari. Kalau dibiarkan terus menerus, ini akan berdampak pada kesehatan jantung dan paru-paru jangka panjang. Namun, sekarang kamu bisa mengandalkan Treepex, alat pengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang praktis di bawa ke manapun.

Treepex ini bentuknya berupa tabung yang berisi sel-sel tanaman hidup. Sel-sel hidup ini akan dengan sendirinya mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang aman bagi tubuh. Wah kok bisa?

Iya, Treepex ini cara kerjanya sama dengan kemampuan pohon dalam berfotosintesis guys. Masih ingat kan pelajaran biologi dulu? Kemampuan ini membuat Treepex mampu mengubah polusi udara menjadi udara yang kaya dengan mineral. Teknologi ini rupanya mengadopsi teknik CRISPR (Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats).

Dilansir tribunnews.com, dengan menggunakan teknologi CRISPR, perusahaan startup di Tbilisi, Georgia mengekstrak DNA sesungguhnya dari pohon untuk menciptakan kembali sel-sel hidup yang bertugas melakukan fotosintesis. Penemuan ini digawangi oleh Bacho Khachidze dan Lashe Kvantaliani, yang keduanya sama-sama memiliki ketertarikan di bidang lingkungan.

Sel-sel hidup itu dipadatkan dalam sebuah selongsong yang dapat dengan sendirinya menyerap polusi udara. Nantinya otomatis karbon dioksida akan dikeluarkan kembali dalam bentuk udara bersih dan segar. Jadi Treepex ini ibaratnya pohon itu sendiri guys. Kita cukup memasukkan selongsong itu ke dalam tabung atau pipa Treepex. Mudah bukan?

Cara pakainya tinggal kalian gigit Treepex ini dan bernafaslah seperti biasa. Sel-sel ini bisa habis, jadi kalian perlu mengganti selongsongnya. Indikator waktu penggantiannya dapat kalian lihat pada lampu LED.

Alat ini juga dilengkapi dengan charger tanpa kabel. Isi ulang alat ini cukup memakan waktu 30 menit untuk dapat digunakan kembali selama 24 jam. Inovasi ini nampaknya bisa menjadi solusi nyata dari kian memprihatinkannya masalah polusi udara di dunia. Untuk daerah perkotaan yang penuh dengan asap kendaraan dan buangan pabrik pasti sangat membutuhkan pohon portabel ini.

Saya tertarik dengan pemikiran dua penemu alat ini, dilansir tribunnews.com mereka mengatakan, “Jika kita tidak dapat menghentikan penebangan hutan, bagaimana kalau kita membawa hutan ke dalam kehidupan kita sehari-hari? Tentu saja kita tidak dapat menghentikan penebangan hutan dan itulah satu alasan mengapa kami memutuskan untuk menemukan sebuah solusi cepat dan efektif untuk menghirup hutan Anda sendiri dengan menggunakan Treepex,” begitu katanya.

Penebangan hutan juga menjadi penyebab dari minimnya ketersediaan udara bersih. Padahal pohon mengambil peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam. Namun saat ini, banyak pihak tak bertanggung jawab melakukan penebangan liar pada hutan kita.

Tingginya permintaan akan lahan dan kayu semakin tak bisa dibendung. Hingga akhirnya hutan menjadi gundul bahkan hilang. Nampaknya pemikiran dua penemu ini ada benarnya juga.

Namun meskipun begitu, kita tidak bisa sepenuhnya mengandalkan alat ini. Tumbuhan itu luar biasa sekali. Di daratan, hanya tumbuhan yang memunyai kemampuan berfotosintesis. Akan lebih baik lagi kalau kamu mulai menanam tumbuhan di sekitar rumahmu. Treepex ini hanya untuk jaga-jaga saja apabila kebetulan kamu berada pada lingkungan yang berpolusi.

Sumber gambar: techable.jp

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi