solusi otot ketarik
Sumber gambar: www.kompasiana.com
in

Solusi Otot Ketarik, Bisa Berobat Dirumah

UGET UGET – Ketika terjadi kecelakaan otot ketarik, sungguh pengalaman yang menyakitkan. Hampir semua kegiatan tidak bisa dilakukan, meskipun hanya mengangkat segelas air juga tidak bisa. Solusi otot ketarik pun langsung saya cari di Google.

Sebelumnya saya berpikir untuk pergi ke ahli pijat urat, tapi saya urungkan niat itu. Alasannya adalah : jika dibenerin di ahli urat, sakitnya pasti luar biasa. Soalnya, saya pernah mengalami hal itu. Sewaktu kecil pernah lari-lari dan kecethit, bahasa gampangnya keseleo pada pagi harinya. Kemudian pada sore harinya sudah membengkak, oleh bapak saya langsung diantar ke ahli pijat langganan, pijat urat bro.

Sakitnya minta ampun, menjerit-jeritpun tidak ada yang menolong karena itu adalah pertolongan yang menyakitkan. Tapi, selang semalam, bengkaknya mulai menyusut dan lusa sudah baikan.

Itu cerita saya ketika masih kecil. Dan sekarang terulang kembali, otot ketarik karena dipaksa mengangkat beban berat jauh melebihi kekuatan saya. Sialnya, kedua lengan saya ototnya ketarik, kemudian kaku dan tegang. Saya tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Sungguh menyiksa sekali.

solusi otot ketarik

Selang sehari, otot yang ketarik semakin mengeras dan semakin sakit. Ini tidak bisa dibiarkan, maka bersama istri saya pergi ke ahli pijat urat langganan. Saya takut kalau sendirian, soalnya sakitnya minta ampun. Sumpah.

Benar saja, saya meronta-ronta ketika dipijat. Sudah tidak terhitung lagi berapa kali saya berteriak kesakitan. Kalau ahli pijat mengatakan itu namanya otot yang mrengkel, bundet orang jawa bilang. Jadi, harus dibenerin, diluruskan kembali sesuai dengan tempatnya agar aliran darah normal tidak tersendat.

Sebelum itu, saya mengusahakan pengobatan secara mandiri. Nah, saya ingin berbagi kepada kamu-kamu tentang solusi otot ketarik sebelum pergi ke ahli pijat urat. Meskipun tidak berhasil sepenuhnya tetapi usaha ini cukup mengurangi sakit otot ketarik.

Solusi Otot Ketarik Secara Mandiri

1. Balsem Otot

Kamu bisa mencoba untuk mengurut otot yang tertarik tadi dengan menggunakan balsem otot. Fungsinya adalah untuk menghangatkan otot sehingga mudah untuk kembali ke posisi semula. Otot yang hangat cenderung lebih mudah untuk ditata ke posisi semula. Karena itu, sebelum olahraga berat diharuskan untuk melakukan pemanasan, dan biasanya dibantu dengan balsem otot. Di rumah saya menggunakan balsem otot Geliga. Kamu bisa menggunakan merek lain yang penting hangat dan cepat meresap.

2. Oleskan Counterpain

Ini juga salah satu produk yang saya rekomendasikan untuk solusi otot ketarik. Counterpain memiliki zat khusus, saya tidak tahu apa namanya tapi kelebihannya bisa cepat menyerap melalui pori-pori dan langsung ke otot yang bermasalah. Yang saya sukai cepat meresapnya tadi sehingga cedera otot ringan bisa segera sembuh. Saya bukan promosi tapi itulah pengalaman yang saya rasakan.

3. Ditempel Salonpas

Salonpas juga punya zat khusus yang mampu meresap ke dalam otot yang bermasalah. Saya menempelkan Salonpas ketika malam hari sampai dengan pagi hari. Semoga saja dalam waktu semalaman otot bisa kembali pulih, apalagi kondisi orang tertidur yang relax akan mengembalikan fungsi otot yang tertarik.

4. Param Kocok.

Ini merupakan obat tradisional tetapi saya menilai ini yang paling mujarab. Mungkin orang zaman sekarang sudah tidak menggunakan Param Kocok lagi, beralih ke obat-obat modern seperti Counterpain dan Salonpas. Tapi sebenarnya Param kocok Malah justru efektif untuk menyembuhkan otot terkilir dan ketarik.

Tapi perlu diingat, param kocok ini sangat panas ketika dilulurkan. Rasa panas ini justru akan menyembuhkan lebih cepat otot yang cedera tadi. Hanya saja penggunaannya tidak boleh pada kulit yang terluka apalagi hati.

5. Kompres air hangat

Untuk meredakan rasa sakit disebabkan otot ketarik secara efektif dan saat itu juga adalah dengan menggunakan kompres air hangat. Caranya cukup dengan mengisi botol dengan air hangat, Kemudian tempelkan pada otot yang cedera tadi. Dijamin, secara efektif saat itu juga nyeri otot akan segera hilang. Gunakan botol minuman vodka yang lebar agar lebih mudah. Tapi, saya tidak menyarankan minum vodka

Saya membaca di internet bahwa teknik mengkompres otot yang sakit juga bisa menggunakan air dingin atau es, tapi saya kurang percaya dengan berita tersebut dan akhirnya air hangat adalah solusi terbaiknya. Karena saya berpikir, otot yang tegang biasanya dingin maka dari itu kita perlu mencairkan otot yang mengeras tadi dengan sentuhan air hangat.

Tapi kelima solusi tadi hanya mengurangi sedikit cedera saja, tidak bisa menyembuhkan. Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke tukang pijat.

Saya tetap membutuhkan terapi tambahan yaitu pijat di ahli urat. Disana saya tidak cukup hanya pijat sekali, tetapi harus dua kali. Sebenarnya dipijat sekalipun sudah sembuh tetapi saya tidak tahan dengan sakitnya yang luar biasa. Selang sehari saya kembali lagi ke pijat urut karena yang kemarin belum cukup.

itulah solusi otot ketarik yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh

Sumber gambar: www.kompasiana.com

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Enaknya Punya Sahabat Terbaik Laki-Laki

Enaknya Punya Sahabat Terbaik Laki-Laki

Perkembangan Dompet Dari Masa Ke Masa

Perkembangan Dompet Dari Masa Ke Masa